12 Tempat Destinasi Wisata Kebumen dari Alam hingga Pantai yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 8 Januari 2020 16:55
12 Tempat Destinasi Wisata Kebumen dari Alam hingga Pantai yang Terbaru
kebumen memng memiliki berbagai destinasi wisata yang sama menariknya dengan daerah lainnya. Cek yuk berbagai destinasi wisata kebumen berikut ini.

Menjadi salah satu destinasi liburan, jawa Tengah dengan berbagai kotanya menyuguhkan pilihan wisata yang sangat beragam. Salah satunya Kabupaten Kebumen. Terletak tak jauh dari Jogja, Kebumen memiliki destinasi wisata yang cukup beragam dan menarik pastinya.

Wisata alam memang menjadi salah satu daya tarik utama sekaligus yang paling dominan dari Kebumen. Meski seperti itu, kebumen juga memiliki destinasi non alam yang tak kalah menarik seperti benteng salah satunya. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Kebumen dan masih belum menentukan destinasi yang kamu tuju, yuk cek dulu beragam destinasi wisata Kebumen yang sudah dirangkum dari berbagai sumber (08/01) berikut ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kebumen

Memiliki beragam destinassi wisata, Kebumen juga bisa menjadi salah satu alternatif wisata di Jawa Tengah. Beberapa destinasi wisata berikut ini bisa menjadi referensi saat kamu berlibur ke kabupaten satu ini. Selengkapnya, simak di bawah ini ya.

1. Bukit Hud

      View this post on Instagram

Selamat Siang Jawa Tengah! Salah satu tempat terbaik untuk memandang jauh indahnya hamparan pantai di Kebumen nih. . Lokasi: Bukit Hud, Karang Bolong, #Kebumen Foto: @irfa.senja . Untuk ikut mengangkat pariwisata di #JawaTengah setiap Jumat & Selasa, kami akan me-repost foto dari berbagai wilayah di provinsi ini. . #bukithud #wisatajawatengah

A post shared by SEMARANG (@wisatasemarang) on

Keindahan pesisir selatan Pulau Jawa bisa kamu nikmati dari atas Bukit Hud. Bukit yang memiliki ketinggian 150 mdpl ini berada di Desa Karangbolong, Buayan, Karangtengah, Kebumen. Di Bukit Hud, juga tersedia anjungan yang menjadi spot menarik yang menawarkan pemandangan yang memikat.

2. Gua Petruk

Gua Petruk merupakan gua yang masih terjaga kealamiannya. Di dalam gua ini, kamu bisa menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit yang didominasi dengan bentuk meneyrupai hidung Petruk. Untuk menikmati keindahan ini, kamu perlu menggunakan headlamp karena tidak ada penerangan sama sekali di dalam Gua Petruk. Tenang saja, semua itu sudah disiapkan oleh petugas kok.

3. Pantai Menganti

      View this post on Instagram

vit sea????????? . . . . . . #lfl #likeforlikes #fff #pantai???? #pantaimenganti #menganti #explorekebumen???? #kebumen #kebumenkeren #hijab #hijabers #hijabstyle #hijabtraveler #hijabtravelling #ootd #ootdfashion #ootd_hijabkeceh #ootdhijabindonesia

A post shared by EKA SAFITRI (@ekka_saf) on

Perpaduan perbukitan hijau dengan laut yang biru menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Menganti. Pantai Menganti menjadi tujuan yang pas jika kamu mencari pantai dengan pasir putih di Kebumen. Selain menikmati panoramanya yang indah, kamu juga bisa menjumpai mercusuar setinggi 20 meter dan juga jembatan merah di kawasan ini.

2 dari 4 halaman

Kebumen Wisata

Banyak destinasi wisata menarik yang tersebar di Kabupaten Kebumen. Mulai dari pantai hingga wisata sejarah seperti benteng. Ini beberapa listnya.

1. Pantai Surumanis

Nggak hanya Pantai Balekambang di Malang saja yang mendapat julukan Tanah Lot, kebumen juga mempunyai pantai yang mendapat julukan serupa yaitu Pantai Surumanis. Bebeda dengan Pantai Balekambnag yang mendapat julukan serupa karena ada bangunan pura di atas lautnya, Pantai Surumanis memiliki kesaman dengan Tanah Lot dari pasir coklat kehitamannya. Tapi, keindahannya juga sama menariknya, kok.

2. Benteng Van Der Wijk

      View this post on Instagram

Permisi numpang mau lewat ???? . . . . #ootdhijab #ootdhijabindo #hijabstyle #fashionhijab #hijabstyleindonesia #hijabtraveller #travelercantik #eksploregombong #eksplorekebumen #kebumenkeren #bentengvanderwijck #wisatajateng #repostjateng #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #ayodolan #ayopiknik #lfl????

A post shared by NANA (@nana_oktianaa) on

Dulunya, bangunan ini merupakan kantor kongsi dagang VOC yang diubah menjadi benteng untuk meredam kekuatan pasukan Pangeran Diponegoro pada masa lalu. Benteng Van Der Wijk memiliki keunikan sendiri baik dari warna maupun bentuk bangunannya. Saat ini, Benteng Van Der Wijk menjadi salah satu wisata ikonik di Kebumen.

3. Pantai Sawangan Karangduwur

Pantai di kawasan kecamatan Ayah ini bisa menjadi alternatif destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Di Pantai Sawangan Karangduwur, kamu bisa menikmati pemandangan lautan yang indah serta perbukitan dan batu karang di sekelilingnya dari atas bukit. Tak ketinggalan, di tempat wisata Kebumen ini juga menyediakan spot foto yang menarik.

3 dari 4 halaman

Obyek Wisata kebumen

Berbagai destinasi wisata di Kebumen memang memiliki pesona keindahannya masing-masing. Sama halnya dengan obyek wisata Kebumen di bawah ini. Berikut ini beberapa obyek wisata yang mempesona di Kebumen.

1. Pantai Karang Agung

      View this post on Instagram

Selamat Pagiii Jawa Tengah! Yang pengen jalan-jalan ke Kebumen, bisa nih menikmati indahnya suasana pantai di sini. . Lokasi: Pantai Karang Agung, Argopeni, Ayah, #Kebumen Foto: @popeye.70 . Untuk ikut mengangkat pariwisata di #JawaTengah setiap Jumat & Selasa, kami akan me-repost foto dari berbagai wilayah di provinsi ini. . #pantaikarangagung #wisatajawatengah

A post shared by SEMARANG (@wisatasemarang) on

Berbeda dengan pantai biasanya yang memiliki pasir, di wisata Kebumen ini kamu akan menemui batuan karang di sepanjang pantai. Salah satu daya tarik lainnya dari pantai ini yakni adanya batu karang besar yang berdiri kokoh tak jauh dari bibir pantai. Lokasinya yang masih tersembunyi, membuat Pantai Karang Agung masih relatif sepi pengunjung.

2. Bukit Pentulu Indah

Ingin menikmati gunung kembar Sumbing Sindoro tanpa harus mendaki, bisa kok. Kamu bisa menikmati keindahan gunung tersebut dengan trekking di Bukit Pentulu Indah. Bukit ini juga masih dalam kawasan Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung. Bukit Pentulu Indah juga menjadi salah satu spot terbaik melihat matahari terbit.

3. Pantai Karang Bolong

      View this post on Instagram

Let's me to the beach . . . . . . . . . . . #pantaikarangbolongkebumen #pantaikebumen #kebumenkeren #jatengkeren #wonderfulindonesia #kebumen #explorekebumen #kebumencantik #pesonakebumen

A post shared by mita (@mitaaugustin___) on

Bolong dalam bahasa Jawa berarti berlubang. Sesuai namanya, di Pantai Karang Bolong terdapat karang besar yang berlubang di tengahnya. Karena itulah mengapa pantai ini diberi nama Pantai Karang Bolong.

Pantai Karang Bolong menjadi salah satu destinasi terkenal di Kebumen yang nggak pernah sepi pengunjung. Selain kamu dapat menikmati pantainya, perbukitan di sekitar pantai juga menjadi daya tarik yang mempesona.

4 dari 4 halaman

Wisata Kebumen Terbaru

Wisata di Kebumen lainnya juga memiliki daya tarik tersendiri, termasuk juga dengan wisata yang terbaru. Di bawah ini beberapa tempat wisata Kebumen yang bisa kamu tuju sebagai destinasi liburan. Langsung cek ke bawah, ya.

1. Kebun Bunga Ambal

Berfoto di deretan bunga cantik yang berwarna-warni bisa kamu lakukan di tempat wisata Kebumen satu ini. Di Kebun Bunga Ambal kamu bisa menjumpai deretan bunga berwarna-warni seperti bunga matahari, bunga suring, bunga pagoda, dan masih banyak lagi. Kebun cantik ini berada di Desa Ambalresmi, Ambal, Kabupaten Kebumen.

2. Curug Plumbon

      View this post on Instagram

Reposted from @kebumenzone - Reposted from @opsphotography23 - Hiduplah seperti air yang mengalir, meskipun banyak batu besar yang menghalangnya, dia akan tetap bermuara pada tempat yang tenang . Photo by : @okiputra23 Loc : curug plumbon, kebumen . . #curugplumbon #kebumen #kebumenkeren #kebumenhits #kebumencantik #kebumenkekinian #instalike #instagood #like4like #likeforlike #kebumenzone #kebumenmemotret #explorekebumen #beautiful #nature #photooftheday #vscocam #vscogood #picoftheday #instapic #instaphoto #landscape #good #wisatajateng #beauty #amazing #kiekebumen #jatenggayeng #jatengkeren #jatenghits Mari kenali dan cintai KOTA KEBUMEN BERIMAN kota kelahiran For repost : Follow @kiekebumen Tag @kiekebumen Gunakan hastag #kiekebumen Akun jangan diprivat Foto/video terpilih bakal direpost ========================================== ~BERBAGI INDAHNYA KOTA KEBUMEN BERIMAN~

A post shared by Tentang Kabupaten Kebumen (@kiekebumen) on

Curug Plumbon atau biasanya juga disebut dengan Curug Kali oleh warga sekitar ini memiliki keindahan yang memanjakan mata. Curug Plumbon memiliki ketinggian yang nggak terlalu tinggi dengan terdiri dari dua tingkat. Selain menikmati keindahan pepohonan hijau di sekitar, kamu juga bisa berenang di salah satu tempat wisata Kebumen ini.

3. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park menghadirkan wisata yang menarik yaitu pengalaman langsung dikelilingi oleh berbagai jenis kupu-kupu. Di area taman ini kamu juga bisa menjumpai beragam tanaman bunga yang berwarna-warni yang menghiasi sekeliling taman dan juga di dalam ruangan terdapat berbagai jenis kupu-kupu yang sudah diawetkan. Tempat ini memang sangat cocok sebagai destinasi liburan baik dengan keluarga maupun teman.

Jadi, sangat beragam ya berbagai destinasi wisata di kebumen. Kira-kira kamu berencana berkunjung ke mana nih dari berbagai destinasi di atas?

Beri Komentar