Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Umumkan Kehamilan?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 15 Juni 2020 18:37
Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Umumkan Kehamilan?
Jangan sampai kabar bahagia disampaikan di waktu yang nggak tepat, Moms!

Kehamilan merupakan momen paling menakjubkan dalam kehidupan setiap wanita. Tentu saja hal ini menjadi sebuah kebahagiaan bagi para pasangan yang menginginkan kehadiran anak dalam kehidupan mereka. Nggak jarang kita pasti memiliki keinginan untuk membagikan berita bahagia tersebut pada banyak orang terutama keluarga dan sahabat.

Tapi tahu nggak sih kalau ada waktu-waktu tertentu yang harusnya nggak kita gunakan untuk melakukan hal ini? Saat kita memberitahu orang lain tentang berita kehamilan di waktu yang salah, justru akan bikin orang lain nggak ikut bahagia seperti kita. Daripada ngerasa sakit hati dengan reaksi yang nggak kita harapkan, dilansir dari Verywellfamily, berikut beberapa waktu yang nggak tepat untuk mengumumkan berita kehamilan.

1 dari 4 halaman

Saat sedang marah

Ilustrasi Wanita Marah © Diadona

Saat marah emosi kita tentu nggak akan stabil. Kita biasanya akan mengeluarkan kata-kata untuk menyakiti hati orang lain saat sedang marah. Dan pada akhirnya, kebanyakan dari kita merasa menyesal telah mengatakan hal itu. Makanya berita kehamilan nggaka akan baik disampaikan saat kita sedang dikuasai emosi.

2 dari 4 halaman

Saat belum siap

Ilustrasi keluarga © Diadona

Pastikan kita sudah benar-benar siap saat mengumumkan berita kehamilan kita pada orang lain, terutama anak-anak kita. Kita harus mengatur waktu yang tepat untuk mengobrol dengan mereka.

Punya saudara lagi bisa menjadi suatu hal yang terlalu mengejutkan bagi anak-anak. Respon mereka bisa bermacam-macam mulai dari bahagia hingga marah. Untuk itu mulai siapkan diri kita untuk menghadapi respon dari anak kita apa pun itu.

3 dari 4 halaman

Saat berada di dekat orang yang sensitif dengan hal ini

ilustrasi mengobrol © Diadona

Meski bagi kita kabar kehamilan ini bisa membahagiakan, tapi bagi orang lain hal ini bisa menjadi hal yang membuat mereka sedih. Apalagi jika orang itu baru saja keguguran atau sudah lama mengalami kesulitan untuk hamil.

Kita bisa membiarkan mereka untuk mengetahuinya seiring dengan berjalannya waktu. Nggak ada yang salah untuk menjaga perasaan orang lain demi kebaikan bersama.

4 dari 4 halaman

Saat masih khawatir

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

Trimester pertama merupakan fase kehamilan yang masih rawan dengan keguguran. Bukannya mau berburuk sangka, tapi banyak dari kita yang masih merasa takut dan khawatir saat melalui trimester ini.

Jika kita masih merasa gelisah akan hal itu, sebaiknya jangan dulu memberi tahu orang lain tentang kehamilan kita. Secara nggak langsung hal ini akan sedikit mengurangi beban kita selama kehamilan awal.

Itulah beberapa waktu yang nggak tepat untuk mengumumkan kehamilan. Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan kamu ya!

Beri Komentar