Jangan Bosen Ngomong I Love You ke Pasangan Walau Sudah Lama Berhubungan

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 6 Mei 2020 19:40
Jangan Bosen Ngomong I Love You ke Pasangan Walau Sudah Lama Berhubungan
Pasangan yang sudah lama berhubungan biasanya sudah jarang saling bilang i love you, padahal manfaatnya banyak banget!

Dari fase PDKT, pacaran, sampai menikah, masa-masa awal hubungan sering jadi masa paling romantis. Seiring berjalan waktu, nggak jarang kadar romantisnya turun.

Sebuah survei menunjukkan bahwa separuh responden yang sudah berpasangan selama 2-5 tahun mengucapkan 'I love you' hampir setiap hari. Namun saat mencapai 10 tahun masa hubungan atau lebih, intensitasnya menurun sampai 33% dan akan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Sebenernya seberapa penting sih bilang 'I love you' ke pasangan? Dilansir dari brightside.me, berikut ulsannya.

1 dari 4 halaman

Hubungan antar manusia, dalam hal ini pasangan, membutuhkan banyak curahan emosional. Menunjukkan kasih sayang pun bisa dengan berbagai cara. Sesederhana menyampaikan rasa senangmu atas kehadiran pasangan sudah sangat cukup.

Kata 'I love you' atau 'aku sayang kamu' disinyalir punya peran tersebut. Seorang psikolog bernama Lisa Arango percaya bahwa mengatakan 'I love you' adalah oksigen bagi suatu hubungan.

" Mengatakan pada pasangan kalau kamu menyayanginya menjaga hubungan tetap hidup," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Menyampaikan rasa sayang juga bisa menjadi tanda bahwa kamu adalah tempat teraman untuk pasangan bersandar. Dengan begitu, pasangan akan percata untuk menyampaikan segala keluh kesah dan memenuhi segala kebutuhan emosionalnya.

" Ungkapan sayang menunjukkan adanya keterikatan emosional," terang Arango.

3 dari 4 halaman

Nggak cuma dari sisi emosional, bahkan dari sisi jasmani pun ikut terpengaruh dengan ungkapan sayang tersebut. Kory Floyd, seorang profesor spesialis komunikasi manusia pecaya bahwa menunjukkan rasa cinta dalam wujud apapun dapat mempengaruhi kesehatanmu.

" Bayangkan pulang ke rumah setelah hari yang sangat berat dan bertemu dengan orang yang menyayangimu. Mungkin itu nggak akan mengubah hari yang sudah terlewati, tapi itu dapat mengubah perasaanmu saat itu. Rasa stres rasanya langsung hilang begitu saja," tutur Floyd.

" Hal tersebut berkaitan erat dengan produksi hormon oksitosin yang membantu kita untuk mengatasi stres dan membuatnya lebih baik."

4 dari 4 halaman

Yang jelas, ungkapan kasih sayang akan membuatmu lebih bahagia, baik saat kamu sebagai si penyampai ataupun penerima.

Mendengar orang yang kamu sayang menyayangimu membuatmu bahagia, pun begitu menyampaikan rasa sayangmu. Nggak bakal ada penyesalan deh.

Beri Komentar