Seringkali Nggak Terdeteksi, Ini loh 8 Tanda-Tanda saat Cowok Pemalu Menyukai Kamu

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 20 Desember 2023 00:37
Seringkali Nggak Terdeteksi, Ini loh 8 Tanda-Tanda saat Cowok Pemalu Menyukai Kamu
Tanda-tandanya agak berbeda nih, mulai dari gugup saat ada di sekitar kamu, nggak mau melakukan kontak mata, terlalu sopan atau malah kadang terlalu berlebihan karena salting!

Banyak yang bilang, cowok pemalu itu sebenarnya berpotensi jadi pacar terbaik. Sebab mereka diam-diam peduli, lembut bahkan lebih sensitif daripada kebanyakan cowok lainnya.

Tapi kadangkala, sulit untuk bisa memahami tanda-tanda sebenarnya dia suka nggak sih sama kamu. Bisa dibilang mereka cukup rumit, karena mereka seolah menyembunyikan perasaannya biar nggak diketahui oleh orang lain.

Lantas, gimana sih cara mendeteksi apakah si cowok pemalu ini menyimpan perasaan sama kita atau nggak? Amy North, seorang dating coach dari Kanada mengungkapkan ciri-ciri cowok pemalu saat jatuh cinta. Simak selengkapnya di artikel berikut :

1 dari 6 halaman

Tanda Cowok Pemalu Suka sama Kamu © Diadona

1. Gugup saat Ada di Sekitar Kamu

Ini adalah salah satu tanda utama cowok pemalu suka sama kamu!

Dilihat dari jauh, mereka adalah sosok yang tenang dan cool. Tapi saat harus berhadapan berdua, mereka tiba-tiba jadi sosok yang gugup dan bahkan nggak bisa ngomong apa-apa.

Mengingat doi yang punya sifat pemalu, hal ini wajar aja, lho. Bertemu dengan orang baru aja kadang bikin kita gugup apalagi kalau ngobrol berdua sama orang yang kita naksir.

Ternyata hal semacam ini sebenarnya terjadi karena mereka takut membuat kesan yang buruk. Kalau dari point of view doi, semakin banyak bertingkah, maka semakin besar kemungkinan kamu menilai dia dengan penilaian yang buruk. Tapi tenang aja, usai berkenalan biasanya mereka bakal jadi lebih rileks sih.

2 dari 6 halaman

2. Diam-diam Melirik

Kayak lagu Alm. A. Rafiq yang bilang lirikan matamu menarik hati, cowok pemalu juga suka diam-diam melirik, nih. Perhatiin nih

Saat dia enggan menunjukkannya secara langsung, dia akan mencari cara untuk memberikan tanda untuk kamu. Nah, ketertarikan atau rasa sukanya padamu biasanya terlihat saat dia diam-diam melirik kamu. Tapi begitu ketahuan, dia pasti langsung buang muka karena malu tuh.

Kalau udah kayak gitu, sebenernya dia udah mau gerak buat ngedeketin kamu loh. Cuma yaa masih mengumpulkan keberanian deh kayaknya, tetapi kalau kamu udah nggak sabar dan menurutmu dia kelamaan buat make move, sah-sah aja lho kalau kamu yang bergerak duluan.

3. Menghindari Kontak Mata

Sebenarnya, semakin intens interaksi antara dia dan kamu, maka dia akan kesulitan membuat kontak mata. Dengan kondisi yang sedang menyukaimu, kontak mata, keintiman, dan juga kedekatan emosional akan membuat mereka makin deg-degan.

Yah, kadang emang kelihatannya aneh sih saat dia tiba-tiba buang muka pas nggak sengaja kontak mata sama kamu. Maklumin aja ya.. situasi yang nyaman, lama-kelamaan nantinya akan membuat dia jadi terbiasa menatap matamu kok. 

3 dari 6 halaman

Tanda Cowok Pemalu Suka sama Kamu © Diadona

4. Lebih Suka Chatting Ketimbang Ngobrol Langsung

Bisa dibilang ini adalah trik PDKT yang klasik. Saat ngobrol secara langsung, mereka cenderung gugup dan nggak bisa berkata apa-apa. Oleh karena itu, mereka mencari media sebagai perantara biar nggak harus berhadapan langsung sama kamu.

Contohnya lewat chatting, mereka punya lebih banyak waktu untuk memikirkan obrolan apa yang bisa dibahas. Lewat chatting mereka juga nggak perlu menunjukkan body language yang bikin kamu sadar kalau dia gugup, ‘kan? Lagipula, kalau dia bisa gerak duluan buat ngehubungi kamu, kayaknya ini udah bisa dianggap sebagai kemajuan deh.

Jadi kalau misalnya ada seorang cowok yang nampak suka sama kamu di chat doang tapi aslinya cool dan tenang, mungkin karena dia pemalu?

4 dari 6 halaman

Ilustrasi PDKT © Diadona

5. Nggak Membicarakan Cewek Lain

Kalau ada penghargaan best softboy of the year, kayaknya cowok pemalu bakal menang terus. Cowok pemalu biasanya punya fokus tunggal. Jadi saat dia menyukaimu, kayaknya dia nggak bakal lirik-lirik cewek lain deh. Jangankan kepikiran buat lirik cewek lain, cara mendekati kamu aja masih jadi PR besar buat doi. 

Dia akan menghindari pembicaraan tentang cewek lain. Karena dia pasti cuma fokus untuk mengambil perhatianmu. Selain itu, selama ngobrol bisa aja doi nggak bercerita tentang dirinya sama sekali, soalnya doi kepo banget sama kehidupan kamu.

Nggak cuma kepo, dia mikirnya sih, siapa tahu dengan mendengar cerita kamu bisa memberikan bahan buat melakukan PDKT ke kamu, hihi.

5 dari 6 halaman

Tanda Cowok Pemalu Suka sama Kamu © Diadona

6. Diam saat Kamu Ada di Sekitar Dia

Dasarnya doi udah pemalu, eh, kamu tiba-tiba dateng terus nimbrung obrolan dia sama temannya, doi auto kicep!

Padahal, sebelum kamu dateng, dia ngobrol dengan excited sama temannya, lho. Tenang, kamu bukan pengganggu, kok. Perhatiin aja karean itu bisa jadi merupakan tanda cowok pemalu suka sama kamu. Doi cuma nggak mau bikin kamu mikir kalau cerita dia absurd dan berimbas kamu jadi ilfeel sama dia. 

7. Kadang Berlebihan

Tanpa disadari karena terlalu malu, kadang cara dia ngedeketin kamu bisa berlebihan. Kalau doi merespon ceritamu dengan heboh atau bikin jokes cringe, jangan berpikir kalau dia freak. Bisa aja itu merupakan tanda dia yang pemalu lagi naksir kamu.

Emang sih, kalau berlebihan jatuhnya nggak baik dan bikin orang ilfeel. Walaupun begitu, coba lihat sisi positifnya, lebih baik mencoba meskipun berlebihan daripada nggak melakukan apa-apa, ‘kan?

6 dari 6 halaman

Tanda Cowok Pemalu Suka sama Kamu © Diadona

8. Sopan sama Kamu

Eits, sopan memang etika dasar dalam berkehidupan, tetapi, aneh nggak sih kalau ada teman yang ‘terlalu sopan’ ke kamu. Saking sopannya, sampai-sampai kamu jadi awkward kalau sama dia karena bingung untuk bertingkah.

Nah, cowok pemalu biasanya nggak terlalu mengerti cara PDKT via menggoda, mereka tahunya mendekati dengan cara yang baik dan lembut. Sesimple dengan membukakan pintu ketika kamu berjalan bersama atau membantu menarik kursimu saat kamu akan duduk aja sebenarnya pertanda dari mereka, lho.

Nah itu loh tanda-tanda saat cowok pemalu jatuh cinta. Meski terkesan kaku, tapi diam-diam ngegemesin kan?

Penulis : Olivia, Alvita Maharani

Beri Komentar