9 Alasan Cowok Sering Ngajak Backstreet, Trus Seperti Apa Dampaknya pada Kondisi Psikologis?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 1 Februari 2024 14:51
9 Alasan Cowok Sering Ngajak Backstreet, Trus Seperti Apa Dampaknya pada Kondisi Psikologis?
Kenapa harus disembunyikan sih?

Dalam dunia asmara, kita pasti nggak asing lagi dengan istilah backstreet. Istilah ini merujuk pada hubungan asmara yang disembunyikan atau ditutup-tutupi dari orang lain.

Melansir dari Greatlove, ternyata ada beberapa alasan kenapa cowok seringkali memilih menyembunyikan hubungannya dari orang lain. Berikut ulasan selengkapnya, check this out!

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Pacaran Backstreet © Diadona

1. Hubungan Terasa Lebih Seru dan Menantang

Bagi sebagian cowok, menjalani hubungan secara sembunyi-sembunyi alias backstreet akan terasa lebih seru dan menantang. Sensasi-sensasi itu membuat hubungan pacaran justru lebih menarik untuk dijalani. Apalagi jika ada kode-kode khusus yang cuma dipahami oleh kalian, tentunya kebosanan akan jarang melanda.

2. Kalian ada di Lingkar Pertemanan yang Sama

Cinta bisa datang di mana saja, termasuk dalam lingkar-lingkar pertemanan. Bisa jadi kamu pacaran dengan teman nongkrong, teman kuliah, atau bahkan rekan kerja. Hal ini kadangkala membuat cowok-cowok lebih suka menyembunyikan status pacaran kalian, supaya nggak merusak suasana dalam lingkar pertemanan tersebut.

2 dari 7 halaman

Ilustrasi Menyukai Pacar Teman © Diadona

3. Temannya Suka sama Kamu

Berada di lingkar pergaulan yang sama memungkinkan timbulnya kondisi temannya menyukaimu atau temanmu menyukainya. Situasi ini agaknya bisa menjadi rumit karena tentunya pertemanan dan hubungan asmara sama pentingnya. Jadi kalau pacarmu memilih backstreet karena alasan ini, maklumi saja ya..

4. Nggak Mau Hubungannya Jadi Perbincangan

Bagi sebagian cowok, status asmara tergolong sebagai privasi sehingga nggak harus dibagikan pada orang lain. Mungkin mereka merasa kurang nyaman jika hubungan asmaranya dikorek-korek orang lain. Jadinya, mereka memilih backstreet aja agar hidupnya lebih tenang.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Pertemanan Pria © Diadona

5. Nggak Mau Dipermalukan saat Putus

Bukan rahasia lagi, cowok seringkali punya ego dan harga diri yang harus dijunjung tinggi. Mereka nggak mau dipermalukan jika suatu ketika hubungan asmaranya kandas di tengah jalan. Biasanya mereka akan memilih backstreet dan baru mengumumkan hubungan tersebut jika memang sudah yakin dengan komitmen yang lebih serius.

6. Masih Bisa Dekat sama Cewek Lain

Nggak semua cowok berani berkomitmen dengan 1 cewek. Apalagi jika usianya masih terlalu muda dan masih ingin bersenang-senang, biasanya dia akan mendekati banyak perempuan sampai menemukan 1 yang tepat. Jika saat ini pacarmu memilih backstreet dengan alasan yang nggak jelas, bisa jadi dia memang maish ingin dekat dengan cewek lain.

4 dari 7 halaman

Alasan Cowok Ngajak Backstreet © Diadona

7. Mantan Kamu adalah Teman Dekatnya

Coba kamu ingat lagi deh, kira-kira kamu punya sejarah panjang sama temannya nggak? Bisa aja sesimple kamu pernah dekat sama temannya aja, bikin dia ogah buat mempublikasikan hubungan kalian. Biasanya cowok bakal menyembunyikan hubungan kalian sampai dia merasa kalau hubungan kalian bakal long-lasting.

Nah, alasan ini juga biasanya diikuti dengan rasa nggak enak karena udah menjalin hubungan dengan mantan kekasih sahabatnya. Doi takut bakal dianggap pengkhianat karena punya hubungan romantis sama kamu.

8. Bikin Hidup Lebih Complicated

Sebenarnya dia mau-mau aja menunjukkan kamu ke teman-temannya, tapi beberapa hal malah bikin hidup dia semakin complicated. Misalnya nih, dia adalah atasan kamu, tentu aja ini bakal jadi complicated dan bisa berdampak ke kamu juga.

Mengingat setiap orang memiliki pendapat yang berbeda, bisa aja ada beberapa orang yang merasa doi nggak adil dan terlalu mengistimewakan kamu dalam pekerjaan. 

9. Nggak Mau Terpengaruh Orang Lain

Namanya juga manusia, pasti ada aja yang ingin ikut campur sama kehidupan orang lain. Komentar nggak penting dari orang lain kadang juga memberikan pengaruh pada objektivitas kita, lho.

Nah, bisa aja doi nggak mau mendengar omongan buruk tentang kamu dari orang terdekatnya. Selain bikin dia kepikiran, pendapat itu juga bisa bikin kamu sakit hati. Oleh karena itu, daripada kedua pihak saling tersakiti, dia memutuskan buat menyimpan hubungan kamu sampai dia udah teguh dengan pemikirannya.

5 dari 7 halaman

Alasan Cowok Ngajak Backstreet © Diadona

Dampak dari Hubungan Backstreet

Sebenarnya backstreet tuh punya sisi positif juga, tetapi kebanyakan hubungan yang dijalani secara diam-diam itu berdampak pada psikologis seseorang.

Bikin overthinking

Hubungan backstreet dikombo dengan doi yang nggak mau memberitahu alasannya, wah, klop! Klop buat jadi bahan overthinking maksudnya. Kamu yang clueless tanpa mengetahui penyebabnya, pasti bakal banyak wondering yang pada akhirnya bikin insecure!

Pemikiran yang banyak what if tuh bikin kamu berpikir yang nggak-nggak tentang diri kamu sendiri.

Emotionally Draining

Tentu aja ini merupakan salah satu dampak yang sering banget dirasakan. Menyimpan sebuah hubungan tuh nggak segampang itu. Rasa takut akan ketahuan sewaktu-waktu aja udah cukup bikin capek buat dipikirin.

Belum lagi kalian yang harus keluar secara diam-diam atau bahkan doi nggak bisa pergi dengan kamu secara leluasa karena takut terlihat oleh orang lain.

Nggak Perlu Memenuhi Ekspektasi Orang Lain

Nah, kalau yang satu ini merupakan dampak positifnya. Saat kamu menjalani backstreet, tentu saja nggak ada orang lain yang tahu selain kalian berdua. Jadi, kamu nggak perlu khawatir akan ekspektasi orang lain. Kalian bisa melakukan apapun tanpa perlu takut akan pendapat yang menghakimi dari orang lain.

6 dari 7 halaman

Alasan Cowok Ngajak Backstreet © Diadona

Bisa Putus Tanpa Harus Cerita ke Orang

Biasanya, saat hubungan kita berakhir, banyak orang bakal kepo dan tanya-tanya bagaimana hubungan tersebut usai. Kalau kamu melakukan backstreet, kamu nggak perlu menguras energimu buat menceritakan masa lalu yang bisa aja memberikan kenangan buruk buat kamu. 

Merasa Terisolasi

Selama menjalani hubungan backstreet kalian nggak bisa melakukan banyak aktivitas dengan santai. Kamu nggak bisa memberikan support buat dia secara terang-terangan.

Terlebih lagi, saat kamu nggak bisa menceritakan hal positif dalam hubungan ke orang lain, tentu saja itu bikin kamu tersiksa. Perasaan terisolasi itu muncul karena banyak hal yang harus kamu pendam sendirian.

Kurangnya Dukungan Emosional dari Orang-orang

Hubungan yang dilakukan secara diam-diam berarti kamu nggak boleh menceritakannya ke siapapun, termasuk orang terdekat kamu. Ini bakal berpengaruh terutama saat kamu sedang menghadapi sebuah permasalahan sama doi.

Kamu nggak bisa meminta pendapat atau saran dari orang terdekatmu sehingga kamu harus menyelesaikan permasalahan itu sendirian.

Aktivitas Jadi Serba Terbatas

Nggak cuma terbatas, tetapi juga terburu-buru. Waktu kencan yang terbatas karena kalau terlalu lama berada pada tempat umum takut terlihat oleh orang lain.

Rasa kangen kamu juga nggak bisa terpenuhi dengan tuntas karena waktu yang terbatas dan bikin kamu tetap kangen sama doi meskipun udah bertemu.

Untuk kamu yang sedang menjalani backstreet, semoga hal ini merupakan keputusan terbaik dan tidak saling menyakiti kedua belah pihak ya!

Beri Komentar