Girlfriend Day Diperingati Setiap 1 Agustus, Gimana sih Sejarah Awalnya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 28 Juli 2022 11:35
Girlfriend Day Diperingati Setiap 1 Agustus, Gimana sih Sejarah Awalnya?
Diperingati untuk hubungan pertemanan atau percintaan?

Girlfriend Day baru-baru ini menjadi trending di laman pencarian Google. Banyak netizen penasaran dengan konsep peringatan yang satu ini, untuk itu mari kita bahas selengkapnya.

Berbeda dengan konsep Valentine Day, Girlfriend Day justru merujuk pada teman perempuan. Melansir dari Day of The Year, Girlfriend Day sebenarnya bukan berupa keterikatan romantis, tetapi pertemuan yang bersifat ramah dan relaksasi.

1 dari 4 halaman

Sejarah Girlfriend Day

Ilustrasi Girlfriend DayIlustrasi Girlfriend Day © shutterstock.com/g/

Girlfriend Day sendiri didasari pemikiran bahwa setidaknya kita memiliki teman yang dikenal dengan baik. Dengan teman inilah kita memiliki ikatan kasih sayang yang ada timbal baliknya. Hubungan ini mengarah pada ikatan yang akrab dan dekat, bisa dibilang seperti sahabat karib.

Suatu ketika, tanggal 1 Agustus 2004, seorang perempuan bernama Susan membuat hari khusus hanya untuk teman-teman perempuannya. Di tanggal tersebut, Susan dan teman-temannya mengungkap rasa terima kasih satu sama lain. Alhasil, momen Girlfriend Day sering dimanfatkan untuk menghabiskan waktu bersama teman perempuan.

2 dari 4 halaman

Garis waktu Girlfriend Day

Ilustrasi PersahabatanIlustrasi Persahabatan © shutterstock.com/id/g/lookstudio

Tahun 1863, istilah Girlfriend mulai digunakan. Di titik ini, istilah Girlfriend digunakan untuk menggambarkan teman masa kecil (berupa seorang perempuan), namun terus mengalami perubahan seiring waktu.

Di tahun 1920-an, istilah Girlfriend dipakai untuk sesuatu yang romantis. Di momen ini, istilah Girlfriend menggambarkan sesorang wanita yang berada atau menjalin hubungan romantis.

3 dari 4 halaman

Sebuah film bertajuk Girlfriends dirilis pada tahun 1978. Setelah 30 tahun berselang, film ini dipilih menjadi bagian dari Pendaftaran film Nasional AS oleh Perpustakaan Kongres karena Signifikansi budayanya.

Kemudian, tahun 2002 buku Girlfriends' Getaway diterbitkan. Buku ini ditulis oleh Elizabeth Butterfield dan Kathleen Laing dengan tujuan untuk mendorong para wanita untuk berkumpul dan menjadi 'gadis' lagi.

Tahun 2004, barulah adalah perayaan Girlfriend Day untuk pertama kalinya. Nyonya Susan mencetuskan hari ini, dengan tujuan menciptakan hari bagi wanita untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada teman-teman wanita dalam hidup mereka.

4 dari 4 halaman

Cara merayakan Girlfriend Day

Ilustrasi PersahabatanIlustrasi Persahabatan © freepik.com/tirachardz

Sebenarnya, nggak ada peraturan khusus mengenai bagaimana cara merayakan Girlfriend Day, mengingat hari tersebut bukanlah hari libur. Secara umum, Girlfriend Day diperingati dengan momen untuk berkumpul bersama teman-teman perempuan.

Momen ini erat kaitannya dengan persahabatan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk quality time dengan orang-orang terdekat. Jangan lupa untuk menyampaikan terima kasih atas keberadaan mereka di hidupmu yaa~

Beri Komentar