15 Destinasi Tempat Wisata Banyuwangi Beserta Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 31 Desember 2019 11:36
15 Destinasi Tempat Wisata Banyuwangi Beserta Paketnya
Enggak hanya Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran saja, Banyuwangi juga memiliki berbagai destinasi wisata yang keren dan indah. Yuk, cek berbagai tempat wisata Banyuwangi sekaligus paketnya.

Ketika kamu berkunjung ke Bali melalui jalur darat, pasti kamu melewati kota yang satu ini. Terletak di ujung pulau Jawa, ternyata keindahan Banyuwangi juga tak kalah dengan berbagai tempat di sekitarnya. Banyak destinasi wisata Banyuwangi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kamu bisa menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga maupun pasangan. Tempat-tempat menarik seperti gunung, pantai, hingga savana siap menyambutmu. Enggak sabar kan untuk segera kesana?

Nah, jika kamu tertarik dan berencana untuk menghabiskan liburan di Banyuwangi, kamu nggak boleh melewatkan beberapa tempat berikut ini. Ada apa aja? 

1 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi

Banyuwangi memang surganya tempat-tempat eksotis. Banyak tempat wisata Banyuwangi yang menarik untuk kamu jadikan alternatif liburan. Simak berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

1. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater © Diadona

Kamu hobi snorkeling? Jika iya, kamu nggak boleh melewatkan tempat wisata Banyuwangi satu ini. Di Bangsring underwater kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Banyuwangi yang mempesona dengan keragaman ekosistem lautnya. Titik awal snorkeling sendiri berada di rumah apung yang terletak di tengah laut. Untuk mencapainya, kamu bisa menaiki kano atau menggunakan banana boat.

2. Pantai Plengkung

Jika sebelumnya adalah surga bagi kamu yang hobi bersnorkeling, nah tempat wisata kali ini buat kamu yang hobi surfing. Pantai Plengkung merupakan salah satu spot favorit yang terkenal di kalangan peselancar dunia. Pasalnya, ombak di tempat wisata Banyuwangi ini merupakan salah satu yang terbaik selain juga garis pantainya yang panjang. Buat kamu yang tidak suka surfing, jangan khawatir. Kamu bisa menikmati pemandangan indah pantai ini dengan hamparan pasir putih yang cantik.

3. Air Terjun Kalibendo

Salah satu tempat wisata Banyuwangi yang nggak boleh kamu lewatkan yakni air tejun Kalibendo. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang menenangkan sekaligus indah. Airnya yang jernih sekaligus udaranya yang sejuk sangat cocok untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran sejenak.

4. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro menjadi salah satu tempat wisata populer yang menawarkan berbagai spot menarik. Dari puncak ini, kamu bisa mengintip keindahan pulau Bali lho. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat keindahan beberapa gunung seperti Gunung Meranti, Raung dan juga Merapi. Buat kamu yang hobi berfoto, kamu juga bisa mengunjungi spot keren seperti dermaga kecil, spot berbentuk bintang, hingga gardu pandang yang tersedia di kawasan ini.

2 dari 5 halaman

Paket Wisata Banyuwangi

Ilustrasi liburan keluarga © Diadona

Jika kamu menyukai berwisata tanpa harus ribet dengan segala hal, kamu bisa memilih berbagai paket wisata yang banyak tersedia. Paket wisata sendiri sangat pas buat kamu yang merencanakan liburan bersama keluarga maupun teman. Lantas, ada paket wisata apa saja di Banyuwangi?

1. Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam

Paket pertama yang bisa kamu coba yakni paket 2 hari 1 malam. Paket ini menawarkan berbagai pilihan tempat wisata Banyuwangi mulai dari pantai hingga gunung. Harga paket ini sendiri berada di kisaran Rp. 450 ribu hingga Rp. 900 ribu tergantung dengan tujuan yang kamu inginkan.

2. Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam

Nah, jika kamu berkunjung ke Banyuwangi lebih lama, kamu bisa memilih paket wisata 3 hari 2 malam. Tentunya, dengan memilih paket ini kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata lebih banyak. Untuk harganya, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 900 ribu hingga Rp. 1,5 juta.

3. Paket Tour Banyuwangi Full Day

Kamu hanya punya waktu satu hari aja untuk jalan-jalan? Kamu bisa memilih paket yang satu ini. Banyak tempat wisata yang ditawarkan berdasarkan paket harga yang kamu pilih. Untuk tarifnya berada di kisaran Rp. 300-600 ribu.

3 dari 5 halaman

Destinasi Wisata Banyuwangi

Menelusuri keindahan Banyuwangi memang nggak ada habisnya. Beragam destinasi wisata seru bisa kamu nikmati saat berlibur di kota ini. Nah, ini dia beberapa destinasi wisata Banyuwangi yang perlu kamu coba.

1. Desa Osing

Berwisata budaya memang bisa menjadi salah satu alternatif menarik saat liburan. Salah satunya yakni kamu bisa berkunjung ke Desa Osing. Di desa ini, masyarakatnya masih mempertahankan tradisi seperti nginang, tumpeng sewu, hingga puputan. Tak hanya itu, setiap tahunnya penduduk desa Osing juga mengadakan beragam festival seperti barongan, tari seblang, menyangar kopi dan lain sebagainya. Menarik, kan? Kamu bisa berwisata sekaligus belajar budaya.

2. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan © Diadona

Pulau cantik satu ini terletak di antara Pulau Bali dan Jawa. Pulau Tabuhan merupakan kawasan tak berpenghuni yang berlokasi di 20km dari pusat kota. Untuk keindahannya, nggak usah diragukan lagi. Pantainya yang biru dengan pasir putih yang cantik siap menyambutmu saat berkunjung ke pantai ini.

3. Hutan Pinus Songgon

Pemandangan yang cantik sekaligus menarik bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Hutan Pinus Songgon. Tempat wisata Banyuwangi ini terletak di daerah Sumberbulu, Songgon. Hawa yang sejuk ditambah jejeran pohon pinus membuat tempat ini begitu asri dan indah. Untuk kamu yang ingin berhemat, nggak perlu khawatir karena tiket masuk di kawasan ini sangat terjangkau yakni Rp. 5 ribu saja.

4. Telaga Rowo Bayu

Tempat wisata Banyuwangi satu ini sangat menyegarkan mata. Pasalnya, telaga Rowo Bayu dikelilingi oleh pemandangan hijau yang memanjakan mata di sekelilingnya. Selain itu, di telaga Rowo Bayu juga terdapat sebuah petilasan Raja Blambangan Tawang Alun yang bisa kamu temui di pinggir telaga.

4 dari 5 halaman

Obyek Wisata Banyuwangi

Selain beragam tempat wisata sebelumnya, masih banyak obyek wisata Banyuwangi yang bisa kamu eksplor. Dimana saja tempatnya? Yuk, gulir ke bawah.

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran © Diadona

Taman Nasional Baluran memang salah satu tempat wisata populer dan terkenal di Banyuwangi. Padang savana luas yang satu ini akan membuatmu serasa berada di Afrika. Hamparan rumput serta keindahan savana yang ada di salah satu tempat wisata Banyuwangi ini nggak boleh kamu lewatkan. Terlebih, jika beruntung kamu bisa menemukan sekumpulan banteng yang berlari-larian.

2. Mangrove Bedul Ecotourism

Seperti namanya, Mangrove Bedul Ecotourism merupakan kawasan hutan bakau yang dapat digunakan sebagai tempat wisata. Disini, kamu bisa berwisata menelusuri hutan bakau yang indah sekaligus juga bisa melihat berbagai satwa seperti burung bangau, elang laut, blibis, dan juga monyet. Hutan bakau di kawasan ini sendiri membentang sepanjang 16 km dengan kurang lebih 27 jenis mangrove.

3. Umbul Bening

Tempat wisata Banyuwangi satu ini sangat cocok jika kamu berkunjung ke Banyuwangi bersama si kecil. Umbul Bening sendiri merupakan tempat wisata berupa kolam renang yang berada di perbukitan. Disini, terdapat berbagai macam kolam dari dewasa hingga anak-anak dengan berbagai kedalaman yang berbeda. Tarif masuknya pun sangat bersahabat yakni Rp. 5 ribu per orang saja. Sangat terjangkau, kan?

4. Teluk Biru

Selain Bangsring, Teluk Biru merupakan spot diving dan snorkeling terbaik lainnya di Banyuwangi. Selain pemandangan biota lautnya yang beragam, warna air yang jernih kebiruan akan sangat memanjakan mata. Teluk Biru sendiri berada di Taman Nasional Alas Purwo.

5 dari 5 halaman

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen © Diadona

Kamu pasti nggak asing lagi dengan Kawah Ijen, kan? Kawah yang terkenal satu ini memang menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunjung di Banyuwangi. Keindahan api biru kawah Ijen memang sangat mempesona. Tapi, tak hanya kawah Ijen saja yang menarik, disekitar kawasan ini juga terdapat tempat wisata cantik yang sayang jika kamu lewatkan. Ini dia beberapa tempatnya.

1. Kawah Bulan Sabit

Keindahan Kawah Bulan Sabit memang tak kalah indah dengan kawah Ijen dan letaknya pun juga lumayan berdekatan. Kawah ini disebut dengan bulan sabit karena di tengah-tenagh kawahnya sendiri terdapat sebuah gundukan yang menyerupai bulan sabit. Disini, kamu bisa melihat sisi lain kawah Ijen, Gunung Raung sekaligus juga keindahan kota Bnayuwangi dari ketinggian.

3. Kawah Wurung

Satu lagi kawah cantik yang terletak di sekitar kawasan Kawah Ijen yakni Kawah Wurung. Salah satu tempat wisata Banyuwangi ini terletak 4km dari kawah ijen. Nah, jika kamu datang saat musim hujan, kamu akan melihat hamparan rumput hijau yang membentang, sedangkan pada musim kemarau rumputnya akan berubah menjadi kuning. Menarik, kan? Untuk melihat keindahan kawah wurung, kamu harus menaiki bukit yang bernama Bukit Cinta terlebih dulu.

3. Pemandian Air Panas Blawan

Saat selesai mendaki Kawah Ijen memang pas jika berendam di pemandian air panas yang hangat. Selain berkhasiat untuk kesehatan kulit karena kandungan belerangnya, air panas ini juga bisa mengembalikan tenaga dan staminamu setelah mendaki. Di pemandian air panas Blawan terdapat 3 kolam yang berfungi sebagi kolam untuk berendam yakni 2 kolam untuk dewasa dengan kedalaman masing-masing 1 meter dan 1 kolam anak-anak dengan kedalaman setengah meter.

Nah, itulah berbagai tempat wisata Banyuwangi beserta paket wisatanya yang bisa menjadi alternatif liburan saat kamu berkunjung ke Banyuwangi. Bagaimana, sudah menentukan pilihan mau kemana saat berlibur ke Banyuwangi?

Beri Komentar