6 Aturan yang Bikin Hidup Lebih Bahagia Setiap Hari

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 20 November 2023 12:23
6 Aturan yang Bikin Hidup Lebih Bahagia Setiap Hari
Mulai dengan sayangi diri sendiri, maafkan kesalahan kamu dan jangan terlalu pikirin apa kata orang

Hidup di dunia berjalan sangat kompleks dan serba cepat. Nggak jarang beberapa prosesnya bikin kita kewalahan. Akibatnya kita justru membuat keadaan semakin rumit. 

Disanalah kebahagiaan berperan penting pada kehidupan kita. Dalam dunia yang penuh tekanan dan perubahan, kebahagiaan adalah anugerah yang membantu kita menjalin kehidupan dengan lebih bermakna.

Sayangnya, kita masih sering menganggap kebahagiaan datang dari hal-hal besar atau pencapaian yang luar biasa. Padahal sebaliknya, kebahagiaan seringkali datang melalui hal kecil dan kebiasaan positif sehari-hari.

Kira-kira hal apa yang bisa bikin hidup lebih bahagia setiap hari? Berikut adalah 6 aturan yang harus kamu terapkan!

 

1 dari 3 halaman

Aturan yang Bikin Hidup Lebih Bahagia © Diadona

Cintai Dirimu Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah fondasi terkuat untuk hidup yang lebih bahagia. Ini adalah bentuk penghargaan tertinggi yang bisa kamu berikan ke dirimu untuk hidup dengan baik dikemudian hari. 

Kamu bisa mulai mencintai dirimu sendiri dengan merawat diri dan meningkatkan kemampuanmu untuk dirimu. Lakukan hal yang kamu suka dan hargai setiap pendapat dan keputusan yang kamu buat.

Kamu juga bisa memaafkan semua kesalahan yang kamu buat di masa lalu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan begitu, kamu akan menjalani hari dengan bahagia tanpa beban dan pikiran untuk orang lain!

Fokus Pada Hari Ini

Penting untuk punya rencana dan tujuan di masa depan, tapi nggak usah terlalu khawatir. Kekhawatiranmu justru bikin kamu kehilangan momen dan kesempatan yang mungkin kamu dapatkan saat ini.

Hiduplah di hari ini dengan penuh kesadaran dan nikmatin perjalanan kamu menuju masa depan dengan santai tapi terarah!

2 dari 3 halaman

Aturan yang Bikin Hidup Lebih Bahagia © Diadona

Jangan Pikirin Kata Orang Lain

Buang jauh-jauh kata-kata buruk orang lain tentang kamu! Satu-satunya orang yang mengerti dirimu adalah kamu, jangan biarkan seseorang merubah pandangan kamu tentang dirimu yang semula. 

Salah satu hal yang bikin kamu lebih bahagia adalah kamu nggak harus selalu nurutin ekspektasi orang lain terhadap kamu kok. Jadi, buat apa mikirin kata-kata orang lain yang nggak ada artinya dihidup kita?

Duniamu Adalah Milik Kamu

You own your own world, Diazens! Jangan berikan orang lain kesempatan untuk merusak kebahagiaan dihidup kamu. Fokus pada hal-hal baik dihidupmu yang bisa kamu lakukan. Jangan bergantung pada siapapun kecuali dirimu sendiril. Dengan begitu, kamu akan menemukan kebahagiaan kamu sendiri deh!

3 dari 3 halaman

Aturan Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia © Diadona

Be Kind, Not Nice!

Menunjukkan kebaikan terhadap orang lain harus didasari oleh hati yang ikhlas. Inget ya, harus ikhlas! Inilah perbedaan ‘kind’ dan ‘nice’. Saat ingin bersikap baik, lakukan dengan hati yang ikhlas tanpa meminta balasan. Percaya deh, kebaikan yang kamu lakukan akan semakin terasa menyenangkan!

Minta Maaf dan Memaafkan

Ini adalah aturan terakhir yang harus kamu lakukan. Kebahagiaan datang dari hati. Sebaik apapun orang lain terhadap kamu, nggak bisa menjamin kebahagiaanmu jika kamu masih menyimpan dendam dalam hati kamu. Meminta maaf dan memaafkan orang lain nggak berat kok, Diazens…

Jika ada yang berbuat salah terhadap kamu, cukup berikan dia pengertian dan maafkan, begitu pula sebaliknya. Dengan hati yang ikhlas tanpa beban, kebahagiaan akan datang dari hal-hal kecil yang nggak kamu bayangkan!

Nggak perlu mewah dan mahal, kebahagiaan bisa datang dari dirimu sendiri.

Kebahagiaan adalah kunci kehidupan yang diidambakan semua orang. Namun, ternyata kebahagiaan justru datang dari hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, seperti memiliki prinsip hidup yang baik. Jadi, jangan lupa bahagia ya Diazens!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar