Terperangkap dalam Hubungan yang Penuh Amarah, Kenali Penyebabnya yuk!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 10 Oktober 2020 14:00
Terperangkap dalam Hubungan yang Penuh Amarah, Kenali Penyebabnya yuk!
Bagaimana cara mengendalikan amarah?

Tantangan terbesar dalam mempertahankan hubungan dengan orang yang sedang marah atau kesal adalah mencoba membuatnya berubah. Tak bisa dipungkiri, kita tentu akan merasakan bahwa hal itu terbilang sulit untuk dilakukan.

Umumnya, penyebab seseorang marah adalah karena kesal saat dan melihat diri mereka hanya sebagai reaksi terhadap dunia yang tidak adil. Kita sering merasa tersinggung dengan apa yang dianggap sebagai ketidakpekaan. Akibatnya, kita cenderung merasa diserang oleh upaya apa pun untuk menunjukkan bahwa ini 'tidak adil'.

 

1 dari 4 halaman

Ekspektasi Tinggi

Ilustrasi pasangan marahan © Diadona

Rasa marah juga disebabkan oleh standar tinggi tentang apa yang harus didapatkan dan apa yang orang lain harus lakukan untuk kita, orang yang marah dan kesal sering merasa kecewa dan tersinggung. Pada gilirannya, menyebabkan menuntut lebih banyak hak.

Kebanyakan masalah kemarahan didorong oleh kebiasaan menyalahkan keadaan emosi yang tidak nyaman pada orang lain. Kebencian atau kemarahan telah mengkondisikan diri mereka sendiri untuk menyematkan penyebab keadaan emosional mereka pada orang lain, dengan demikian menjadi tidak berdaya atas pengaturan diri.

2 dari 4 halaman

Menuntut perubahan dari pasangan, apa yang akan terjadi?

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Dalam menuntut perubahan dari pasangan, sikap emosional kita lebih penting daripada kata-kata yang kita gunakan, dan itu harus berasal dari keyakinan yang dalam bahwa dia tidak akan pulih tanpa belajar untuk mempertahankan kasih sayang. Kita harus yakin bahwa kita dan keluarga berhak mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan bertekad untuk mencapainya.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Perempuan Insecure © Diadona

Penting untuk melihat pasangan kita bukan sebagai musuh atau lawan, tetapi seseorang yang mengkhianati nilai terdalamnya dengan memperlakukan kita dengan buruk. Dekati dia dengan belas kasih, dan katakan, dengan kata-kata kita sendiri, sesuatu seperti.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan Romantis © Diadona

Hal paling tulus yang harus kita lakukan adalah bersikeras bahwa dia memperlakukan kita dengan nilai dan rasa hormat yang pantas kita dapatkan, jika kita ingin tetap menjalin hubungan. Kita adalah sosok manusiawi saat mencontohkan kasih sayang dan bersikeras agar pasangan kita melakukan hal yang sama. Semoga kita selalu diajuhkan dari segala sikap negatif kemarahan ya.

Beri Komentar