Jangan Panik Moms, Ini 6 Tips Siapkan Kelahiran saat Lebaran

Reporter : Mila I
Kamis, 6 Mei 2021 10:57
Jangan Panik Moms, Ini 6 Tips Siapkan Kelahiran saat Lebaran
Ini persiapan untuk Bumil yang due date-nya saat lebaran.

Melahirkan adalah momen yang paling dinantikan setelah menunggu 9 bulan lamanya. Ketika usia kandungan sudah memasuki bulan terakhir, Moms tentu harus mulai bersiap-siap.

Persiapan ekstra mungkin harus dilakukan kalau hari perkiraan lahir (HPL) atau due date Moms jatuh saat lebaran. Saat Hari Raya, instansi kesehatan atau tenaga medis mungkin tidak beroperasi normal seperti hari biasanya.

Tapi jangan panik dulu, Diadona.id merangkum beberapa tips untuk menyiapkan persalinan menjelang hari Lebaran. Langsung simak aja ya!

1 dari 6 halaman

Tetap Tenang

Menjelang persalinan apalagi yang diperkirakan jatuh pada Hari Lebaran, Moms mungkin mulai cemas atau panik. Panik dan stres bisa membuat Mama semakin tertekan. Alih-alih begitu, Moms sebaiknya memeriksa semua kelengkapan yang diperlukan nanti.

Pikirkan hal-hal menyenangkan ketika nanti sang buah hati lahir. Moms juga sebaiknya merasa bahagia karena akan melahirkan si Kecil di hari yang fitri nanti.

2 dari 6 halaman

Tunda Rencana Mudik atau Bepergian

Kalau Moms berencana untuk mudik, sebaiknya dibatalkan. Seperti yang diketahui, bepergian jauh saat hamil tua sangat berisiko, terutama menjelang tanggal kelahiran. Yang mungkin terjadi adalah air ketuban pecah atau Moms merasakan kontraksi di tengah perjalanan mudik. Tentunya tidak nyaman kan?

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Pemerintah mengimbau silaturahmi lebaran dilakukan secara virtual agar terhindar dari risiko tertular virus corona.

3 dari 6 halaman

Menyiapkan Daftar Rumah Bersalin Cadangan

Saat Hari Lebaran, tak semua rumah sakit beroperasi normal seperti biasanya. Pastikan bahwa rumah sakit yang Moms tuju menerima pasien untuk bersalin di hari Lebaran. Tanyakan pula, apakah rumah sakit itu bisa melakukan tindakan seperti operasi caesar pada Hari Raya.

Meskipun Moms berencana melahirkan normal, tapi tetap harus mempersiapkan untuk situasi terburuk kan?

4 dari 6 halaman

Pastikan Ketersedian Dokter

Tak hanya rumah sakit, tenaga medis yang ada pun tak semuanya bekerja seperti hari normal. Jadi tanyakan dulu apakah dokter bersedia membantu persalinan pada saat lebaran. Jika ia bersedia, maka Moms tidak perlu khawatir.

Tapi kalau dokter kandungan Moms berhalangan, diskusikan dengannya siapa yang akan menggantikannya nanti.

5 dari 6 halaman

Siapkan Barang-barang yang Diperlukan

Persiapkan juga barang-barang yang harus dibawa ke rumah sakit saat melahirkan dalam satu tas, sehingga tidak ada yang tertinggal. Moms bisa menyiapkan tas ini jauh-jauh hari. Jangan lupa membawa dokumen-dokumen yang diperlukan.

6 dari 6 halaman

Mengatur Jadwal Besuk

Kalau Moms melahirkan di hari Lebaran, bersiap-siap untuk kebanjiran kerabat yang datang membesuk. Karena masih dalam suasana Lebaran, kerabat mungkin akan bersilaturahmi sekaligus mengunjungi si Kecil.

Moms bisa mengatur jadwal kunjungan ini agar bisa beristirahat. Istirahat sangat penting karena Moms kehilangan banyak tenaga saat persalinan.

Semoga persalinannya lancar ya, Moms!

Beri Komentar