Arti Baper, Penggunaan dan Deretan Arti Kata-Kata Gaul Lainnya, Jangan Sampai Salah Pakai ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 1 Juli 2021 22:11
Arti Baper, Penggunaan dan Deretan Arti Kata-Kata Gaul Lainnya, Jangan Sampai Salah Pakai ya!
Arti baper kerap bernada negatif karena seolah menunjuk seseorang yang dinilai terlalu sensitif terhadap apa yang dikatakan dan dilakukan orang lain.

Kamu sedang mencari tahu apa arti baper? Apakah seseorang baru saja mengatakan kata itu ke kamu atau kamu baru saja membacanya di suatu artikel?

Baper adalah salah satu kata gaul yang kerap digunakan oleh anak muda jaman sekarang untuk berinteraksi di kehidupan sehari-hari. Selain baper, ada jug akata 'mager','gabut', 'kepo', 'sotoy', dan masih banyak lagi. Tak memahami artinya bisa jadi membuat penggunannya jadi tak sesuai. Ujung-ujungnya terjadi masalah komunikasih deh.

Lalu kira-kira apa sih arti baper itu?

1 dari 4 halaman

Arti Baper

Arti Baper © Diadona

Baper adalah kata gaul yang merupakan singkata dari 'Bawa Perasaan'. Istilah ini merujuk pada seseorang yang memasukkan hati suatu ucapan atau tindakan orang lain.

Dan kalau ngomongin perasaan tuh bukan berarti istilah ini cuman digunakan antar pasangan, namun bisa digunakan di setiap interaksi mulai dari hubungan persaudaraan, hubungan kerja dan lainnya.

2 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Baper

Arti Baper © Diadona

Baper kerap digunakan dalam situasi di mana seseorang menganggap serius apa yang diucapkan dan dilakukan orang lain. Kata ini muncul dilatar belakangi oleh perasaan, emosi atau senstivitas seseorang. Baper kerap disamakan dengan perasaan sensitif.

Sayangnya, kata ini kerap digunakan secara tidak bijak. Kamu mungkin sering mendengar kalimat 'Ah, masak gitu doang baper?' atau 'Ya elah baper amat,'.

Pada akhirnya, arti baper jadi seolah adalah bahwa seseorang tesebut terlalu sensitif pada sesuatu hal. padahal, tentu sensitivitas orang berbeda-beda kan? Selain itu standar emosi seseorang juga berbeda.

Ada orang yang merasa bahwa sesuatu olokan atau ejekan adalah hal yang biasa, namun bisa berbeda bila diterima oleh orang lain. Terlebih ada beberapa kondisi psikologi di mana seseorang bisa sangat sensitif yakni Highly Sensitive Person (HSP) yang dikemukakan oleh Dr. Elaine Aron: The Highly Sensitive Person (1997) yaitu studi tentang sensory-processing sensitivity.

Dalam buku tersebut, HSP diartikan sebagai orang yang punay kesadaran terhadap hal-hal kecil di sekelilingnya. Akibatnya, dia jadi mudah merasa kewalahan berada di tengah lingkungan yang sangat menstimulus inderanya.

 

3 dari 4 halaman

Arti Baper © Diadona

Penggunaan kata baper bisa membuat seseorang jadi merasa tertekan, overthingking, merasa bersalah atau perasaannya jadi tak berharga.

Tapi apakah ada arti baper yang menjurus pada hal positif? Ada dong.

Dikutip dari Young on Top, individu dengan coping stress bisa menerima kata tersebut untuk introspkesi dirinya. Namun dari pada berisiko menyakiti hari seseorang dengan penggunaan dan arti kata baper, sebaiknya kamu berhati-hati dengan kata tersebut.

Ingat ya, kata-kata adalah netral tapi bila tidak digunakan dengan tidak tepat malah bisa merujuk pada hal yang negatif dan menyakitkan orang lain.

4 dari 4 halaman

Arti Baper dan Istilah Gaul Lainnya

Arti Baper © Diadona

Selain arti baper, kamu kayaknya juga perlu tahu banget dengan arti kata berikut ini agar tak salah menggunakan. Antar lain:

Mager : malas gerak.
Kata mager ini sudah masuk dalam KBBI lho yang artinya malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Mager didefinisikan sebagai suatu kondisi di mana seseorang merasa nggak mau atau nggak bersemangat melakukan aktivitas apapun.

Gabut = gaji buta
Artinya, orang yang hanya sekedar makan gaji buta karena tidak melakukan aktivitas apapun atau bingung harus melakukan apa.

Julid = iri atau dengki
Kata ini semakin populer saat Syahrini mengucapkannya untuk menyenggol para haternya. Dalam KBBI, arti kata julid adalag ri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Pansos = panjat sosial.
Pansos bisa didefinisikan sebagai usaha seseorang agar mendapatkan status sosial tertentu.

Kepo = knowing every particular object.
KBBI mengartikannya rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

Bucin = budak cinta
Singkatan ini digunakan untuk merujuk seseorang yang mau melakukan apapun demi orang yang dicintainya hingga membautnya seolah seperti budak bagi orang tersebut.

Halu = halusinasi
Kata ini menggambarkan seseorang dengan khayalan tingkat tinggi yang mustahil dicapai.

Baper adalah singkatan bawa perasaan, namun secara maksud kerap ditujukan kepada orang yang dinilai terlalu sensitif. Padahal kan kepribadian seseorangbeda-beda ya kan?

Beri Komentar