3 Cara Siasati Keterbatasan Saat Bepergian Jauh Bersama Bayi atau Balita

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 30 Desember 2019 17:50
3 Cara Siasati Keterbatasan Saat Bepergian Jauh Bersama Bayi atau Balita
Pergi jauh dengan anak, terlebih yang masih bayi, terdengar merepotkan. Bukan berarti nggak mungkin dilakukan. Bagaimana menyiasatinya.

Bepergian dengan membawa serta anak, terutama yang masiih bayi atau balita, adalah kegiatan yang cukup menantang. Di usia tersebut seringkali perilaku anak masih sulit untuk dikendalikan.

Ahnah Han, seorang Korean-American, memiliki dua orang anak dan sering bepergian dengan membawa serta anak-anaknya. Kepada Young Parents, berikut ini adalah penuturan Han saat membagikan beberapa tips yang bisa diterapkan saat harus bepergian dengan membawa bayi atau balita.

1 dari 4 halaman

1. Tempat Tidur Bayi dari Sofa

" Aku pernah mengalami kejadian buruk. Di suatu hotel di Tokyo, anakku yang masih berusia 3 tahun terjatuh dari kasur, meninggalkan satu bekas memar di sisi wajahnya," Han menjelaskan. " Sejak saat itu, setiap menginap di suatu hotel aku selalu menghadapkan sofa ke arah dinding untuk membuat tempat tidur bayi darurat. Bayi nggak akan terjatuh karena tertahan dinding dan sandaran sofa."

2 dari 4 halaman

2. Menciptakan Kursi Bayi

" Seorang teman pernah memberi saran untuk aku membawa kursi bayi portable selama berwisata. Hal tersebut nggak pernah aku lakukan karena membayangkannya saja sudah sangat repot. Oleh karena itu, untuk kursi bayi, aku menggunakan gendongan bayi biasa yang direkatkan ke kursi dengan tali velcro dari gendongan tersebut. Barang bawaan nggak bertambah, bayi merasa aman dan nyaman."

3 dari 4 halaman

3. Bawa Bubur Bayi Beku

" Nggak semua tempat punya makanan yang ramah anak. Oleh karenanya, sebelum pergi ke Phuket aku membuat olahan bubur bayi untuk anakku yang kemudian aku masukkan ke dalam kantong ASI dan kubekukan. Kantong ASI aku pilih karena bisa menahan udara dengan baik. Saat hendak dimakan, aku tinggal merendam kantong berisi bubur itu di dalam air panas dan dalam hitungan menit bubur sudah siap disantap."

4 dari 4 halaman

Ilustrasi bayi di dalam mobil © Diadona

Semoga tips dari Ahnah Han di atas bermanfaat untuk kamu!

Beri Komentar