12 Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 9 April 2024 10:28
12 Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran
Karena ini adalah momen yang penting, maka pastikan telah mempersiapkannya dengan baik, ya!

Momen lebaran di mana keluarga sedang berkumpul untuk bersilaturahmi adalah momen yang pas banget untuk memperkenalkan pacar. Momen ini akan menegangkan buat semua orang, jadi persiapkan dengan sebaik mungkin, ya!

Tinggalkan kesan positif di masing-masing pihak. Di sisi orang tua, berikan pandangan bahwa pacarmu adalah sosok yang baik. Sebaliknya, buat keluargamu memiliki kesan yang menyenangkan. Untuk mempersiapkan sebaik mungkin, baca dulu deh tips memperkenalka pacar ke keluarga di hari lebaran berikut ini :

 

1 dari 6 halaman

Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran © Diadona© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Persiapkan Mental

Belum tentu apa yang kamu harapkan dan bayangkan akan sesuai sama keinginan kamu, jadi tips pertama dalam mengenalkan pacar ke keluarga di hari lebaran adalah : persiapkan mental.

Pikirkan apakah momen lebaran ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan pacar. Apakah keluargamu sudah memiliki kesan positif terhadapnya walau belum pernah bertemu, apakah keluargamu sudah tidak pernah membahas tentang mantan, dan lainnya.

Beri Tahu Masing-masing Pihak

Infokan kepada keluarga dan pasangan kalau pasangan akan berkunjung di momen lebaran ini. Jangan sampai hal besar ini dilakukan tanpa informasi sebelumnya, sebab masing-masing pihak perlu mempersiapkan diri untuk kesan pertama.

Jangan sampai kamu mengajak pacar ke rumah tanpa memberi tahu kepadanya, sehingga dia belum siap dalam banyak hal. Sebaliknya, infokan kepada keluarga bahwa kamu akan mengajak pasangan bersilaturahmi.

2 dari 6 halaman

Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran © Diadona© 2024 shutterstock.com/Queenmoonlite Studio

Pakai Pakaian Terbaik 

Meskipun ada pepatah “ Don’t Judge a Book By Its Cover” tapi perlu diingat juga bahwa secara sadar, orang lain akan menilai seseorang berdasarkan penampilan.

Nah buat first impression yang mengesankan pacar kamu ke keluarga, kenakan baju terbaik namun sesuai dengan acara dan tidak berlebihan.

Beri Tahu Obrolan yang Seharusnya Dibicarakan atau Tidak

Basa basi itu penting, tapi jangan sampai gara-gara salah basa-basi jadi menghancurkan momen penting ini ya! Beritahu pasangan dan keluarga tentang topik yang tidak boleh dibicarakan dan berpotensi menyakiti orang lain misalnya tentang skripsi, tentang kapan lulus, dan lainnya.

3 dari 6 halaman

Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran © Diadona© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Beri Pemahaman tentang Karakter Masing-masing

Selain ngasih tau apa yang nggak boleh dibicarakan masing-masing pihak, kasih ‘hint’ juga tentang karakter masing-masing. Beri tahu mereka bagaimana harus bersikap dan menghadapi mereka.

Misalnya bila orang tua kamu suka bercanda, infokan hal ini kepada pacar agar dia tidak terkejut dan menganggap semua hal yang dibicarakan orang tuamu adalah hal yang serius.

Bangun Kepercayaan Diri Pasangan

Percayalah bahwa momen pertama kali bertemu dengan keluarga pacar adalah momen yang penuh dengan ketegangan. Untuk meringankan beban kekasih, bangun kepercayaan dirinya. Beri dia ‘bekal’ untuk menghadapi keluargamu, berikan afeksi positif tentang dia dan keluarga serta bangun kepercayaan dirinya.

4 dari 6 halaman

Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran © Diadona© 2024 shutterstock.com/Gatot Adri

Bawa Hadiah

Untuk meningkatkan kesan positif dari pacar, sarankan dia untuk membawa hadiah. Tips memperkenalkan pacar ke keluarga ini bukan berarti menunjukkan bahwa hadiah adalah yang utama, melainkan saling menghargai dari kedua belah pihak. 

Di momen lebaran ini, kamu bisa menyarankan pacar untuk membawa kue kering buat keluarga. 

Jangan Biarkan dia Sendirian

Tips memperkenalkan pacar kepada keluarga di momen lebaran selanjutnya adalah jangan biarkan dia sendirian di rumahmu. Kamu yang paling tahu gimana keluarga kamu, dan kamu bisa menjadi kekuatan dia kalau kamu selalu ada di sampingnya!

Saat lebaran, mungkin akan ada banyak keluarga yang juga datang. Tapi pastikan kamu selalu mendampingi pacarmu ya! Jangan biarkan dia sendirian agar dia tak canggung dan salah tingkah.

5 dari 6 halaman

Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran © Diadona© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Bermesraan Secukupnya di Depan Keluarga

Kalian harus membatasi sikap bermesraan kalian, sebab tak semua anggota keluarga berpikir bahwa keromantisan pasangan pacaran adalah hal yang menyenangkan. Jangan sampai mereka risih dan tidak suka dengan sikap kalian, ya!

Jangan Main Handphone

Ingatkan pacar dan dirimu sendiri untuk tidak banyak menggunakan ponsel dalam momen perkenalan tersebut.  Sebab, bermain ponsel sendiri bisa dianggap tidak menghargai lawan bicara atau sedang tidak nyaman. Bila memang ada kedaruratan menggunakan ponsel di momen tersebut, jangan lupa sampaikan kepada keluarga ya!

6 dari 6 halaman

Tips Memperkenalkan Pacar ke Keluarga di Momen Lebaran © Diadona© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Kosongkan Perut, Santap Sajian yang Dihidangkan

Di momen tersebut, sangat mungkin keluarga sudah menyiapkan sajian untuk pacar. Jadi, ingatkan dia untuk mempersiapkan diri. Usahakan kalian tidak makan dulu sebelum ke  rumah sehingga kamu dan pacar bisa menyantap hidangan dengan nikmat. Menikmati sajian yang dihidangkan oleh pemilik rumah merupakan bentuk menghargai, lho!

Infokan kepada Keluarga tentang Sajian yang Akan Dihidangkan ke Pacar

Di sisi lain karena pacar akan menyantap hidangan yang keluarga sajikan, maka pastikan keluarga kamu menghadirkan makanan yang sesuai ya! Beri tahu keluarga pantangan dan alergi makanan yang dimiliki oleh kekasih dan minta mereka untuk tidak memaksa kekasih menyantap hidangan bila kekasih kamu sudah menyatakan kenyang ya!

Jangan sampai momen ini jadi penuh tekanan buat si doi karena harus makan makanan yang dilarang, tidak dia sukai atau menyantap makanan padahal sudah kenyang,

Momen memperkenalkan pasangan kepada keluarga adalah momen yang penting. Tinggalkan kesan yang baik pada masing-masing pihak ya!

Penulis : Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar