Tetap Sehat, Ini Sederet Tips Bagi Ibu Hamil yang Kerja Shift Malam

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 21 Januari 2021 13:30
Tetap Sehat, Ini Sederet Tips Bagi Ibu Hamil yang Kerja Shift Malam
Simak tipsnya berikut ini ya Moms.

Sebagai seorang wanita karir, kadang kita dituntut untuk selalu siap sedia dan profesional dalam pekerjaan. Sayangnya, nggak jarang juga keadaan memaksa kita untuk bekerja di malam hari atau shift malam. Tentu saja, hal ini nggak akan mudah bagi Moms yang sedang hamil dan perlu banyak istirahat.

Meski hal ini sangat jarang, tapi bila Moms jadi salah satunya, sederet tips ini bisa Moms lakukan. Apa saja tipsnya? Dilansir dari laman We Have Kids, yuk kita simak sederet tips bagi bumil yang harus kerja shift malam.

1 dari 5 halaman

1. Cukup Tidur

Ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Hal yang perlu diperhatikan saat Moms harus kerja shift malam yakni pola tidur. Memang, tidur yang cukup sangat diperlukan oleh ibu hamil. Meski begitu, sebagai seorang ibu, mengubah pola tidur dengan segudang aktivitas di pagi hari tentu jadi tantangan tersendiri.

Jadi gimana solusinya? Bila Moms punya anak usia sekolah, Moms bisa tidur setelah anak berangkat sekolah. Seharusnya, rumah yang sunyi bisa membantu Moms lebih fokus untuk tidur.

Tapi bila Moms kesulitan buat tidur, Moms bisa melakukan beberapa aktivitas sebelumnya untuk membuat Moms jadi lebih rileks. Seperti misal berbaring dan nonton acara TV yang lucu atau mendengarkan musik yang menenangkan agar Moms tertidur.

2 dari 5 halaman

2. Istirahat dan Menghemat Energi

Nggak hanya tidur, istirahat juga penting bagi bumil yang bekerja shift malam. Pastinya Moms akan mudah lelah di sela waktu shift malam, bahkan bila Moms sudah tidur sekalipun.

Hal ini karena banyaknya energi dan metabolisme tubuh yang bekerja lembur untuk mendukung pertumbuhan bayi. Selain juga rusaknya pola tidur akibat shift malam. Karena itu, sempatkan istraihat beberapa menit di sela-sela waktu bekerja.

Moms bisa berjalan-jalan sebentar untuk peregangan. Apalagi, duduk terlalu lama juga nggak baik lho Moms bagi ibu hamil, salah satunya bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional.

3 dari 5 halaman

3. Makan Makanan Bernutrisi dan Tetap Terhidrasi

Ilustrasi ibu hamil makan makanan sehat © Diadona

Agar bisa menghadapi semua pekerjaan, tentunya Moms butuh asupan makanan yang bernutrisi seimbang. Karena itu, pastikan Moms makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Sebisa mungkin, hindari makan makanan cepat saji lebih dulu ya Moms.

Selain makanan, tetap terhidrasi sepanjang hari juga nggak kalah penting. Kurangi lebih banyak minuman berkafein dan ganti dengan minum air lebih banyak. Saat bekerja, Moms juga bisa membawa sebotol air untuk memastikan Moms tetap terhidrasi.

4 dari 5 halaman

4. Manajemen Waktu

Mengelola waktu dengan tepat baik di tempat kerja maupun rumah juga bisa membantu Moms menjaga kehamilan selama harus kerja shift malam. Tentu saja, dengan manajemen waktu yang baik Moms bisa menghemat banyak energi.

Saat bekerja, Moms bisa mencoba buat mengelompokkan tugas yang sama dan jangan menunda-nunda. Kedua cara ini bisa membantu Moms buat nggak merasa terllau lelah atau tertekan saat harus bekerja shift malam.

Begitu juga saat di rumah, manajemen waktu juga penting. Moms bisa juga lho membuat list prioritas dan pekerjaan apa yang harus dilakukan.

5 dari 5 halaman

5. Periksa Kehamilan secara Rutin

ilustrasi ibu hamil dan dokter © Diadona

Terakhir, sangat direkomendasikan buat Moms untuk memeriksakan kehamilan secara rutin ke dokter. Hal ini tentu saja buat mencegah berbagai hal yang nggak diinginkan dan memastikan Moms sekaligus si kecil selalu dalam keadaan sehat. Selain itu, ikuti semua saran dokter ya Moms.

Nah, itu, dia lima tips bila Moms harus kerja shift malam saat hamil. Semoga membantu.

Beri Komentar