Pestisida dalam Beras yang Dikonsumsi Bisa bikin Mandul, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 30 Juli 2021 17:57
Pestisida dalam Beras yang Dikonsumsi Bisa bikin Mandul, Mitos atau Fakta?
Apakah benar bisa membuat mandul?

Jika ingin melakukan program hamil, maka salah satu yang harus diperhatikan setiap pasangan adalah mencukupi nutrisi dengan makan makanan bergizi. Tapi ingat, ada beberapa makanan yang harus diperhatikan kandungan serta proses pembuatannya.

Contohnya beras, meski bahan yang akan menjadi nasi ini tampaknya berasal dari alam, tapi tahukah kamu kalau beberapa dapat tumbuh subur karena disemprot pestisida. Konon katanya bahan makanan yang tercemar pestisida justru membuat mandul. Benarkah demikian?

1 dari 3 halaman

Pestisida dalam Beras Membuat Mandul?

Seperti diketahui, pestisida adalah racun yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh. Meski sudah dibersihkan, terkadang sisa pestisida masih tertinggal di dalam bahan makanan tersebut.

" Pestisida itu penyebab paling dominan kemandulan sebenarnya. Dan sebagian besar beras-berasnya kita, pestisida semua. Nggak bisa suruh petani stop. Karena dia maunya jangan sampai padinya rusak. Maka disemprotin (pestisida) sama dia, (petani)," ujar dokter Zaidul dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @dokterzaidulakbar.

2 dari 3 halaman

Mengonsumsi Beras Organik

Oleh karena itu, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, menyarankan Moms untuk mengonsumsi nasi yang berasal dari beras organik karena terbebas dari pestisida. 

Beras organik itu yang seperti apa sih? Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 6729:2013 Sistem pertanian organik dijelaskan bahwa istilah pelabelan yang menyatakan bahwa suatu produk telah diproduksi dengan standar sistem pertanian organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi organik (LSO) yang telah diakreditasi. Dalam hal ini, akreditasi diberikan oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Jadi beras-beras tersebut sudah melalui uji kelayakan yang ketat, mulai dari tanah atau media tanam yang digunakan, bibit yang dipilih, air steril yang digunakan, sampai perlakuan penanaman juga diuji.

3 dari 3 halaman

Solusi Lain

Permasalahannya adalah beras organik cenderung lebih mahal dibanding dengan yang umum dikonsumsi di negeri ini (non organik). Hal tersebut membuat tak banyak orang yang bisa membelinya.

Tapi tenang, Momsbisa saja memakai beras biasa. Tapi dengan catatan, beras harus dicuci dengan cara yang benar untuk menghilangkan pestisidanya.

" Kalau belum bisa mendapatkan beras organik, mungkin anggarannya belum ada, nggak apa-apa berasnya dicuci dulu. Dicucinya pakai apa? Pestisida tidak bakal bisa hilang dengan air, kalau nggak baking soda, pakai cuka apel, tapi bukan cuka sintentik ya," tambah Dr. Zaidul.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

 

Beri Komentar