Sering Dianggap Wajar, 6 Perilaku ini Justru Ciri-Ciri Toxic Relationship loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 23 Januari 2021 09:15
Sering Dianggap Wajar, 6 Perilaku ini Justru Ciri-Ciri Toxic Relationship loh!
Coba introspeksi deh..

Toxic relationship adalah suatu kondisi di mana kamu atau pasangan lebih banyak merasakan kesengsaraan daripada kebahagiaan dalam hubungan. Saat ini toxic relationship semakin banyak terjadi, namun seringkali malah nggak terdeteksi.

Melansir dari YourTango, ternyata ada beberapa perilaku yang wajar dilakukan tapi justru merupakan pertanda toxic relationship. Kira-kira apa aja, simak selengkapnya ya..

1 dari 7 halaman

1. Mengharapkan pasangan bisa membaca pikiran

Ilustrasi Toxic Relationship © Diadona

Ciri yang pertama yakni manakala kamu dan dia sama-sama berharap jika pasangan bisa membaca pikiran. Kalian merasa bahwa 'bisa membaca pikiran' pihak lain adalah bukti cinta dan kasih sayang.

Kelakuan semacam ini nggak ada gunanya loh, karena pada kenyataannya nggak ada orang yang bisa membaca pikiran orang lain. Hal semacam ini justru akan membuat hubungan kalian jauh dari keterbukaan dan kejujuran.

2 dari 7 halaman

2. Selalu mengingat-ingat kesalahan pasangan

Setiap manusia pasti nggak luput dari yang namanya kesalahan, yang perlu dilakukan adalah berdamai dengan hal tersebut dan terus melangkah ke depan. Jika kamu atau pasangan terus menyimpan dendam bahkan menggunakannya untuk menyalahkan pihak lain, maka hubungan yang kalian jalani nggak akan mengalami kemajuan.

Energi buruk hanya akan membuat kalian terus menerus tersakiti satu sama lain. Dan pada akhirnya, hubungan tersebut akan terus memiliki beban secara emosional bahkan bisa berakhir sia-sia di tengah jalan.

3 dari 7 halaman

3. Menyelesaikan masalah dengan memberi hadiah

Ilustrasi Memberi Hadiah pada Pasangan © Diadona

Penyelesaian masalah adalah membicarakannya secara terbuka dan jujur, sembari mencari jalan keluar. Memberikan hal lain seperti hadiah, justru menutup suatu permasalahan tanpa adanya penyelesaian.

Hal itu hanya akan menimbulkan kesenangan sementara, dan membuat permasalahan jadi mengambang begitu saja. Dan bukan nggak mungkin, permasalahan ini akan kembali muncul di kemudian hari.

4 dari 7 halaman

4. Cemburu berlebihan

Kecemburuan memang sah-sah aja dalam hubungan. Banyak juga yang menyebut jika cemburu adalah tanda cinta. Tapi apa jadinya jika cemburu itu justru meluap secara berlebihan?

Kecemburuan secara berlebih hanya akan menimbulkan banyak drama yang nggak perlu. Lebih parahnya lagi, hal itu juga bisa membuat mengikis rasa percaya pada pasangan.

5 dari 7 halaman

5. Terlalu menekan secara emosional

Ilustrasi Toxic Relationship © Diadona

Ciri kelima jika hubungan termasuk dalam toxic relationship adalah saat salah satu pihak sedang mengalami permasalahan, tapi justru melampiaskan pada pihak lainnya. Pelampiasan tersebut biasanya berupa ancaman terhadap komitmen dalam hubungan.

Biasanya akan muncul drama-drama tidak penting yang disertai ancaman untuk mengakhiri hubungan. Jika dibiarkan terus menerus, tentunya hubungan bisa benar-benar kandas kan?

6 dari 7 halaman

6. Seringkali menyalahkan pasangan

Yang satu ini agaknya sering terjadi di sekitar kita, yakni dengan mudah menyalahkan pasangan. Apalagi dengan kondisi yang melelahkan, menyalahkan pasangan adalah suatu hal yang paling mudah dilakukan.

Tapi ketahuilah Girls, perilaku ini adalah bentuk keegoisan sebagai pasangan. Tentu kamu nggak mau diperlakukan seperti ini kan?

7 dari 7 halaman

Well, toxic relationship kadangkala bisa terjadi begitu saja tanpa kita disadari. Itulah sebabnya kamu dan pasangan harus benar-benar waspada dan peduli pada hubungan kalian. Jika ada sesuatu yang dirasa kurang tepat, segera komunikasikan dan cari jalan keluar ya!

Beri Komentar