Dihantam Masalah dari Berbagai Arah Emang Bikin Down Parah, 6 Ritual ini Bisa Jadi Penolongmu!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Agustus 2020 12:37
Dihantam Masalah dari Berbagai Arah Emang Bikin Down Parah, 6 Ritual ini Bisa Jadi Penolongmu!
Semua kana indah pada waktunya.

Setiap orang tentu pernah mengalami masa sulit dengan datangnya berbagai masalah pelik dalam kehidupan. Rasa gundah karena pekerjaan yang menumpuk, dibarengi dengan deadline revisi skripsi, ditambah lagi akan peliknya hubungan asmara dengan sang doi. Haduh kacau banget hidup ini!

Eits! tunggu dulu, jangan keburu berkeluh kesah ya Girls. Boleh kok bersedih, tapi jangan lama-lama. Kamu harus mengumpulkan energi untuk bisa survive menggapai impian dan kebahagiaanmu. Nah, berikut ini beberapa trik jitu serta ritual yang bisa bikin kamu 'feeling good' dan gak nge-down lagi. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Membersihkan Kamar

Membersihkan Kamar © Diadona

Ada yang bilang kalau 'Kamarmu adalah wujud dari perasaanmu'. Ternyata, merapikan kamar bisa jadi bentuk alternatif dari meditasi. Sama seperti meditasi yang berfungsi menenangkan pikiran, membersihkan kamar juga memberikan dampak yang sama bahkan lebih dari itu.

Saat membersihkan kamar, secara tidak langsung perlu menemukan kembali apa aktivitas yang ingin kita lakukan. Dalam prosesnya, kita jadi memikirkan apa yang penting bagi diri kita dan bagaimana kita ingin meraihnya.

2 dari 6 halaman

2. Curcol sama Orang yang Dipercaya

Curcol sama Orang yang Dipercaya © Diadona

Tak bisa dipungkirir, saat-saat lagi nge-down memang butuh pelampiasan walau hanya sekedar ingin didengarkan. Sahabat dan orangtua bisa menjadi pihak yang mampu menerima keluh kesahmu.

Bilang kepada mereka bahwa kamu saat ini hanya perlu sosok yang mau mendengarkan saja. Alih-alih hanya mendengarkan, kamu juga bisa mendapatkan beberapa saran dan jalan alternatif menghadapi masalah pelik yang sedang kamu hadapi saat ini.

3 dari 6 halaman

3. Baca Komik Komedi

Baca Komik Komedi © Diadona

Jangan remehkan kekuatan dari tertawa! Ketika tertawa, kamu jadi melepaskan ketegangan. Selain itu, tubuhmu juga melepaskan hormon endorfin yang dapat memerangi efek stress. Salah satu cara untuk tertawa secara instan adalah dengan membaca komik komedi untuk membuat pembacanya tertawa dengan punchline yang ajib.

4 dari 6 halaman

4. Nonton Film dengan Vibe 'Fells Good'

Nonton Film dengan Vibe 'Fells Good' © Diadona

Untuk dapat bersemangat dan menghadapi hari esok dengan percaya diri, kamu perlu memiliki pandangan positif pula akan masa depan. Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonton film " feels good" , film-film dimana karakternya mengalami kesulitan, mampu melampauinya, dan mendapat akhir baik.

5 dari 6 halaman

5. Dengerin Lagu Bersemangat

Dengerin Lagu Bersemangat © Diadona

Bukan berarti kamu tidak boleh mendengarkan lagu sedih, namun sebaiknya kamu menghindari lagu-lagu melow dulu ya. Coba deh dengarkan lagu yang dapat membuat kamu merasa bersemangat.

Kmau bisa mendengarkan lagu yang ceria, mungkin lagu komedik, mungkin juga lagu yang mampu mengingatkanmu akan memori bahagia. Apapun itu, kamu dapat mendengarkan lagu-lagu yang menyenangkan bagimu ketika lagi " down" .

6 dari 6 halaman

6. Aktivitas Fisik

Aktivitas Fisik © Diadona

Percaya atau gak, salah satu sebab orang-orang merasa " down" adalah karena terlalu banyak merenungkan hal-hal negatif. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal itu adalah dengan melakukan aktivitas fisik.

Cobalah berjalan-jalan di lingkungan sekitar tempat tinggal, berolahraga, ataupun aktivitas hobi lainnya. Intinya, apapun yang dapat membuatmu fokus pada aktivitas fisik, biar pikiranmu nggak melayang ke tempat-tempat aneh, apalagi emmbayangkan yang enggak-enggak.

Nah, itulah beberapa ritual penolong saat kamu lagi merasa banyak beban hingga merasa down. Semoga segala permasalahanmu cepat usai dan kembali ke rutinitas yang menyenangkan lagi. Tetap semangat!

Beri Komentar