15 Tempat Wisata Tawangmangu Karanganyar yang Terkenal termasuk Bukit Sekipan

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 20 Februari 2020 23:27
15 Tempat Wisata Tawangmangu Karanganyar yang Terkenal termasuk Bukit Sekipan
Tempat wisata Tawangmangu yang bakal bikin kamu termangu-mangu karena keindahannya.

Saat beriwisata ke Solo, kamu juga bisa nih melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Tawangmangu. Tawangmangu ini adalah sebuah kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar. Tawangmangu sendiri terkenal dengan wisata alamnya.

Lokasinya yang berada di lereng barat Gunung Lawu, enggak heran jika daerah ini dikelilingi perbukitan dan memiliki udara yang sejuk. Penasaran apa saja wisata yang ada di kecamatan ini? Yuk langsung saja simak sederet tempat wisata Tawangmangu yang terkenal sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (20/02) di bawah ini. Ada wisata Bukit Sekapan juga, lho!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Tawangmangu

Buat kamu yang ingin berlibur ke Tawangmangu, banyak kok tempat wisatanya yang menarik. Sajian panoramanya juga mempesona. Berikut ini beberapa diantaranya. Cek, ya!

1. Taman Ria Balekambang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ????FOLLOW FOR NOTICE???? (@meisyaberbyy) pada

Bukan enggak mungkin kok mengelilingi berbagai landmark dunia dalam sekali waktu. Salah satu caranya yaitu dengan berkunjung ke Taman Ria Balekambang. Tapi tentunya bukan landmark dunia beneran ya, melainkan miniatur dari beragam bangunan ikonik dunia tersebut.

Selain berkeliling ke beragam miniatur landmark dunia, kamu juga bisa lho mencoba fasilitas seru lainnya di wisata Tawangmangu ini. Mulai dari ATV, high rope, paint ball, sampai flying fox. 

2. Kebun Teh Kemuning

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh karanganyar Tenteram (@tentangkaranganyar) pada

Berada di lereng Gunung Lawu, pastinya kamu bisa membayangkan dong bagaimana sejuknya wisata Tawangmangu satu ini. Udara yang sejuk itu dipadu dengan panorama kebun teh yang indah.

Kedua hal itulah yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Kebun Teh Kemuning. Menariknya, kamu enggak perlu mengeluarkan biaya lho untuk menikmati itu. Kamu hanya perlu datang ke Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

3. Telaga Sarangan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Mungkin beberapa dari kamu sudah pernah mendengar ya tentang wisata satu ini. Meski enggak tepat berada di Tawangmangu, Telaga Sarangan juga bisa kok jadi alternatif yang menarik. Terlebih, Telaga Sarangan ini juga cukup populer di kalangan wisatawan. Lalu, apa saja sih hal menarik yang bisa kamu lakukan di wisata ini? Banyak.

Kamu bisa berkeliling danau menggunakan perahu, berkuda, atau menikmati kulinernya. Buat kamu yang hobi berbelanja, tenang aja di sekitar Telaga Sarangan juga banyak kok penjual kaos maupun souvenir yang bisa kamu pilih.

4. Grojogan Sewu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Teuku Fahmiy (@teuku_fahmiy) pada

Grojogan Sewu ini adalah salah satu wisata yang populer di Tawangmangu. Kata sewu sendiri atau berarti seribu dalam Bahasa Indonesia berasal dari seribu pecak. Buat kamu yang belum tahu pecak, pecak adalah satuan jarak yang digunakan saat itu untuk mengukur tinggi air terjun ini.

Selain panorama air terjunnya yang indah, suasana sekitarnya yang berupa hutan wisata juga bakalan bikin kamu betah. Hutan Wisata ini menyuguhkan sederet fasilitas seperti kios makanan, kolam renang, musholla, flying fox, dan lainnya. Cukup lengkap ya.

2 dari 4 halaman

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh e v a d w i s (@evadwis_) pada

Wisata Bukit Sekipan ini bisa dibilang sebagai paket lengkap dalam satu tempat. Selain menawarkan wahan apermainan yang seru, di sini juga tersedia penginapan. Sebelum itu, yuk kita bahas dulu tentang wahana permainannya.

Banyak banget wahana permainan seru yang bisa kamu nikmati di Bukit Sekipan. Mulai dari Goa Hantu, Flying Monorail, Kora-kora, Mini Jetcoaster, dan masih banyak lagi lainnya.

Buat kamu yang hobi berfoto ria, Bukit Sekipan juga menghadirkan spot foto menarik seperti Kampoeng Halloween lengkap dengan hantunya, Miniatur Dunia, Kapal Titanic, Kampung 3D Art, dan sebagainya.

Untuk penginapannya, wisata ini juga menawarkan konsep yang super menarik yakni peginapan tematik. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih yakni kampung Jepang dan menginap di atas kapal Titanic, berasa jadi Rose dan Jack, ya. Ada juga villa jika kamu lebih suka yang enggak bertema.

Bukit Sekipan ini buka setiap harinya dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Lokasinya sendiri berada di Jl. Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Nah, untuk harganya kamu bisa langsung mengunjungi website resmi mereka di https://info.bukitsekipan.com/

3 dari 4 halaman

Obyek Wisata Tawangmangu

Objek-objek wisata Tawangmangu ini juga menghadirkan wisata dengan panorama yang indah. Enggak hanya alam aja, kamu juga bisa menjumpai wisata sejarah berupa candi di Tawangmangu. Cek daftar wisatanya di bawah ini ya.

1. Gunung Lawu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Uki Wardoyo (@ukiwardoyo) pada

Mendaki Gunung Lawu bisa juga lho jadi kegiatan menantang sekaligus menarik saat mengunjungi Tawangmangu. Apalagi buat kamu yang hobi atau suka mendaki gunung. Gunung Lawu ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 mdpl dengan tiga buah puncak.

Ketiganya yakni Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Dumilah. Terlepas dari kisah mistis yang kerap disematkan, Gunung Lawu ini menawarkan panorama yang mempesona. Kamu bisa membuktikannya sendiri saat mendakinya.

2. Air Terjun Jumog

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Panggil Saya Er. (@ervinaayuuu) pada

Berjarak sekitar 4 km dari Grojogan Sewu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Jumog. Keindahan air terjun ini juga engak kalah kok dengan Grojogan Sewu. Ditambah lagi, suasana sekitarnya juga sangat asri. Pastinya bakal bikin kamu betah berlama-lama.

Arus Air Terjun Jumog juga enggak terlalu besar, jadi relatif aman untuk bermain di sekitarnya. Meski seperti itu, kamu tetap harus hati-hati ya. Di kawasan ini juga ada jembatan dimana kamu bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Jumog dari atasnya. Juga bisa jadi spot foto yang keren lho.

3. Air Terjun Pringgodani

Masih tentang wisata air terjun, Air Terjun Pringgodani juga bisa banget kamu kunjungi. Panoramanya juga sangat memanjakan mata. Air terjun ini juga cukup tinggi lho, bahkan ketinggiannya melebihi Grojokan Sewu.

Untuk menikmatinya kamu harus mengeluarkan cukup banyak tenaga lebih dulu. Pasalnya, air terjun ini berada di area bukit. Tepatnya berada di Area Hutan Lindung, Blumbang, Tawangmangu.

4. Candi Cetho

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh G Krispadmi Wahyu Anggraheni (@galuh.kwa) pada

Candi Cetho ini letaknya persis di atas Kebun Teh Kemuning. Tepatnya di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi. Candi Cetho sendiri adalah salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit.

Dari kawasan Candi Cetho kamu juga bisa lho melihat panorama Gunung Lawu dengan jelas. Saat cuaca cerah tentunya. Nah, untuk aksesnya kamu enggak perlu khawatir karena kondisi jalannya yang cukup baik.

4 dari 4 halaman

Wisata Tawangmangu Karanganyar

Wisata di Tawangmangu dan wilayah Karanganyar lainnya menghadirkan konsep wisata yang sangat menarik. Apalagi buat kamu yang hobi selfie atau wefie, sederet wisata berikut ini bakal memuaskanmu. Cekidot kita simak wisatanya!

1. Tenggir Park

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh wisataperhutanisurakarta (@wisataperhutanisurakarta) pada

Tenggir Park ini salah satu destinasi wisata yang menarik banget buat kamu, terutama jika kamu penyuka foto. Karena, di sini kamu bakal disuguhi dengan beragam spot foto cantik berlatar panorama yang indah. Mulai dari sepeda layang, gardu pandang sampai karpet terbang semuanya bisa kamu jumpai di wisata Tawangmangu ini. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu juga membuat Tenggir Park memiliki udara yang sejuk dan segar. Pasti bisa ngebuat kamu betah berlama-lama.

2. Lembah Sumilir

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Explorekemuning_LembahSumilir (@lembahsumilir) pada

Sebagian besa dari kamu pasti sudah familiar ya dengan rumah hobbit. Apalagi di beragam daerah juga banyak banget yang menyajikan rumah hobbit sebagai destinasi wisata. Salah satunya Lembah Sumilir di Karanganyar ini. Di sini, kamu bisa berfoto dengan latar rumah para hobbit ini sekaligus menikmati panorama sekitar. Seru kan kamu bisa merasakan jadi Bilbo Baggins sehari!

3. Taman Bintang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Explore Kota Solo Raya (@solopunya) pada

Masih tentang spot foto, tapi kali ini berada di area perkebunan teh. Berbeda dengan kebanyakan perkebunan teh lainnya, di sini kamu bisa mempercantik instagrammu dengan beragam spot foto yang ciamik. 

Pastinya dong yang paling ikonik adalah spot foto berbentuk deretan bintang. Spot foto keren ini terbuat dari hiasan bambu. Setelah puas berfoto-foto, kamu juga bisa berkeliling perkebunan teh dengan menyewa ATV.

Begitulah sederet wisata Tawangmangu yang terkenal. Semoga membantu ya!

Beri Komentar