Mau Lamaran? Ini Seserahan yang Nggak Boleh Ketinggalan!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 11 Februari 2020 12:12
Mau Lamaran? Ini Seserahan yang Nggak Boleh Ketinggalan!
Cek-cek dulu, mana tau ada yang kurang..

Belakangan ini banyak pasangan selebriti yang diketahui usai menggelar lamaran, salah satunya yakni pasangan Immanuel Caesar Hito dan Felicia Angelista. Saat lamaran, calon pengantin pria biasanya akan membawa seserahan pada pihak calon pengantin wanita.

Seserahan merupakan simbol kesanggupan laki-lai untuk menafkahi perempuan yang akan dinikahinya. Barang-barang yang dihantarkan pun bukan sembarangan, karena memiliki makna dan doa bagi kesejahteraan calon mempelai di masa mendatang.

Belakangan ini diketahui bahwa calon pengantin perempuan diperbolehkan meminta dan memilih benda-benda yang nantinya akan dihantarkan. Tapi sebenarnya, ada beberapa barang wajib yang nggak boleh terlupakan dalam paket seserahan tersebut. Yuk simak selengkapnya!

1 dari 6 halaman

Perlengkapan Ibadah

Ilustrasi Seserahan Lamaran © Diadona

Yang terutama yakni perlengkapan ibadah. Bagi pasangan muslim, Al-Quran, mukena, sajadah, dan tasbih nggak boleh ketinggalan lho. Hal ini melambangkan supaya pernikahan itu nantinya harus bertumpu pada ajaran agama.

2 dari 6 halaman

Pakaian

Ilustrasi Seserahan Lamaran © Diadona

Biasanya calon pengantin laki-laki tak lupa memberikan pakaian bagi calon pengantin perempuan. Pakaian ini bisa jadi pakaian kerja, pakaian tidur atau bahkan pakaian dalam. Pemberian pakaian tidur (lingerie) dan pakaian dalam melambangkan pada keintiman hubungan rumah tangga yang akan dijalani bersama.

3 dari 6 halaman

Perlengkapan Makeup

Ilustrasi Seserahan Lamaran © Diadona

Rupanya, perlangkapan makeup menjadi item wajib yang nggak boleh ketinggalan. Pemilihan jenis makeup pun sebaiknya dilakukan oleh pihak perempuan, agar tidak terbeli dengan sia-sia. Pemberian makeup dan skincare ternyata dimaksudkan agar calon pengantin perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di depan pasangan.

4 dari 6 halaman

Perlengkapan Pesta

Ilustrasi Seserahan Lamaran © Diadona

Perlengkapan pesta yang diberikan pada pengantin perempuan biasanya cukup beragam, menyesuaikan dengan adat pernikahan yang diusung. Yang cukup sering dijumpai biasanya adalah pemberian tas, sepatu, atau bahkan jam tangan. Yang sedikit khusus, biasanya pemberian kebaya dan kain jarik, atau ada juga yang memberikan ulos.

5 dari 6 halaman

Perhiasan

Ilustrasi Seserahan Lamaran © Diadona

Pemberian perhiasan pun juga masih umum diberikan. Pemberian perhiasan pada calon pengantin perempuan melambangkan pada sinar dan pengharapkan. Hal ini bertujuan agar sang istri kelak akan menjadi sosok yang bersinar dan memperindah keluarga. Pemberian perhiasan biasanya memerlukan diskusi dari kedua belah pihak agar tak memberatkan.

6 dari 6 halaman

Makanan dan Buah-buahan

Ilustrasi Seserahan Lamaran © Diadona

Seserahan berupa makanan dan buah-buahan rupanya menjadi pelengkap. Pemberian makanan biasanya didasarkan pada daerah asal calon pengantin pria. Pemberian hantaran ini cukup bervariasi, seperti makanan berbahan ketan (agar rumah tangganya tidak mengalami perpecahan), roti buaya, juga buah-buahan manis (agar rumah tangganya senantiasa manis).


Gimana, apa masih ada yang perlu ditambahkan? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar