Ini Yang Dilakukan Ibu Saat Bayi Usia Dibawah 6 Bulan Alami Demam

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 20 April 2021 13:02
Ini Yang Dilakukan Ibu Saat Bayi Usia Dibawah 6 Bulan Alami Demam
Simak yuk penjelasannya moms

Kita semua tau bahwa Demam tak hanya dialami oleh orang dewasa dan bisa dialami oleh semua orang termasuk dengan bayi yang masih berusia kurnag dari 6 bulan. Demam yang menyerang bayi tentu saja mengkhawatirkan bagi Mama karena Mama takut demam tersebut bisa membahayakan si Kecil, lho!

Simak beberapa kiat-kiat atau pertolongan pertama di bawah ini yang mungkin bisa dilakukan oleh ibu ketika si kecil mengalami demam!

1 dari 4 halaman

Kompres si Kecil

Bayi yang berusia kurnag dari enam bulan ketika demam bia ditangani tanpa harus menggunakan resep dokter lho. Jika darurat, ibu bisa mengomres si kecil dengan kain yang sudah direndam oleh air hangat.

Baiknya, letakkan kompres pada bagian dahi, leher, ketiak, dan pangkal paha. Cara tersebut umumnya bisa menurunkan suhu tubuh bayi.

2 dari 4 halaman

Berikan ASI

Saat si kecil sedang demam, kebanyakan dari mereka akan merasakan dehidrasi dan banyak cairan akan keluar dari kulit mereka. Oleh karena itu, baiknya ibu memberikan ASI secara ekslusif kepada si kecil untuk meminimalisir terjadinya dehidrasi yang semakin membuatnya rewel.

Jangan panik, pastikan bahwa si kecil terus minum ASI meskipun sedang rewel. Berangsur-angsur nantinya bayi akan tenang dan tertidur.

3 dari 4 halaman

Mandikan Air Hangat

Saat bayi umur enam bulan demam, boleh kok ibu memandikan mereka. Namun, baiknya ibu menggunakan air hangat untuk memandikan si kecil karena pengguna air dingin justru bisa membuat suhu tubuhnya semakin naik. 

Setelah mandi, usahakan untuk menjaga ruangan bayi tetap sejuk. Jika suhu kamar bayi cukup panas, sebaiknya gunakan AC atau kipas angin. Jangan arahkan langsung kipas angin atau AC ke tubuh bayi ya!

Semoga membantu

 

Beri Komentar