19 Ciri-Ciri Suami Selingkuh di Dunia Maya, LDR, dan Saat Berjauhan dengan Istri

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 13 Februari 2024 00:11
19 Ciri-Ciri Suami Selingkuh di Dunia Maya, LDR, dan Saat Berjauhan dengan Istri
Dan kamu pasti sedang gundah gulana saat sedang mencari ciri-ciri suami selingkuh ini...

Ciri-ciri suami selingkuh mungkin udah mulai muncul di waktu yang lama, namun tanpa sang istri sadari. Saat udah terungkap, hubungan terlarang tersebut ternyata udah berjalan begitu jauh

Meski begitu, harus diketahui kalau ciri-ciri suami selingkuh itu berbeda tergantung pada masing-masing individunya. Tapi tetap, ada benang merah yang bisa dijadikan acuan.

Yang terpenting saat mencari tahu ciri-ciri suami selingkuh adalah, yakinkan dengan bukti yang nyata, nggak cuman karena kecurigaan kamu semata.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi pasangan selingkuh © Diadona

Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong

Selingkuh dan berbohong kayaknya udah jadi teman yang akrab. Bisa dibilang, saat seseorang berselingkuh, dia pasti udah melakukan banyak banget kebohongan untuk menutupi apa yang dia lakukan.

Ciri-ciri suami selingkuh seperti apa, yang akan nampak dan harus para istri waspadai?

Pengeluaran yang Nggak Bisa Dijelaskan

Kalau ada yang aneh dan nggak biasa dalam pengeluaran, bisa aja ini menjadi ciri-ciri suami selingkuh. Misalnya, ada tagihan kartu kredit yang membengkak, pengeluaran lain yang tidak dilakukan bareng istri, atau uang bulanan dari suami yang nggak biasanya.

Setiap hubungan, pasti membutuhkan biaya, untuk kencan dan lain sebagainya. Nah, mungkin inilah alasan mengapa suami tiba-tiba punya pengeluaran lain di luar sepengetahuan istri.

Hubungan Seks yang Lebih Sedikit, atau Justru Lebih Banyak

Ada dua pilihan perubahan kehidupan seks pernikahan, yang bisa ditandai sebagai ciri-ciri suami selingkuh.

Yang pertama, mungkin seks bakalan jadi lebih jarang karena yang bersangkutan lebih berfokus kepada orang lain. Sedangkan, seks bisa jadi lebih sering terjadi karena mereka sedang berusaha buat menutupi sesuatu.

Ciri-ciri suami selingkuh juga bisa dirasakan dari hubungan seksual yang sepertinya kurang terhubung secara emosional. Namun, ada tand alian yang mungkin, yaitu keberadaan teknik atau aktivitas baru yang diselipkan dalam hubungan seksual kalian.

Perubahan Mood

Mood yang berubah memang sesuatu hal yang wajar, tapi bila perubahan etrsebut terjadi secara drastis, hal itu bisa merupakan pertanda ada msalah dalam hubungan, atau ciri-ciri suami sedang berselingkuha.

Kenapa?

Kalau suami adalah orang yang santai, trus tiba-tiba terlihat tegang, menarik diri, gelisah, bisa jadi itu pertanda kalau dia menyembunyikan sesuatu.

Ciri-ciri Suami Selingkuh © Diadona

Keintiman yang Mulai Hilang

Menurut Psychology Today, ada keintiman emosional yang terjalin pada pasangan, meliputi rasa aman, percaya, dan lain sebagainya. Nah, saat persellingkuhan terjaid, maka bisa ditandai dengan ciri-ciri suami selingkuh berupa berkuranganya keintiman ini.

Misalnya, suami jadi kurang intim dengan istri, dan menghindari keintiman istri. Ini adalah indikasi bahwa fokus mereka telah bergeser, dari istri, ke pasangan selingkuhannya.

Cenderung Selalu Menyalahkan Pasangan

Saat seseorang melakukan kecurangan, mereka punya kecenderungan untuk membenarkan apa yang mereka lakukan. Dalam kasus suami yang berselingkuh misalnya, maka mereka mungkin bakalan menyalahkan sang istri. Ngeselin banget kan?

Dan seringkali, pembenaran mereka tuh nggak masuk akal. Ciri-ciri suami yang berselingkuh, biasanya mulai mempermasalahkan hal-hal yang sebelumnya bukan masalah, dengan tujuan untuk menghakimi pasangannya.

Stres yang Meningkat

Jika suami tampak stres atau cemas sepanjang waktu, itu bisa jadi pertanda dia sedang menyembunyikan sesuatu. Stres ini bisa jadi ciri-ciri suami selingkuh kalau dia nggak bisa menjelaskan penyebab stresnya.

Sebab, mungkin aja dia stres karean sedang ada masalah dengan selingkuhannya?

Perubahan Besar dalam Rutinitas

Setelah bersama selama jangka waktu tertentu, kamu akan mengetahui rutinitasnya. Memang sih setiap orang bisa berubahm tapi kalau perubahan itu terjadi secara tiba-tiba dan tanpa komunikasi ke kamu, coba deh mulai khawatir kalau dia sedang berselingkuh.

Beberapa perubahan rutin yang harus diwaspadai antara lain:

  • Bekerja lebih lama
  • Mengubah cara berpakai
  • Mengambil pekerjaan sampingan
  • Menjalin persahabatan baru yang menghabiskan banyak waktu dan energi

Menuduh Kamu yang Engga-engga

Pasangan yang berselingkuh sangat mungkin justru menuduh kamu yang selingkuh. Perilaku ini disebut sebagai proyeksi, suatu mekanisme pertahanan yang biasanya digunakan ketika seseorang merasa diserang atau dituduh melakukan sesuatu.

2 dari 9 halaman

Ciri-ciri Suami Selingkuh © Diadona

Ciri-Ciri Suami Selingkuh di Dunia Maya

Dunia maya menawarkan banyak pilihan, nggak terkecuali godaan untuk menjalin hubungan terlarang. Banyak banget kan menemukan kasus di mana pasangan lebih tertarik pada ornag yang nggak pernah ditemuinya di dunia nyata. Kenal dari chatting di facebook, misalnya?

Lalu, apa ciri-ciri suami selingkuh di dunia maya?

Sering memakai Alat Komunikasi secara Rahasia

Misalnya, seolah tergantung dengan ponsel atau laptop sepanjang hari. Bila yang sebelumnya cuek aja tuh handphone ada di mana, lalu kemudian berubah jadi membawanya kemana-mana.

Kalau yang sebelumnya membiarkan ponsel tanpa sandi pengalaman, lalu tiba-tiba jadi ada pengamanan. Banyak chat history yang menghilang, atau bahkan kalau yang sebelumnya dia santai aja kamu memegang ponselnya, tiba-tiba aja jadi suka melarang.

Punya Sosial Media yang Rahasia

Ini lah media yang digunakannya untuk berhubungan dengan selingkuhannya. Dan dari media sosial inilah kadang jadi pintu awal terbongkarnya perselingkuhan.

Obsesi dengan Komunikasi Online

Yaitu, suami jadi sangat terobsesi untuk segera membalas pesan di ponselnya. Tapi, ciri-ciri suami selingkuh ini ngak bisa dijadikan bahan acua, karena bisa aja seseorang emang merupakan tipe yang suka chatting untuk hiburan

3 dari 9 halaman

Ciri-Ciri Suami Selingkuh © Diadona

Ciri-Ciri Suami Selingkuh dengan Seseorang Jarak Jauh

Katanya, yang cinta bakalan kalah sama yang selalu ada. Makanya, pasangan suami isri yang berjarak jauh sering diwanti-wanti mengenai adanya perselingkuhan. Tapi, nggak selalu begitu sih.

Karena ternyata ada juga lho suami yang selingkuh dengan orang yang berjarak jauh dari dia.

Bagaimana ya kira-kira ciri-ciri suami selingkuh dalam kondisi tersebut?

Sering Pergi keluar Kota

Yang biasanya dilakukan dengan alasan karena pekerjaan. Tapi, mungkin istri bisa melihat dari adanya ciri-ciri suami selingkuh lainnya, seperti sering chatting di ponselnya.

Sering Chatting

Karena dia nggak bisa sering bertemu dengan selingkuhannya, mungkin sebagai gantinya, mereka akan lebih intens berhubungan lewat ponsel. Ciri-ciri suami selingkuh ini bisa dilihat dari gimana intensnya dia menggunakan telponnya untuk chatting santai, bahkan di saat-saat yang sedang penting.

 

4 dari 9 halaman

Ciri-ciri Suami Selingkuh © Diadona

Sering Hangout dengan Teman Secara Diam-Diam

Saat menjalani hubungan jarak jauh, tentunya kamu nggak ingin pasanganmu tetap kesepian tanpa melakukan hubungan sosial dengan orang lain, ‘kan? Dan itu merupakan hal yang baik.

Tetapi jika dia mulai sering pergi secara diam-diam tanpa menceritakannya padamu atau menjelaskan secara rinci tentang teman barunya, bisa aja dia sedang berada dalam hubungan romansa lain, tuh. 

Menyebut Nama Teman Lain

Mereka punya teman yang sering hangout bareng setiap hari. Teman ini bisa aja seseorang yang udah kamu kenal atau belum kamu kenal. Secara misterius, nama mereka sering banget diucapkan dia saat kalian lagi ngobrol.

Waktu kalian ngobrol, nggak jarang dia menceritakan teman barunya yang satu ini. Nah, kalau pasanganmu punya teman baru yang nggak kamu ketahui dan sering banget muncul dalam obrolan kalian, kemungkinan besar teman ini adalah sosok yang sedang berselingkuh dengan dia. 

 

5 dari 9 halaman

Ciri-ciri Suami Selingkuh © Diadona

Ciri-ciri Suami Selingkuh saat Sedang LDR

Hubungan jarak jauh adalah momok bagi pasangan. Banyak hal yang menghantui, termasuk kemungkinan untuk salah satunya melakukan perselingkuhan.

Sulit Dihubungi

Kemungkinan lainnya adalah kamu bakal susah menghubungi dia meskipun kamu udah menggunakan cara apapun. Mulai dari chat kamu yang nggak dibaca hingga kamu merasa sulit banget untuk mempertahankan pasanganmu.

Bahkan, seringkali kamu dibiarkan merasa nggak tau apa yang sedang terjadi pada hubungan kalian. Kalau kamu merasa pasanganmu dengan sengaja menghindari teleponmu, bisa aja mereka sedang selingkuh. 

Merasa Hubungan Jarak Jauh Sangat Sulit

Memang sih, nggak ada yang gampang saat melakukan hubungan jarak jauh.

Namun, saat mereka sedang berselingkuh, mereka bakal berkali-kali ngeluh tentang hubungan jarak jauh yang sulit untuk dihadapi. Secara perlahan mereka bakal berusaha meyakinkan kamu kalau hubungan jarak jauh nggak lagi efektif.

Selalu Ada Masalah

Kalian udah janjian untuk video call setelah dia pulang kerja nih, eh, tiba-tiba dia bilang kalau ada kendala pada handphone miliknya. Kejadian ini nggak cuma terjadi sekali dua kali aja, tetapi udah berkali-kali! Nah, itu bisa jadi ciri-ciri suami selingkuh nih!

Saat kamu sarankan untuk memperbaiki ponselnya, mereka selalu punya beribu alasan untuk nggak melakukannya. 

6 dari 9 halaman

Ciri-ciri Suami Selingkuh © Diadona

Marah Saat Kamu Bertanya

Terkadang, saat kamu memutuskan untuk mengomunikasikan perasaanmu tentang perilakunya dia bakal marah. Daripada ngobrolin secara baik-baik, pasanganmu merasa dipojokkan dan berimbas pada nada bicaranya yang naik.

Terlebih lagi saat kamu ngomongin tentang effortnya yang udah berkurang, ciri-ciri yang mengarah pada perselingkuhannya, dan respon yang dia kasih juga nggak bagus-bagus amat. Kalau sudah begini, tandanya kamu perlu menyalakan radarmu.

Over Time dalam Segala Hal

Semakin kesini, dia makin jarang mengangkat teleponmu. Alasannya, kalau nggak karena dia lagi tidur, ya, mereka lagi bekerja. Kamu menyadari jika dia udah nggak mau meluangkan waktunya buat kamu.

Bahkan, bisa aja kamu udah bukan prioritasnya. Jika kamu merasakan menjadi satu-satunya pihak yang memberikan effort, mungkin itu sebuah ciri-ciri suami selingkuh.

7 dari 9 halaman

Ciri-ciri Suami Selingkuh © Diadona

Random Afeksi

Cara selanjutnya untuk mengetahui dia berselingkuh adalah memperhatikan afeksinya. Jika dia seringkali memberikan banyak pujian atau afeksi berlebih secara tiba-tiba, ada kemungkinan dia sedang berselingkuh.

Sebenarnya, cara ini cukup tricky sebagai ciri-ciri suami selingkuh. Sebab, akan sering membingungkan apakah dia sedang menunjukkan emosi yang tulus atau emang pertanda. Biasanya, afeksi yang tiba-tiba ini merupakan cara mereka untuk menutupi rasa bersalahnya.

Mulai Cuek

Sebelumnya, dia adalah orang yang penyayang dan penuh perhatian. Trus kemudian dia mulai jarang ada waktu untuk berkomunikasi dengan berbagai alasan, yang tidak biasanya.

Bahkan saat istri mencoba menelepon, mungkin dia bakalan beralasan sedang sibuk atau yang lainnya. Di sisi lain, saat suami menelpon, dia cuman punya waktu sebentar aja.

Terlepas dari hal-hal yang mungkin memang sedang jujur dia lakukan, dan membuat komunikasi kalian berkurang, nggak ada salahnya kan untuk aware dengan ciri-ciri suami selingkuh?

Selalu Punya Alasan

Misalnya, selalu ada alasan kenapa dia nggak bisa dihubungi. Sekali atau dua kali, mungkin terdengar masuk akal dan wajar. Namun, ciri-ciri suami selingkuh mulai terlihat kalau alasannya semakin dibuat-buat.

Misalnya, nggak bisa balas pesan istri dalam waktu yang lama karena sedang bertempur dengan godzila.

Selain ciri-ciri suami selingkuh tersebut, masih ada banyak hal yang mungkin berubah pada diri suami. Dan seorang istri biasanya bakalan mengetahuinya. Yang terpenting adalah, sebelum memutuskan untuk bertindak lebih jauh, sebaiknya carilah bukti sevalid mungkin.

 

8 dari 9 halaman

Apa yang Harus Dilakukan saat Melihat Ciri-ciri Selingkuh pada Suami © Diadona

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Mencurigai Suami Sedang Berselingkuh?

Pertama, take a deep breath, jangan langsung bereaksi. Coba cermati dulu apakah penilaian kamu bisa dijelaskan oleh alasan yang lain. Jernihkan pikiran dan amati apakah ciri-ciri suami selinkuh itu memang benar adanya atau hanya perasaanmu saja.
Proses emosi sebelum berkomunikasi dengan suami.

Beberapa tips untuk mendekati pasangan saat kamu curiga dia selingkuh antara lain:

  • Cari tahu kenapa kamu merasakan hal ini. Apakah karean dia benar-benar memiliki ciri-ciri suami selingkuh? Atau itu merupakan bentuk kekhawatiran, insecure atau trauma di masa lalu?
  • Bicaralah dengan suami tentang ciri-ciri selingkuh yang ada padanya dan gimana perasaan kamu
  • Ngobrol sama orang yang kamu percayai
  • Carilah nasihat dan dukungan profesional

9 dari 9 halaman

Setelah mengetahui ciir-ciri suami selingkuh, lakukan hal bijak untuk menyelamatkan apa yang menurut kamu berharga. Tapi ingat, bukan salahmu kalau dia memilih tidak setia, ya!

Beri Komentar