12 Tempat Wisata Bantul Jogja yang Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 13 Februari 2020 22:35
12 Tempat Wisata Bantul Jogja yang Terbaru dan Wajib Dikunjungi
Tak hanya Jogja, Kabupaten Bantul juga sangat menarik dijadikan destinasi liburan. Cek beragam wisatanya berikut ini, ya.

Daerah Khusus Ibukota Yogyakarta bisa dibilang sebagai salah satu kota favorit wisatawan di Jawa Tengah. Beragam daerahnya menawarkan wisata yang sangat menarik dan memanjakan mata. Salah satunya daerah Bantul. Bantul sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Kota Jogja dan Kabupaten Sleman di bagian utaranya.

Saat berkunjung ke Jogja, kamu juga bisa nih sekalian mampir ke kabupaten satu ini. Destinasi wisata di Bantul juga tak kalah menarik begitu jugsa dengan panorama alamnya. Melansir dari berbagai sumber (13/02), ini dia 12 tempat wisata Bantul yang wajib kamu kunjungi. Cek yuk beragam wisatanya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bantul

Saat berwisata ke daerah Bantul, jangan lewatkan untuk berkunjung ke destinasi wisata berikut ini ya. Tak hanya tiket masuknya terjangkau, namun juga menyajikan panorama yang indah. Langsung saja yuk kita simak!

1. Hutan Pinus Pengger

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Risma Rohmatusy Syifa (@rismasyifa_) pada

Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jogja, khusunya daerah Bantul. Tak hanya menghadirkan jejeran pohon pinus yang indah, namun wisata Bantul ini juga dilengkapi dengan sederet spot foto yang menarik.

Hutan Pinus Pengger juga bisa jadi spot menarik menyaksikan panorama Bantul dari ketinggian. Gemerlap lampu kota yang terlihat bak lautan bintang sangat cantik jika dilihat dari kawasan ini. Lokasi Hutan Pinus Pengger sendiri terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

2. Pantai Parangtritis

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh MADI ROWAN (@madi_rowan) pada

Nama Pantai Parangtritis terdengar sangat familiar ya di telinga kita. Memang, Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jogja. Bahkan menjadi ikon kota tersebut. Pemandangan yang ditawarkan wisata Bantul ini memang sangat mempesona. Apalagi saat sore hari, panorama sunset dari Pantai Parangtritis sangat memanjakan mata.

3. Curug Pulosari

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh PESONA AIR TERJUN INDONESIA ???????? (@pesonaairterjunindonesia) pada

Wisata Bantul lainnya yang juga enggak kalah menawan yakni Curug Pulosari. Jernihnya air terjun dengan dipadu tetumbuhan hijau sekitar memberikan kesan asri yang menenangkan di kawasan ini. Apalagi kolam yang berada di bawahnya, serasa menggugah untuk segera berenang. Lokasi Curug Pulosari sendiri terletak di Krebet, Sendangsari, Bantul.

2 dari 4 halaman

Wisata Dlingo Bantul

Dlingo merupakan salah kecamatan di Kabupaten Bantul. Kecamatan ini juga memiliki berbagai wisata yang tak kalah menarik dari berbagai daerah di Bantul lainnya. Ini dia beberapa diantaranya.

1. Gardu Pandang Pinus Asri

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh tamasyadlingo (@tamasyadlingo) pada

Menawarkan panorama bentang alam yang indah, Gardu Pandang Pinus Asri ini enggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bantul. Wisata Bantul ini masih berada satu kawasan dengan Hutan Pinus Asri Karangasem. Tempat ini juga sangat cantik lho sebagai spot foto apalagi dengan berlatar panorama pegunungan dan dataran rendah daerah Imogiri.

2. Bukit Panguk Kediwung

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh JOGJA (@wonderfuljogja) pada

Masih tentang wisata ketinggian dengan panorama yang indah, pastinya kamu enggak bsia melewatkan Bukit Panguk Kediwung. Salah satu waktu terbaik berkunjung ke wisata Bantul ini yakni saat menjelang pagi. Karena, panorama sunrise sangat cantik jika disaksikan di atas Bukit Panguk Kediwung. Gardu pandangnya pun juga sangat ciamik sebagai spot foto.

3. Grojogan Lepo Dlingo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pinkan Beby (@pinkanbeby34) pada

Tak hanya menyuguhkan wisata ketinggian saja, daerah Dlingo juga memiliki sederet air terjun yang memanjakan mata. Salah staunya Grojogan Lepo Dlingo. Airnya yang jernih kehijauan dan kolamnya yang cukup luas membuat kamu serasa ingin segera berenang. Panorama sekitar yang asri juga menjadi daya tarik lainnya dari wisata Bantul satu ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Bantul Jogja

Tak hanya berbagai destinasi wisata di atas, masih banyak lagi wisata Bantul yang snagat menarik untuk dikunjungi. Cek yuk di bawah ini!

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh OBYEK WISATA JOGJA ???? (@obyekwisatajogja) pada

Berselancar di pantai itu sudah hal yang biasa, nah di Gumuk Pasir Parangkusumo ini kamu bisa merasakan sensasi baru berselancar di atas pasir. Terdengar menarik ya. Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer lho di Jogja. Nah, kamu bsia mencoba sensasi berselancar yang tak biasa ini di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul.

2. Bukit Lintang Sewu Mangunan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Paket Wisata Jogja (@paketwisatajogjaid) pada

Tempat wisata menarik lainnya di daerah Bantul yakni Bukit Lintang Sewu Mangunan. Nama Lintang Sewu sendiri berarti seribu bintang dalam bahasa Jawa. Wisata Bantul ini menghadirkan panorama indah dari ketinggian dengan dipadu spot foto kekinian. Bukit Lintang Sewu ini juga sangat menarik lho dijadikan spot menikmati sunset karena posisinya sendiri yang menghadap ke arah barat.

3. Pintu Langit Dahromo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sipejalan (@sipejalandotcom) pada

Pintu Langit Dahromo juga menjadi salah satu tempat wisata ketinggian lainnya yang menawarkan spot foto ciamik. Wisata Bantul ini dinamakan Pintu Langit karena adanya spot foto yang berbentuk pintu seakan merupakan gerbang menuju ke langit. Ditambah lagi dengan panorama bentang alam indah sebagai latarnya akan membuat fotomu semakin sempurna.

4 dari 4 halaman

Wisata Daerah Bantul

Wisata Bantul emmang beragam dan banyak, ya. Bila kamu belum puas dengan sederet wisata sebelumnya, kamu juga bisa berkunjung ke wisata berikut ini. Gulir ke bawah, yuk!

1. Pantai Goa Cemara

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Miftaqul Nur Annisa (@mifta.annisa_) pada

Pantai Goa Cemara ini sangat unik sekaligus menarik. Ada satu spot di pantai ini yang sangat cantik yakni sebuah lorong yang terbuat dari jajaran pohon cemara. Lorong ini sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Selain itu, deretan pohon cemara yang terdapat di pinggiran pantainya juga tak kalah menarik. Terlepas dari pohon cemara, panorama pantainya sendiri juga tak kalah mempesona dengan hamparan pasir putih yang halus.

2. Kebun Bunga Celosia

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh PERGIPEDIA (@pergipedia) pada

Menikmati hamparan bunga celosia juga sangat menarik ya sebagai destinasi wisata. Saat berwisata di Bantul, kamu bisa nih berkunjung ke kebun bunga celosia di Resoinangun Garden yang berada di kawasan Mangunan. Banyak spot foto menarik sebagai pelengkap di taman ini seperti ayunan, kursi kayu, sepeda hias, dan masih banyak lagi spot foto kece lainnya.

3. Kebun Bunga Matahari

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ????Kala itu ada Sendja (@senjakala.trip) pada

Tak hanya kebun bunga celosia saja, di Bantul kamu juga bisa menjumpai Kebun Bunga Matahari yang cantik. Kebun Bunga Matahari ini juga sangat cantik sebagai spot foto. Kamu bisa berfoto di tengah-tengah hamparan bunga matahari yang bermekaran. Tapi ingat ya jangan sampai emrusak. Nah, Kebun Bunga Matahari sendiri terletak di Jalur Jalan Lintas Selatan. Tepatnya berad di Jl. Lintas Selatan, Trukan, Srigading, Sanden, Bantul.

Lumayan menarik ya berbagai wisata Bantul di atas. Dari wisata di atas, ada enggak nih yang jadi favorit kamu? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar