Hasil Test Pack Negatif Padahal Hamil, Ini 5 Kemungkinan Alasannya

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 19 Januari 2021 06:30
Hasil Test Pack Negatif Padahal Hamil, Ini 5 Kemungkinan Alasannya
Moms pernah mengalaminya?

Kehamilan jadi saat yang paling ditunggu-tunggu banyak pasangan setelah menikah. Biasanya, bila Moms merasakan gejala kehamilan, salah satu cara tercepat untuk mengecek apakah Moms hamil atau nggak dengan menggunakan test pack.

Meski sebagian besar hasil test pack akurat, tapi nggak menutup kemungkinan juga lho Moms ada kesalahan. Kadang, hasil test pack bisa saja menunjukkan hasil negatif meski sebenarnya Moms sedang hamil.

Kira-kira, apa sih penyebab kesalahan ini bisa terjadi? Dikutip dari Parents, langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini Moms.

1 dari 5 halaman

1. Tes Terlalu Dini

ilustrasi test pack © Diadona

Bisa saja tes yang dilakukan terlalu dini jadi penyebab tes pack menunjukkan hasil negatif padahal Moms sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh hCG atau hormon kehamilan yang belum sepenuhnya muncul Moms.

Karena itu, disarankan Moms untuk menunggu sampai lewat tanggal haid agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Tingkat hCG dalam darah biasanya akan meningkat dengan cepat saat Moms benar-benar hamil.

Bila Moms sudah mengecek tapi hasilnya negatif, coba cek sekali lagi selang seminggu dari pengecekan pertama ya Moms untuk benar-benar memastikan apakah Moms benar-benar hamil atau nggak.

2 dari 5 halaman

2. Tes Pack Kedaluwarsa

Nggak menutup kemungkinan juga Moms membeli test pack yang ternyata sudah kedaluwarsa. Biasanya, test pack yang sudah kedaluwarsa ini bakal memberikan hasil yang nggak akurat.

Karena itu, penting untuk memastikan lebih dulu apakah test pack yang Moms beli sudah melewati tanggal kedaluwarsa atau belum.

3 dari 5 halaman

3. Terlalu Banyak Minum Air Putih

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Siapa sangka, terlalu banyak minum air putih juga bisa menyebabkan hasil negatif pada test pack meski Moms sedang hamil. Hal ini karena minum banyak air putih bisa membuat kadar hCG dalam urine mengencer sehingga menyebabkan hasil test pack jadi nggak akurat.

Karena itu, sebaiknya Moms kurangi minum air putih beberapa jam lebih dulu ya sebelum melakukan pengecekan.Selain itu, Moms juga bisa melakukan pengecekan dengan test pack setelah bangun pagi sebelum minum air putih.

4 dari 5 halaman

4. Melakukan Kesalahan saat Tes

Nggak menutup kemungkinan juga Moms melakukan cara yang salah saat pengetesan. Untuk meminimalisir hal ini, sebaiknya Moms ikuti petunjuk yang tertera dengan hati-hati dan benar. Sangat disarankan agar Moms melakukan tes di pagi hari setelah bangun karena biasanya konsentrasi hCG dalam urine masih tinggi.

5 dari 5 halaman

5. Test Pack yang Dibiarkan Lama Terbuka

Ilustrasi test pack negatif © Diadona

Selanjutnya, test pack yang telalu lama dibuka nyatanya juga bisa lho membuat hasil test jadi nggak akurat. Karena itu, sebaiknya Moms segera gunakan test pack setelah kemasannya terbuka ya untuk mendapat hasil yang lebih akurat.

Nah, itu dia sederet penyebab yang mungkin membuat test kehamilan jadi nggak akurat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar