Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Masih Suka Stalking Pacarnya Mantan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 31 Desember 2019 09:06
Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Masih Suka Stalking Pacarnya Mantan
Hampir sebagian perempuan pernah stalking akun media sosial mantan dari pacarnya, atau pacar dari mantannya. Dan hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah, lho.

Jaman internet dan sosial media memudahkan kita untuk stalking seseorang tanpa dia tahu. Eh, kecuali kalau nggak sengaja kepencet tombol 'love' sih. Dan untuk sebagian orang, kegiatan itu serupa kecanduan : menyenangkan banget dan nggak dengan mudah bisa ditolak.

Dari laman elitedaily (30/12), sebanyak 85 persen pengguna sosial media berusia 18 sampai 35 tahun pasti pernah stalking dengan pacar baru mantan mereka, atau mantan dari pacar mereka. Penelitian juga menemukan kalau semakin banyak informasi yang diperoleh, mereka bakalan ngerasa makin tertekan.

 

1 dari 2 halaman

Kenapa sih Kamu Ingin Tahu Apa yang dilakukan Oleh Orang Lain?

Ilustrasi Instagram © Diadona

Kalau kamu menemukan halaman akun instagram mereka yang nggak terkunci, kamu pasti bakalan menelisik setiap foto dia. Mulai melihat-lihat pemilihan busana, pose sampai caption dia. Lalu tanpa sadar kamu mulai membandingkan dengan diri kamu sendiri dan merasa lebih baik dari dia.

Padahal, ironi dari media sosial adalah, kamu mulai merasa tahu tentang seseorang dari apa yang ingin dia tunjukkan, bukan gimana sebenarnya dia.

Kalau ternyata instagram dia terkunci, mungkin kamu nggak bakalan segan membuat akun palsu dan meminta permintaan pertemanan hanya untuk nggak ketinggalan updatenya. Sekarang coba pikir, kalau kamu malu melakukannya dengan akun kamu sendiir, berarti apa yang kamu lakukan memang memalukan, kan?

2 dari 2 halaman

Kenapa Harus Nggak Suka dengan Mantannya Pacar atau Pacarnya Mantan?

Ilustrasi Perempuan Bertengkar © Diadona

Perempuan di seluruh dunia sekarang lagi berfokus gimana menghimpun 'girls power', masak sih kamu mau membenci dia hanya karena kalian pernah menyukai laki-laki yang sama? Padahal kondisinya kalian berada di hidup pasangan kalain dalam waktu yang berbada, dan bahkan kalian nggak pernah saling berinteraksi satu sama lain.

Eh tapi sebenarnya hal ini ada fakta ilmiahnya, lho.

Pakar Perilaku Manusia Patrick Wanis berujar kalau sudah naluri seorang wanita untuk bersaing dengan sesamanya, dan ini murni naluri manusia gua. Wanita, lanjutnya, punya naluri ilmiah untuk berkembang biak, merawat keluarga dan menjaganya untuk tetap utuh. Makanya nggak heran mereka bakalan murka banget kalau melihat orang yang kita sayang bersama dengan yang lain.

Meskipun sebagian dari mereka nggak suka dengan wanita lain di hidup laki-laki yang pernah dia sayang, tapi ada juga lho yang saling akur. Itu karena mereka menyadari kalau mereka sama-sama mirip satu dengan yang lain.

Nah, kalau lain kali kamu sudah merasa menjadi bagian dari wanita-wanita yang suka stalking dengan tujuan memuaskan egomu semata, mending segera stop deh. Coba diingat kalau apa yang kamu tahu tentang dia bisa saja bukan yang sebenarnya, tapi hanya tentang apa yang ingin kamu tahu. Coba pikirkan kalau kalian mungkin saja memang mirip, karena faktanya kalian pernah menjadi pacar laki-laki yang sama.

Satu lagi, coba ingat kalau apa yang kamu pikirkan tentang orang justru mencerminkan tentang dirimu sendiri, bukan tentang dia.

Atau mungkin justru kalianlah yang pernah di-stalking oleh mantannya pacar? Cerita di kolom komentar di bawah dong!

Beri Komentar