Gemar Makan Kuaci? Ternyata Biji Bunga Matahari Bisa Tingkatkan Kesuburan, lho!

Reporter : Mila I
Rabu, 14 Juli 2021 16:57
Gemar Makan Kuaci? Ternyata Biji Bunga Matahari Bisa Tingkatkan Kesuburan, lho!
Cocok nih untuk Moms yang mau menjalankan program hamil.

Bagi calon ibu yang sedang menjalani program hamil (promil) dianjurkan untuk menghindari camilan terutama yang digoreng dan mengandung pemanis buatan. Sebagai gantinya Moms bisa memilih aneka camilan sehat yang rasanya tidak kalah enak.

Jenis camilan yang disarankan dikonsumsi ketika menjalani promil adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Salah satunya adalah biji bunga matahari atau kuaci.

Tahukah Moms apa saja manfaat biji bunga matahari bagi kesuburan? Langsung intip aja penjelasan lengkap di bawah!

1 dari 5 halaman

Sumber Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi oleh Moms ketika menjalani promil. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi selama dan sebelum kehamilan.

iDalam setiap 28 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 16% dari kebutuhan asam folat harian.

2 dari 5 halaman

Kaya Vitamin E

Biji bunga matahari adalah salah satu sumber antioksidan yaitu vitamin yang bukan hanya bermanfaat bagi Moms tetapi juga Ayah.

Sebuah penelitian dalam jurnal Human Reproduction Update diketahui bahwa mengonsumi vitamin E terbukti meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan meningkatkan fragmentasi DNA.

3 dari 5 halaman

Mengandung Selenium

Di alam setiap 28 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 3.31% dari nilai selenium harian yang direkomendasikan.

Melansir The Bump, dokter naturopati sekaligus ahli gizi, Aumatma Shah, ND, mengatakan bahwa selenium adalah vitamin super yang baik bagi kesuburan dan kehamilan karena kandungan antioksidan di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Penyeimbang Hormon

Mengkonsumsi biji bunga matahari untuk promil juga diketahui dapat membantu membuat hormon lebih seimbang.

Melansir Times of India, biji bunga matahari mengandung 100 jenis enzim yang mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Bagi wanita, enzim dalam biji bunga matahari ini diketahui bisa menyeimbangkan produksi estrogen dan progesteron.

5 dari 5 halaman

Cara Mengonsumsi Biji Bunga Matahari

Berikut cara mengonsumsi biji bunga matahari untuk kesuburan:

  • Untuk mendapat manfaat optimal, Moms bisa pilih dan beli biji bunga matahari organik. Biji bunga matahari yang dipanggang dalam minyak kemungkinan tinggi mengandung radikal bebas. Jadi ebih baik Moms pilih yang masih dalam cangkangnya karena menjamin kualitasnya.
  • Hindari membeli biji bunga matahari yang asin. Jika Moms ingin merasakan rasa asin ketika mengonsumsinya, lebih baik tambahkan garam sebelum dikonsumsi.
  • Rendam benih dengan garam laut selama beberapa jam. Garam laut bermanfaat sebagai sumber mineral. Kemudian, keringkan dalam oven hangat. Ini akan menghindari Moms dari sakit perut karena makan biji mentah.
  • Jika Moms menyukai biji bunga matahari secara keseluruhan, maka bisa menaburkannya di atas makanan seperti oatmeal, smoothie, atau salad. 

Gimana, tertarik untuk mengonsumsi biji bunga matahari untuk kesuburan?

Beri Komentar