12 Destinasi Tempat Wisata Solo yang Baru dan Murah

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 31 Desember 2019 08:51
12 Destinasi Tempat Wisata Solo yang Baru dan Murah
Enggak hanya Jogja dan Semarang, Solo juga bisa jadi destinasi wisata yang menarik buat kamu. Berikut berbagai destinasi tempat wisata Solo yang terbaru dan murah.

Berbicara tentang destinasi wisata di Jawa Tengah, mungkin hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Jogja atau Semarang. Pasalanya, memang kedua kota itu sama-sama menjadi destinasi wisata populer di Jawa Tengah. Tapi, nggak ada salahnya kamu mencoba berkunjung ke kota yang lain salah satunya yakni Solo.

Solo sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Banyak tempat-tempat seru dan keren yang bisa kamu kunjungi mulai dari alam hingga tempat wisata budaya dan sejarah. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini berbagai destinasi tempat wisata solo yang bisa kamu masukkan daftar liburanmu. Simak di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Solo

Solo memang menyimpan beragam tempat wisata seru yang sayang jika dilewatkan. Nah, sebagai pilihan kamu bisa nih berkunjung ke beberapa destinasi wisata berikut ini. Gulir ke bawah ya untuk tahu lebih lanjut.

1. Air Terjun Jumog

Saat berkunjung ke Solo, jangan lewatkan untuk mencicipi wisata alamnya. Salah satunya yakni air terjun Jumog. Panorama air terjun yang indah dengan udara yang sejuk menjadi daya tarik dari tempat wisata Solo ini. Dengan menyiapkan budget Rp. 5 ribu saja kamu bisa menikmati keindahan air terjun Jumog yang berjarak sekitar 40 km dari kota Solo.

2. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran © Diadona

Salah satu tempat wisata sejarah di Solo yang menarik yaitu Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran sendiri didirikan pada tahun 1757 dan merupakan kediaman dari Sri Paduka Mangkunagara. Disini, kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi sejarah seperti wayang, gamelan, peralatan tari, dan barang sejarah lainnya.

Jika kamu tertarik dengan gamelan, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Solo ini pada hari Rabu karena setiap hari tersebut akan diadakan pagelaran gamelan rutin. Nah, untuk tarif memasuki kawasan ini cukup bersahabat yakni Rp. 10 ribu saja.

3. Kampung Batik Kauman

Jika kamu tertarik dengan proses pembuatan batik secara langsung sekalian mecari oleh-oleh batik khas Solo, datanglah ke Kampung Batik kauman. Di kampung ini, kamu bisa menyaksikan aneka batik dengan corak dan motif yang beraneka rupa. Di sepanjang jalan, kamu akan mendapati rumah-rumah yang memproduksi batik dan juga showroon yang menjual batik. Nah, kampung batik ini sendiri berlokasi di Laweyan, Surakarta.

2 dari 4 halaman

Wisata Kota Solo

Tak kalah menarik dengan berbagai tempat wisata Solo di atas, beberapa obyek wisata di bawah ini juga sangat pas jika kamu ingin berlibur sekaligus menambah wawasan. Nah, untuk itu kamu bisa nih mengunjungi beberapa tempat berikut ini. Yuk, gulir ke bawah.

1. Museum Manusia Purba Sangiran

Berwisata sambil belajar sejarah bisa kamu dapatkan saat mengunjungi tempat wisata Solo ini. Di dalam Museum Manusia Purba Sangiran sendiri terdapat lebih dari 13.000 koleksi fosil manusia purba. Tak hanya itu, di museum ini kamu juga bisa menyaksikan berbagai fosil hewan, batu, tumbuhan, serta alat-alat yang digunakan manusia purba. Bisa menambah wawasanmu, kan?

2. Tumurun Private Museum

Museum Tumurun © Diadona

Siapa bilang museum itu kuno dan membosankan? Di museum satu ini kamu akan disuguhkan berbagai karya seni yang ciamik dan keren. Tumurun Private Museum merupakan museum pribadi yang didirikan oleh Iwan Kurniawan yang memiliki dua lantai. Masing-masing lantai terbagi dalam koleksi karya seni modern dan kontemporer. Meskipun tidak dipungut biaya masuk, untuk mengunjungi museum ini kamu harus reservasi dulu ya melalui website resmi mereka.

3. Pasar Antik Triwindu

Pasar satu ini memang sangat menarik karena kamu bisa menemukan dan membeli berbagai barang antik di Pasar Triwiwndu. Kamu bisa menjumpai barang-barang antik seperti uang kuno, radio lawas, mesin ketik, telepon tua, dan masih banyak lagi. Pasar ini terletak tak jauh dari Ngarsopuro Night Market dan telah berdiri sejak 1939.

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Solo

Saat berkunjung ke Solo memang banyak destinasi wisata yang harus dicoba. Nah, berikut ini beberapa destinasi wisata Solo yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak di bawah ya untuk mengetahui ada apa saja.

1. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi © Diadona

Seperti yang kita tau, memang Solo terkenal dengan batiknya. Salah satu tempat batik yang bisa kamu kunjungi yakni Museum Batik Danar Hadi. Tempat wisata Solo satu ini berlokasi di kompleks bangunan kuno yang juga termasuk dalam cagar budaya Kota Solo yakni Ndalem Wuryaningratan. Disini, kamu bisa menyaksikan sekitar 10.000 koleksi kain batik dengan berbagai macam motif dan periode masing-masing pembuatan batik.

2. The Heritage Place

The Heritage Place bisa dibilang salah satu tempat wisata Solo yang baru karena baru dibuka pada pertengahan 2018 lalu. Tempat wisata satu ini sangat kental dengan nuansa Eropa klasik dengan menyuguhkan berbagai macam wahana seru yang bisa kamu coba. Antara lain seperti Museum 3D Trick Art, Gardo Retro Paradise, Omah Kwalik, dan lain sebagainya. The Heritage Place buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore.

3. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan taman yang berfungsi sebagai obyek wisata sekaligus edukasi. Taman ini terbagi menjadi dua kompleks yakni Partinah Bosch dan Partini Tuin (Taman Air Partini). Partinah Bosch sendiri merupakan rumah dari berbagai tanaman langka seperti beringin putih, beringin sungsang, apel cokelat serta kenari sedangkan Partini Tuin berupa kolam dengan perahu hias yang bisa kamu naiki. Nuansa yang asri dari pepohonan di sekitar taman juga udara yang sejuk menjadi daya tarik lain dari wisata Solo satu ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Malam Solo

Berwisata malam memang nggak boleh dilewatin saat kamu berkunjung ke Solo. Banyak tempat-tempat menarik di Solo yang hanya bisa kamu kunjungi di malam hari. Dimana saja tempatnya?

1. Galabo Solo

Jika berwisata malam di Solo memang sangat pas jika sekalian berwisata kulinernya. Nah, salah satu tempat berwisata kuliner yang terkenal di Solo yakni Galabo Solo. Galabo Solo sendiri buka mulai dari jam 5 sore hingga tengah malam dengan sekitar 50 lebih warung yang menjajakan aneka kuliner yang enak. Tempat wisata Solo satu ini berlokasi di sepanjang jalan Jl. Mayor Sunaryo depan Pusat Grosir Solo.

2. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market © Diadona

Wisata malam selanjutnya yang sayang jika kamu lewatkan saat bertandang ke Solo yaitu Ngarsopuro Night Market. Pasar malam yang satu ini merupakan pasar malam mini yang dibuka di depan Pura Mnagkunegaran dan hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu saja. Di wisata Solo ini kamu bisa menikmati berbagai macam kesenian dan juga makanan yang dijual para pedagang kaki lima.

3. Pasar Gede

Sesekali kamu harus nih mencoba berkunjung ke Pasar gede di malam hari. Lampion-lampion yang menggantung di sepanjang jalan pasar ini sangat cantik saat menyala di malam hari. Selain itu, banyak spot-spot menarik di sekitar Pasar Gede yang bisa kamu jadikan spot foto yang keren.

Itu dia berbagai destinasi tempat wisata Solo yang seru dan enggak boleh kamu lewatin saat berlibur di kota ini. Mana nih yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar