18 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau dalam Islam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 24 September 2020 23:48
18 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau dalam Islam
Mulai dari teknik bernapas hingga mengatur apa yang jadi di pikiranmu saat ini adalah diantara cara menenangkan hati dan pikiran.

Tarik napas dalam-dalam, tahan sebentar lalu buang. Ngerasa lebih rileks? Yup, inilah salah satu cara menenangkan hati dan pikiran yang sedang kacau.

Banyak hal di dalam hidup kita yang berpotensi bikin masalah dalam pikiran dan suasana hati. Saat kamu nggak bisa mengelolanya dengan benar, bukan nggak mungkin kondisi ini membuat kamu jadi kewalahan. Kamu bisa aja nggak bsia mengambil keputusan yang benar saat sedang mengahadpi suatu masalah.

Kecemasan juga bikin kamu jaid overthinking, yang mengarah ke kecemasan lagi, trus overthingking lagi. Nggak selesai-selesai deh! Terus gimana caranya ya biar bisa keluar dari lingkaran setan ini? Apa aja yang bisa dilakukan sebagai cara menenangkan hati dan pikiran?

1 dari 2 halaman

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran © Diadona

Marah dan khawatir adalah teman hidup manusia normal, kan? Tapi masalahnya adalah apakah kamu bisa mengatasinya, atau justru kecemasan itulah yang menguasaimu.

Ada banyak strategi dan cara menenangkan hati dan pikiran. Berikut beberapa tips bermanfaat dari Healthline.

Bernapas

Bernapas adalah teknik nomor satu dan paling efektif untuk mengurasi rasa marah dan kecemasan dengan cara yang cepat.

Saat kamu marah, kamu cenderung bernapas secara pendek-pendek. Ini akan mengirim pesan ke otak, menyebbabkan umpan balik yang memperkuat respon stres kamu. Maka salah satu cara menenangkan hati dan pikiran yang cepat nan efektif adalah dengan menarik satu nafas dalam-dalam kemudian menghembuskannya nafas penuh sambil memperhatikan tubuh.

Akui Kalau kamu sedang Cemas atau Marah

Coba biarkan diri kamu mengakui kalau kamu meman sedang cemasatau marag. Karena ketika kamu ngasih label ke perasaan kamu dn mengekspresikannya, maka kecemasan dan marah itu bisa berkurang lho.

Tantang Pikiran Kamu

Biasanya orang yang sedang cemas atau marah punya pikiran yang irasional, yang bikin kamu mikir 'gimana kalau' yang jsutru bikin kondisinya makin buruk. Hayo, ngaku deh.

Nah, cara menenangkan hati dan pikiran saat itu adalah dengan berhenti berpikir 'gimaa kalau'. Trus coba tanyakan hal-hal berikut ke pikiran kamu:

Apakah pikiran buruk ini mungkin terjadi?
Apakah pemikiran ini masuk akal?
Apakah pikiran ini pernah aku pikirin sebelumnya?
Hal terburuk apa yang bisa terjadi? Gimana cara mengatasinya

Setelah kamu bisa menjawab pertanyaan-petanyaan tersebut, inilah saat mengubah pemikiran kamu.

Lepaskan Kecemasan atau Amarah

Marah, kecewa, sedih, atau perasaan yang lainnya adalah valid, Cara menenangkan hati dan pikiran bukan dengan menolaknya, melainkan harsu mengakuinya. Trus lakukan hal lain untuk melepaskkanya, bisa dengan olahraga.

Jalan-jalan atau lari, misalnya, bisa melepaskan serotonin untuk membantu seseorang buat tenang dan ngerasa lebih baik. Tapi sebaliknya, jangan melakukan aktivitas fisik yang menyangkup ekspresi marah kayak memukul atau berteriak ya!

Bayangkan Kamu sedang Tenang

Cara menenangkan hati dan pikiran ini mengharuskan kamu untukmempraktikkan teknik pernapasan yang udah kamu pelajari. Setelah menarik napas kayak cara menenangkan hati dan pikiran di atas, pejamkan mata dan bayangkan kamu udah tenang. Kamu kudu bayangkan tubuh kamu rileks, sedang mengatasi situasi stres atau penyebab kecemasan dengan tetap tenang dan juga fokus.

Pikirkan Baik-Baik

Sebagai cara menenangkan hati dan pikiran, kamu kudu punya mantra tersendiri yang kudu kamu ucapkan ketika kamu mengalami krisis dan pastikan itu berguna banget buat kamu. Misalnya nih " apaka masalah ini bakalan tetepa jadi masalah buat aku, minggu depan?" , " apakah hal ini penting?" , atau " apakah aku bakalan membiarkan situasi ini mencuri kedamaianku?"

Ini memungkinkan pikiran-pikiran tersebut buat mengalihkan fokus dan dari situlah kamu bisa menguji realitasnya.

Mendengarkan Musik

Saat merasakan tingkat stres kamu meningkat, coba untuk dengarkan musik favorit kamu. Karena ternyayat mendengarkan musik bisa jadi efek yang menenangkan banget untuk tubuh, lho!

Ubah Fokus

Dalam situasi yang sedang stres, coba untuk lihat ke arah lain. Ini bisa jadi cara menenangkan hati dan pikiran karena bakalan ngasih kamu wakt buat mengambil keputusan yang lebih baik.

Menulis

Kalau kamu terlalu marah buat ngomong, coba deh untuk menuliskan jurnal dan pemikiran kamu. Nggak usah khawatir tentang kalimatmu mudah dimengerti atau engga, yang penting kamu menulis untuk mengeluarkan semua pikiran negatif yang ada dari kepala.

Menghirup Udara Segar

Suhu dan sirkulasi udara di dalam ruangan dapat meningkatkan kecemasan atau kemarahan. Kalau kamu ngerasa tegang dan rungana jadi panas dan engap, ini bisa memicu serangan panik lho. Maka segera keluar ruangan sebagai cara menenangkan hati dan pikiran.

Dikutup dari Psychologi Today, ada beberapa teknik dan cara menenangkan hati dan pikiran, antara lain

Menjaga Fakta

Kadang ketika setua kejadian nggak enak datang, pikiran kamu diliputi oleh kecemasan dan overthingking. Dan overthingking itulah yang bikin stres.

Untuk menyingkirkannya, coba cara menenangkan hati dan pikiran dengan metode : melihat pikiran cemas itu sebagai suatu tebakan, bukan fakta. Hanya karena sesuatu yang buruk itu mungkin terjadi, bukan berarti pasti terjadi, kan?

Trus pikirin juga, hal baik apa aja yang mungkin datang, dan berdasarkan pengalama di masa lalu dan informasi yang bisa kamu dapatkan dari situasi ini, kemungkinan apa aja yang bisa terjadi?

Cognitive De-Fusion

Apa itu? Gini, kadang stres kita tuh bagus karena jadi sistem dalam otak untuk peka terhadap ancaman dan bahaya. Tapi coba deh pikirkan lagi, apakah pikiran-pikira yang bikin stres ini bisa kamu percayai atau sebagai sesuatu data bergerak yang lewat di pikiran kamu.

Fokus pada Saat Ini

Hal-hal buruk di masa lalu yang seolah berulang di masa sekarang mungkin jadi penyebab stres kamu. Nah, cara menenangkan hati dan pikiran saat dilanda stres tersebut adalah dengan memilah kalau kadang pikiran yang jadi penyebab stres kamu sekarang ini, udah kena hawa-hawa negatif dari masa lalu kamu. Padahal, bisa aja kondisinya bakalan beda dengan yang dulu kan?

Luaskan Pandangan

Pikiran yang cemas bikin kita cuman fokus sama ancaman langsung tanpa mempertimbangkan konteks yang lebih luas. Apakah situasi yang sekarang ini setara dengan stres dan cemas kamu? Trus coba bayangin bila apakah kira-kira kamu masih peduli dengan masalah ini dalam kurun waktu lima sampai 10 tahun lagi. Ini bisa menjadi cara menengkan hati dan pikiran kamu dengan mengurangi rasa khawatir terhadapnya.

Cari Solusi

Mengkhawatirkan suatu masalah nggak akan mendapatkan solusi kalau kamu cuman stres doang. Malahan bisa aja nih kamu cuman bertindak sesuatu yang bikin stres kamu makin parag.

Maka ketika kamu udah mulai stres nih, coba deh untuk 'bangun'. Cara menenangkan hati dan pikiran takni dengan menginterupsi stres kamu tersebut, trus bergerak dan maju untuk melakukan aktivitas yang berbeda.

2 dari 2 halaman

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran dalam Islam

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran © Diadona

Sulit dan sengsara adalah sesuatu hal yangpasti dihadapi oleh setiap manusia. Dan kesulitan itulah yang mebantuk kita menjadi seseorang yang bisa jadi dekat atau justru jauh dari Allah. Dan kalau hal ini membuat hidupmu jadi terasa berat dan jauh dari-Nya, mungkin kamu harus mencoba cara menenangkan hati dan pikiran berikut ini:

Sholat Tahajud

Doa malam bakalan membantu kamu melewati kesulitan. Saat berdoa, hati kamu bakalan lebih ringan dan pikiran kamu jadi lebih positif.

Membaca al-Quran

Jangan cuman membaca, tapi pahami juga artinya. Kalau kamu memahai ayat tersebut, kamu bisa menghubungkannya dengan situasi kamu. Dengan kata lain, saat sedang stres, ayat tersebut bakalan membantu kita dalam pikiran.

Curhat dengan Seseorang

Salah satu cara menenangkan hati dan pikiran adalah dengan ngobrol dengan seseorang mengenai masalah yang kamu hadapi. Meskipun dia nggak memberikan solusi, namun itu kayak mengosongkan botol yang udah penuh : membuat lega

Cara menenangkan hati dan pikiran bisa aja berbeda setiap orang, namun intinya adalah gimana yang sedang kita rasakan nggak membuat kita melakukan hal-hal yang bakalan bikin kita menyesal kemudian.

Beri Komentar