13 Tempat Wisata Jambi yang Terbaru dan Terkenal

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 14 Februari 2020 22:40
13 Tempat Wisata Jambi yang Terbaru dan Terkenal
Selain Gunung Kerinci, berikut rekomendasi wisata Jambi lainnya yang terkenal dan terbaru.

Saat berwisata ke Pulau Sumatera, bisa juga kamu menjadikan Jambi sebagai destinasi wisata. Tak kalah dengan sederet provinsi lainnya di Sumatera, Jambi juga memiliki segudang wisata. Beragam wisata baik alam maupun sejarahnya sangat sayang jika kamu lewatkan.

Berbicara tentang Jambi, pasti sebagaian dari kita teringat dengan Gunung Kerinci ya. Terlebih, buat kamu yang hobi mendaki pastinya cukup familiar dengan gunung satu ini. Nah, tak hanya Gunung Kerinci saja yang bisa kamu nikmati di Jambi, namun juga berbagai wisata lainnya seperti air terjun, candi, hingga danau.

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke Jambi, ini dia 13 tempat wisata Jambi yang telah Diadona rangkum dari berbagai sumber (14/02). Yuk, kita simak bersama berbagai destiansi wisatanya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jambi

Saat berkunjung ke Jambi, jangan lupa menyempatkan berkunjung ke sederet wisata berikut ini ya. Tak hanya menarik, namun juga memiliki panorama yang indah. Langsung saja gulir ke bawah, yuk!

1. Jembatan Gentala Arasy

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh aL (@_aaaallll) pada

Terbentang sepanjang 540 meter di atas Sungai Batanghari, Jembatan Gentala Arasy bisa dikatakan sebagai salah satu ikon Kota Jambi. Dari atas jembatannya, kamu bisa menyaksikan panorama sekitar yang indah.

Menariknya, di ujung jembatan ini kamu bisa menjumpai Menara Gentala Arasy yakni sebuah museum tyang menyajikan tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi. Jembatan Gentala Arasy akan semakin cantik sata malam dengan lampu yang menghiasi sepanjang jembatan.

2. Candi Muaro Jambi

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh WISATA JAMBI (@candimuarajambi) pada

Buat kamu yang tertarik dengan wisata sejarah, berkunjung ke Candi Muaro jambi bisa jadi pilihan yang tepat. Candi ini berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat kota. Persisnya berada di Desa muara jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Candi Muaro Jambi ini dikenal sebagai situs kota kuno di Provinsi Sumatera. Selain itu, juga disebut sebagai kompleks candi peninggalan Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. Luasnya sendiri bisa dikatakan delapan kali dari luas Candi Borobudur di Magelang.

3. Danau Gunung Tujuh

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yuda Kharsana (@yudakharsana) pada

Saat mendaki ke Gunung Tujuh, jangan lupa menyempatkan singgah di danau cantik satu ini ya. Danau Gunung Tujuh sendiri berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Wisata Jambi ini menawarkan panorama danau yang indah dengan dikelilingi tujuh gunung sekaligus. Diantaranya Gunung Hulu Sangir, Gunung Selasih, Gunung Hulu Tebo, dan lainnya.

Selain itu, berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl membuat Danau Gunung Tujuh menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia. Sangat menarik, ya.

4. Taman Anggrek Sri Soedewi

Bila kamu penggemar bunga khususnya anggrek, Taman Anggrek Sri Soedewi ini sayang jika kamu lewatkan. Taman cantik ini terletak di depan Kantor Gubernur Jambi tepatnya di Jl. A. Yani, Telanaipura, Jambi, Kota Jambi.

Di wisata Jambi ini, kamu bisa menikmati keindahan lebih dari 60 jenis bunga anggrek. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang tata cara perawatan anggrek sesuai dengan jenisnya. Sangat cocok kan buat kamu yang menyukai atau sedang ingin menanam bunga cantik satu ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kota Jambi

Wisata Jambi memang sangat beragam. Mulai dari wisata alam hingga religi kamu bisa menemuinya di Jambi. Di bawah ini rekomendasi wisata alam dan religi yang bis akamu kunjungi di Jambi.

1. Air Terjun Talang Kemulun

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Muara Tebo & Jambi (@seputartebo) pada

Air Terjun Talang Kemulun bisa jadi alternatif wisata menarik di Jambi. Terutama buat kamu yang ingin melepas stres atau refreshing dari apadatnya aktivitas. Nuansa alam yanga sri dan terkesan alami bisa kamu dapatkan dari wisata Jambi satu ini.

Air Terjun Talang Kemulun juga sangat indah dengan bentuknya yang berundak-undak. Aliran airnya yang enggak terlalu deras membuatnya relatif aman buat kamu yang ingin bermain-main di sekitarnya. Apalagi untuk menikmatinya kamu juga enggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

2. Masjid Seribu Tiang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wonderful JAMBI (@mainkejambi) pada

Kota Jambi juga menyuguhkan wisata religi yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya Masjid Agung Al-Falah atau disebut juga Masjid Seribu Tiang. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Jambi dengan lokasi yang berada di pusta kota.

Di sekitar masjid ini, kamu juga bisa menemukan sederet lokasi bersejarah seperti menara air peninggalan Belanda, Pasar Tradisonal Angsodua, dan juga Museum Perjuangan Jambi. Masjid Seribu Tiang sendiri berada di Jalan Sultan Thaha Beringin, Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

3. Air Terjun Sigerincing

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh PESONA AIR TERJUN INDONESIA ???????? (@pesonaairterjunindonesia) pada

Air Terjun Sigerincing menjadi air terjun lainnya yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi di Jambi. Air terjun dengan tinggi sekitar 70 meter ini memiliki aliran air yang cukup deras.

Selain itu, tetumbuhan hijau di sekelilingnya membuat suasana sekitar wisata Jambi ini menjadi asri dan alami. Kamu bisa mengunjungi Air Terjun Sigerincing ini di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi.

4. Hesti's Garden

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh KitaINA (@kitaina.id) pada

Satu klagi tempat menarik di Jambi yang menawarkan panorama yang indah yakni Hesti's Garden. Di wisata Jambi ini, kamu bisa menikmati hamparan taman bunga berwarna-warni yang ditata sedemikian rupa sehingga membuatnya nampak indah. Taman cantik ini didirikan oleh Hj. Hesnidar Aris atau biasa dipanggil dengan nama Hesti. Sekarang kamu tau kan darimana nama cantik ini berasal.

Hesti's Garden sendiri terletak di Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Hamparan aneka bunganya yang indah juga sangat cantik dijadikan spot foto. Tak hanya itu, fasilitas di wisata Jambi ini juga terbilang cukup lengkap. Mulai dari musholla, toilet hingga penginapan bisa kamu jumpai di Hesti's Garden.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Jambi

Wisata Jambi di bawah ini juga bisa jadi opsi lainnya buat kamu yang ingin berlibur ke provinsi ini. Cek yuk ada apa saja sih destinasi wisatanya!

1. Tanggo Rajo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh febbb (@sitifebrikaesti) pada

Tanggo Rajo ini merupakan salah satu tempat yang cocok jika kamu ingin menikmati Sungai Batanghari. Panorama sunset dari tempat wisata Jambi ini juga tak kalah menawan. Sambil menikmati pemandangan Sungai Batanghari, kamu juga bisa sekalian mencicipi kuliner yang ada di sekitar Tanggo Rajo.

2. Pulau Penyu

Pulau Penyu merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak di pesisisr timur Jmabi. Dari namanya pastinya kamu sudah tahu ya apa yang ada di pulau ini. Pulau cantik ini merupakan salah satu habitat penyu untuk meletakkan telur-telurnya.

Terlepas dari penyu, wisata Jambi ini memiliki panorama yang cantik dengan hamparan pasir putihnya. Batuan besar dan laguna yang ada di Pulau Penyu juga semakin mempercantik pulau yang terdapat di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi ini.

3. Gunung Kerinci

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????? (@ichsansatriatm) pada

Wisata Jambi satu ini sangat cocok nih buat kamu yang suka mendaki. Gunung Kerinci sendiri merupakan gunung tertinggi di Sumatera yang berada di jajaran Pegunungan Bukit Barisan. Saat berkunjung ke Jambi, kamu bisa mencoba menkalukkan gunung satu ini.

Panorama Gunung Kerinci juga enggak perlu diragukan lagi keindahannya. Terutama pemandangan matahari terbit dari puncaknya. Selain itu, gunung ini juga dikelilingi hutan yang merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dimana merupakan habitat badak dan harimau sumatera.

4. Air Terjun Arai Indah

Seperti namanya, Air Terjun Arai Indah memiliki panorama yang indah. Terlebih, saat musim penghujan dimana debit airnya yang melimpah. Pemandangan sekitarnya pun juga sangat asri dengan udara yang sejuk. Pastinya akan membuatmu betah berlama-lama.

Lokasi Air Terjun Arai Indah ini terletak di Mukai Pintu, Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi. Tenang saja untuk menikmati wisata alam cantik ini kamu enggak akan dipungut biaya.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Jambi Paradise

      Lihat postingan ini di Instagram    

from @jambiparadise #jambikitonian #jambiparadise

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sepucuk Jambi Sembilan Lurah (@jambikitonian) pada

Ingin menikmati wisata alam dengan konsep kekinian? Jambi Paradise bisa jadi jawabannya. Wisata Jambi ini menyuguhkan panorama alam yang indah dipadu dengan beragam aktivitas seru. Di sini, kamu bisa mencoba keseruan flying fox, naik perahu berkeliling danau buatan, bersepeda, dan masih banyak lagi aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan lainnya.

Selain itu, Jambi Paradise juga memiliki sederet spot menarik untuk berfoto. Salah staunya lorong lorong tanaman dengan panjang sekitar 30 meter yang akan menyambutmu di area depan. Satu lagi spot menarik yakni Garden By The Bay mini ala wisata serupa di Singapura yang bisa kamu temukan di kawasan ini.

Fasilitas di kawasan ini juga terbilang lengkap. Diantaranya ada toilet, tempat makan, gazebo, musholla, dan sederet fasilitas pendukung lainnya. Jika ingin bersantai bersama keluarga atau teman, kamu juga bisa lho menyewa saung yang banyak tersebar di kawasan ini dengan harga sekitar Rp. 50 ribu.

Jambi Paradise sendiri buka dari jam 09.00 - 18.00 setiap harinya. Jika kamu tertarik berwisata di sini, kamu bisa langsung menuju Simpang Acai, Sungai Gelam, Kota Jambi.

Nah, itu dia 13 tempat wisata Jambi yang terkenal dan pastinya juga menarik dijadikan destinasi liburan. Sudah siap menjelajahi Jambi liburan ini?

Beri Komentar