5 Hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Merasa Cemburu dengan Sahabat

Reporter : Yoyok
Senin, 28 Desember 2020 17:50
5 Hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Merasa Cemburu dengan Sahabat
Biar kalian gak musuhan terus girls

Sering kali kamu bakal merasa bahagia jika teman atau sahabat kamu mendapatkan kabar menyenangkan. Contohnya seperti naik jabatan, memiliki anak, dan berbagai hal bahagia lainnya.

Dibalik hatimu yang senang, biasanya ada perasaan cemburu yang tersirat dan kamu rasakan. Kamu pasti akan berpikir seandainya yang berada di posisi sahabatmu saat itu adalah kamu sendiri.

Walaupun terjadi secara alami, perasaan cemburu terhadap sahabat bisa memperumit pertemanan kamu lho. Maka dari itu, dikutip dari Womantalk, terapis bernama Vernessa Roberts, Psy.D. mengatakan kamu perlu melakukan lima hal ini saat merasakan perasaan cemburu kepada sahabat. Tentu saja hal-hal ini dilakukan untuk mengelola emosi kamu.

1 dari 6 halaman

Akui Perasaan Cemburu dengan Diri Sendiri

ilustrasi sahabat © Diadona

Kamu tidak perlu mengatakan atau mengungkapkan perasaan cemburumu kepada sahabat. Katakan rasa cemburumu itu kepada diri sendiri.

Menyangkal adanya perasaan cemburu tersebut malah akan memeperkeruh perasaanmu dan akan semakin buruk. Tentu saja hal ini sangat tidak baik untuk persahabatan kamu.

2 dari 6 halaman

Tanya Kepada Diri Sendiri Kenapa Kamu Cemburu

Perasaan merupakan bentuk informasi yang dapat dicerna. Bahkan, pepatah mengatakan kalau perasaan tidak pernah bohong itu benar adanya lho.

Perasaan merupakan cerminan dari diri seseorang. Hal ini juga meliputi keinginan dan aspirasi orang tersebut. Jadi, pahami dan cari tahu dulu apa yang membuat kamu cemburu baik yang kamu sadari maupun yang tidak.

3 dari 6 halaman

Ingatlah Persahabatanmu yang Berharga

Ilustrasi Sahabat © Diadona

Saat merasakan sebuah emosi, kita cenderung untuk fokus dengan perasaan emosi tersebut. Seperti halnya cemburu, kita pasti akan menyingkirkan emosi lainnya.

Maka dari itu, saat kamu merasapakn perasaan cemburu kepada sahabat, ingatlah betapa berharganya persahabatan kamu dengan dia. Apakah kamu rela persahabatan kamu hancur karena perasaan cemburumu itu?

4 dari 6 halaman

Jangan Membencinya

Jika kamu cemburu dengan sahabat, ada beberapa sikap baik sadar mauapun tidak yang akan kamu lakukan. Contohnya seperti menghindarinya, mengganti topik kabar baik sahabatmu, atau malah bertengka dengannya.

Hindari sikap-sikap berikut karena dapat dengan mudah merusak persahabatan dan jadi membuat kamu tidak nyaman.

5 dari 6 halaman

Meditasi

Ilustrasi Meditasi © Diadona

Jika semua cara diatas telah kamu lakukan dan hasilnya sama saja, mungkin meditasi bisa menjadi jawabannya. Meditasi dapat membuat kamu menenangkan pikiran.

Mungkin bagi kamu yang jarang atau tidak pernah melakukannya, meditasi di awal-awal akan terasa aneh. Namun, seiring kamu melakukannya, meditasi dapat membuat perasaan cemburu yang kamu rasakan jadi tidak penting lagi, karena pikiran sudah tenang.

Gak cuma mengatasi emosi cemburu, meditasi juga bisa mengatasi perasaan menyesakkan lainnya lho.

Beri Komentar