Waspada! Konsumsi Vitamin C Berlebihan Ternyata Bisa Menyebabkan Keguguran

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 1 Juli 2020 14:37
Waspada! Konsumsi Vitamin C Berlebihan Ternyata Bisa Menyebabkan Keguguran
Gak cuma yang lagi hamil, yang lagi program juga harus hati-hati Moms!

Mengonsumsi makanan sehat pada masa kehamilan memang penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi. Tentunya buah-buahan menjadi pilihan yang nggak pernah ketinggalan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Tapi udah tahu belum kalau ternyata mengonsumsi vitamin C secara berlebihan justru bisa membahayakan janin dalam kandungan? Bagai dua sisi koin, ternyata vitamin C nggak cuma punya manfaat tapi juga ada efek buruknya.

Meski dianggap dapat menjadi penyebab keguguran, bukan berarti ibu hamil langsung nggak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sama sekali. Tubuh kita masih membutuhkan kandungan vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

1 dari 4 halaman

 Ilustrasi TestpackIlustrasi Testpack © 2019 https://www.diadona.id/@freepik

Dilansir dari Boldsky, vitamin C dalam jumlah kecil dianggap dapat memberikan manfaat selama masa kehamilan. Vitamin C dapat melindungi sel-sel tubuh dan kandungan antioksidannya juga bisa membantu memerangi infeksi. Melihat manfaatnya, biasanya dokter akan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C selama masa kehamilan.

Tapi bagi kita yang sedang dalam program hamil, mengonsumsi vitamin C berlebihan justru dapat mencegah kehamilan. Banyak yang nggak sadar bahwa vitamin C bisa membuat tubuh kita nggak siap untuk hamil.

2 dari 4 halaman

Sejak akhir abad ke-19, vitamin C telah digunakan sebagai metode yang mudah untuk melakukan aborsi. Kandungan asam askorbat yang ada dalam vitamin C dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Bagi kita yang sedang menjalani program kehamilan, kita membutuhkan hormon progesteron yang sangat penting untuk mempersiapkan rahim yang akan dibuahi. Jika tubuh kita nggak melepaskan hormon progesteron dalam jumlah yang cukup, rahim nggak akan siap untuk pembuahan.

 

3 dari 4 halaman

 Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © 2020 https://rawpixel.com/

Sementara asam askorbat yang ada dalam vitamin C menekan dan mengurangi pelepasan hormon progesteron pada tubuh. Pengurangan jumlah hormon ini akan membuat proses implantasi sel telur dalam rahim menjadi mustahil.

Tubuh wanita yang memiliki jumlah vitamin C tinggi meningkatkan jumlah keasaman dalam tubuh. Sehingga, secara nggak sadar hal ini mengurangi peluang kita untuk cepat hamil.

4 dari 4 halaman

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, overdosis vitamin C pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran. Keasaman yang dihasilkan oleh asam askorbat yang terkandung dalam vitamin C memiliki kecenderungan untuk mengganggu proses produksi hormon estrogen.

Kondisi ini menciptakan ketidakseimbangan jumlah hormon seks pada tubuh dan selanjutnya bisa menyebabkan keguguran. Selain itu, keguguran juga bisa terjadi ketika sel telur nggak bisa menempel pada dinding rahim. Sementara vitamin c dapat menyebabkan melemahnya cengkeraman sel telur yang dibuahi di dinding rahim.

Untuk itu, mulai sekarang konsumsi vitamin C secukupnya aja ya, Moms! Nggak perlu berlebihan.

Beri Komentar