12 Destinasi Tempat Wisata di Magelang Lengkap dengan Hotel di Sekitarnya

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 31 Desember 2019 12:36
12 Destinasi Tempat Wisata di Magelang Lengkap dengan Hotel di Sekitarnya
Berbagai destinasi tempat wisata di Magelang ini bisa kamu jadikan rekomendasi saat liburan. Cek yuk ada apa saja.

Saat menyebut Magelang pasti satu hal yang terlintas di pikiran kita yakni Candi Borobudur. Memang, candi terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Magelang bahkan kepopulerannya sampai ke mancanegara. Sebenarnya, tak hanya itu saja, Magelang memiliki berbagai destinasi tempat wisata menarik yang sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Jawa Tengah.

Magelang sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang kaya akan wisata alam mempesona dan indah. Selain itu, wisata budayanya pun juga tak kalah menarik seperti beragam candi yang bisa kamu jumpai di kota ini. Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk menjadikan Magelang sebagai destinasi wisata liburanmu kali ini, yuk simak dulu beragam tempat wisata Magelang dan hotel di sekitarnya yang bisa kamu kunjungi.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Magelang

Tak kalah dengan Jogja, Magelang juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga maupun pasangan. Jika kamu memutuskan berlibur ke Magelang, beberapa tempat wisata ini bisa kamu jadikan referensi. Simak di bawah ini ya untuk mengetahuinya.

1. Gardu Pandang Silancur

Tempat wisata Magelang satu ini menyuguhkan panorama alam yang mempesona berlatar kota Magelang yang seolah berada di balik awan. Menarik, kan? Selain itu, kawasan ini juga menawarkan beberapa gardu pandang dengan tema dan ketinggian berbeda yang bisa kamu jadikan spot foto keren.

Tarif masuk ke Gardu Pandang Silancur juga sangat bersahabat yakni sekitar Rp. 5 ribu saja per orang. Setelah puas berfoto, kamu juga bisa mengunjungi kebun bunga yang indah di dekat loket masuk.

2. OHD Museum

OHD Museum © Diadona

Museum unik satu ini berlokasi di tengah kota Magelang tepatnya terletak di dua lokasi yakni yang pertama berada di Jl. Pangeran Diponegoro no 74 dan lainnya Jl. Jenggolo no 14. Nama OHD sendiri berasal dari singkatan sang pemilik yakni Oei Hang Djien. OHD museum sendiri memiliki lebih dari 2000 koleksi karya seni. Diantaranya seperti lukisan, seni instalasi, patung maupun new media art.

Berapa tarif masuk memasuki museum ini? Untuk biayanya, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 50 ribu untuk dewasa dan Rp. 25 ribu untuk pelajar bagi wisatawan lokal, sedangkan bagi wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp. 100 ribu untuk dewasa dan Rp. 50 ribu untuk pelajar.

3. Bukit Rhema dan Gereja Ayam

Jika kamu pernah menonton AADC 2 pasti sudah nggak asing lagi dengan gereja berbentuk mirip ayam ini. Gereja ayam sendiri berlokasi di atas Bukit Rhema dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Magelang. Gereja ini terdiri dari beberapa lantai dan salah satu spot terbaiknya yakni puncaknya yang berbentuk seperti mahkota. Kamu bisa meilhat keindahan panorama pegunungan dari puncak gereja ayam.

4. Sendang Maren

Salah satu tempat wisata Magelang yang wajib kamu kunjungi yakni Sendang Maren. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi berenang di mata air alami yang sebening kristal. Jangan lupa membawa kamera juga ya karena kamu pasti nggak ingin melewatkan berfoto di bawah air yang cantik ini. Selain airnya, udara pegunungan yang sejuk juga menjadi salah satu daya pikat dari Sendang maren.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Magelang

Wisata alam memang menjadi salah satu daya tarik dari kota Magelang. Magelang sendiri memang memiliki berbagai destinasi wisata alam yang indah. Penasaran apa saja tempatnya? Yuk, gulir terus ke bawah ya.

1. Goa Slandak

Tempat wisata Magelang satu ini mempunyai banyak hal yang seru untuk dijelajahi. Dimulai dari pintu masuk sebelum mencapai goa, kamu akan disambut dengan banyak patung berbentuk seperti landak dan gorilla raksasa. Setelah itu, di sepanjang jalan menuju goa, kamu akan disuguhi hutan pinus yang asri dan memanjakan mata.

Tak hanya itu, di salah satu tempat wisata Magelang ini juga terdapat gardu pandang berukuran mini yang bisa kamu gunakan sebagai spot foto menarik. Di samping Goa, kamu juga akan menjumpai air terjun cantik yang memang lokasinya berdampingan dengan Goa Slandak.

2. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu © Diadona

Puntuk Setumbu merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati keindahan kota Magelang dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan Candi Borobudur dari kejauhan. Panorama pegunungan hijau yang indah ditambah kabut yang biasanya menyelimuti kawasan ini akan memanjakan matamu saat berkunjung ke Puthuk Setumbu.

3. Tok Ngudal Lanang

Selain Sendang Maren, tempat wisata Magelang satu ini juga menyuguhkan keindahan mata air yang sebening kristal. Airnya pun juga terbilang dangkal, jadi relatif aman. Tak hanya itu, di Tok Ngudal Lanang juga terdapat bebatuan alami yang cantik di sekelilingnya. Tempat wisata Magelang ini berlokasi di Kecamatan Candimulyo, Magelang.

4. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan salah satu spot terbaik buat kamu yang ingin menikmati keindahan sunset atau sunrise dari ketinggian. Di salah satu tempat wisata Magelang ini, kamu akan disuguhi pemandangan indah dari tiga gunung yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Pegunungan Menoreh. Yang lebih menariknya lagi, di Puthuk Mongkrong terdapat jembatan kayu berbentuk huruf V yang menjorok keluar. Spot ini menjadi spot yang sangat cantik buat kamu yang ingin berfoto dengan latar pemandangan pegunungan yang mempesona.

3 dari 4 halaman

Hotel Wisata Magelang

Saat berwisata, pasti satu hal yang perlu dipertimbangkan yakni tentang penginapan. Di wilayah Magelang sendiri, banyak beragam hotel yang bisa kamu jadikan pilihan tempat menginap sesuai dengan budget yang kamu tentukan. Berikut ini beberapa hotel di daerah Magelang.

1. Atria Hotel Magelang

Atria Hotel Magelang ini berlokasi di daerah magelang Selatan. Hotel ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti restoran dan kolam renang. Selain itu, lokasinya juga cukup dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Taman Gunung Tidar dan juga Taman Kyai Langgeng. Untuk meenginap di hotel ini, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp. 500 ribuan.

2. Villa Borobudur Resort

Villa Borobudur Resort © Diadona

Jika kamu ingin mencari penginapan di sekitar Candi Borobudur, resort satu ini bisa menjadi pilihan. Fasilitasnya juga terbilang lengkap seperti spa dan juga kolam renang. Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitarnya yakni Candi Borobudur, Puncak Suroloyo, dan Candi Pawon. Untuk harga menginap per malamnya sendiri berada di kisaran Rp. 3-4 juta per malamnya.

3. Hotel Puri Asri

Hotel Puri Asri ini masih berada di kawasan Candi Borobudur. Nah, jika kamu mencari penginapan di sekitar candi, hotel satu ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di dekat hotel ini seperti Taman Kyai Langgeng, alun-alun Magelang, dan tentu saja Candi Borobudur. Jika kamu tertarik menginap di Hotel Puri Asri, kisaran budget yang perlu kamu siapkan yakni sekitar Rp. 900 ribu sampai dengan Rp. 3,8 jutaan tergantung dengan kamar yang kamu pilih.

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Magelang

Jika kamu belum puas dengan destinasi wisata Magelang di atas, kamu juga bisa nih menjadikan beberapa obyek wisata di bawah ini sebagai destinasimu. Ada apa saja? Yuk, gulir ke bawah untuk tahu selengkapnya.

1. Candi Selogriyo

Magelang memang memiliki beberapa candi menarik sebagai destinasi wisata, salah satunya Candi Selogriyo. Untuk mencapainya, memang kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra karena kamu harus menelusuri jalan trekking sepanjang 2 km terlebih dulu. Tapi, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan persawahan dan bukit-bukit hijau yang menawan.

Setibanya di candi ini, kamu tidak hanya disambut dengan arsitektur candi yang unik, namun juga pemandangan pegunungan di sekelilingnya yang memukau. Selain itu, udara pegunungan yang sejuk bisa kamu rasakan saat berkunjung ke salah satu tempat wisata Magelang ini.

2. Rumah Kamera

Rumah Kamera merupakan salah satu tempat wisata unik yang ada di Magelang. Rumah ini dinamai dengan Rumah Kamera karena memang bangunan luarnya sendiri berbentuk seperti kamera SLR raksasa. Tempat ini menyuguhkan berbagai karya lukis yang menarik dan indah karena memang pendiri dari tempat wisata Magelang satu ini adalah seorang pelukis. Salah satu hal yang menarik dari Rumah Kmaera yakni adanya lukisan 3 dimensi yang penuh tipuan mata. Menarik, kan?

3. Gunung Andong

Gunung Andong © Diadona

Buat kamu yang ingin mendaki gunung, gunung mungil satu ini bisa menjadi alternatif pendakian saat di Magelang. Jika kamu belum terbiasa mendaki gunung, tenang saja karena kamu juga bisa mencoba mendaki gunung Andong karena memang gunung ini tidak terlalu tinggi. Selain itu, untuk mendakinya sendiri hanya membutuhkan sekitar 2 jam saja. Meskipun tidak terlalu tinggi, gunung ini juga menawarkan pesona yang tak kalah dengan lainnya.

Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani dengan hijaunya hutan pinus, ladang bambu, kicauan burung dan juga udara pegunungan yang sejuk. Tapi, meskipun mungil kamu harus tetap hati-hati ya untuk mendakinya karena jalur pendakiannya cukup menantang.

4. Omah Pring

Sesuai namanya pring yang berarti bambu, rumah ini didesain unik dengan bambu sebagai bahan utamanya. Lokasinya sendiri berada di tepi kali Progo, tepatnya di Jl. Borobudur – Sendangsono Km. 3 Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang. Di tempat ini, kamu akan disambut dengan suasana asri alam dengan suara kicauan burung dan aliran sungai yang menentramkan.

Omah Pring menyuguhkan berbagai fasilitas menarik yang bisa kamu coba seperti belajar membatik atau rafting di Kali Progo. Jika kamu lapar, jangan khawatir karena tempat ini juga menyediakan kuliner yang bisa kamu santap sembari menikmati suasa damai.

Itulah beragam tempat wisata yang menarik di kota Magelang sekaligus dengan hotel di sekitarnya. Sudah ada rencana berkunjung ke Magelang liburan ini?

Beri Komentar