Sedang Rencanakan Kehamilan? Perhatikan Peluang Hamil Berdasarkan Usia Ini Mom

Reporter : Riza Umami
Selasa, 16 Juni 2020 12:17
Sedang Rencanakan Kehamilan? Perhatikan Peluang Hamil Berdasarkan Usia Ini Mom
Peluang hamil berdasarkan usia dari 20 tahunan sampai 45 tahun.

Kehamilan tentu bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesuburan, waktu yang tepat dan lain sebagainya. Salah satu faktor penentu kehamilan ini ternyata juga bisa dilihat dari usia lho Mom.

Wah, kira-kira mulai usia berapa ya kita berpeluang untuk hamil? Dan juga sampai usia berapakah masih memiliki peluang untuk hamil? Dilansir dari laman parents.com, berikut penjelasan peluang hamil berdasarkan usianya.

1 dari 5 halaman

1. Umur 20-24 Tahun

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Wanita pada usia ini memiliki peluang hamil paling besar yaitu sebesar 96 persen dalam setahun jika mencoba setiap bulan. Namun, bisa berkurang menjadi 92 persen apabila pasangannya berusia di bawah 25 tahun. 

2 dari 5 halaman

2. Umur 25-29 Tahun

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Pada usia ini wanita memiliki peluang hamil  86 persen bila mencoba terus selama setahun tersebut. Peluang hamil ini akan makin menurun makin bertambahnya usia. Selain itu, peluang mengalami keguguran pun akan meningkat dan menjadi 10 persen. 

3 dari 5 halaman

3. Umur 30 sampai 34 Tahun

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Mencapai kepala tiga ternyata peluang kehamilan pun masih tinggi yaitu sebesar 86 persen setelah terus mencoba tiap bulannya dalam setahun. Namun, pada usia ini kemungkinan mengalami keguguran makin tinggi yaitu mencapai 20 persen. 

4 dari 5 halaman

4. Usia 35 sampai 39 Tahun

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Di usia ini peluang ibu untuk bisa hamil makin menurun tetapi masih cukup tinggi, dengan peluang hamil sebesar 78 persen untuk pasangan yang terus berusaha dalama setahun. Mengapa pada usia ini peluang makin menurun? Hal itu disebabkan karena penurunan kualitas sel telur. 

5 dari 5 halaman

5. Usia 40 sampai 45 Tahun

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Mencapai kepala empat ternyata peluang ibu untuk bisa hamil ini menurun drastis. Hal ini disebabkan karena penurunan kualitas dan kuantitas sel telur. Di usia ini, akan makin sulit hamil meski menggunakan teknologi bayi tabung. Namun, bukan tak mungkin karena walaupun kecil peluang itu masih tetap ada.

Itulah peluang kehamilan berdasarkan usia. Semoga penjelasan ini bisa membantu Mom untuk mempersiapkan kehamilan jika dirasa sudah cukup matang secara usia, mental dan finansial. Semoga segera mendapatkan kabar baik ya, Mom.

Beri Komentar