Jangan Sering-Sering, Berapa Kali Sih Bayi Boleh Keramas?

Reporter : Prisma Difta
Senin, 1 Maret 2021 16:14
Jangan Sering-Sering, Berapa Kali Sih Bayi Boleh Keramas?
Wah, simak ya moms!

Bayi yang baru saja melahirkan harus tetap selalu bersih agar terhindar dari penyakit, salah satunya kebersihan rambut harus selalu dipertimbangkan oleh ibu. Namun, pada umumnya, ibu masih kesulitan dalam menentukan berapa kali bayi boleh dikeramas? Nah, mungkin tips di bawah bisa membantumu moms!

 

1 dari 2 halaman

Perlu diketahui, bagi bayi yang baru berusia 1 bulan atau kurang dari itu ibu bahkan belum boleh mengeramasi rambutnya setiap hari, cukup dikeramasi sekitar 1 hingga 2 kali dalam seminggu saja, kecuali ada kondisi kesehatan yang lain.

Mama pun tidak harus memakai sampo untuk membersihkan rambut bayi. Karena bayi cenderung banyak tidur, membilas kepala si Kecil dengan air hangat cukup efektif untuk membersihkan kulit kepalanya.

 

2 dari 2 halaman

Sedangkan, pada bayi yang berusia sekitar 3 sampai 6 bulan, si kecil sudah aktif berguling. sehingga ibu bisa mengeramasinya sekitar  dua hari sekali. hal tersebut juga tergantung dnegan suhu ruangan dan juga aktifotas yang dilakukan si kecil, terlebih lagi jika ia sering berkeringat.

Itulah mengapa bayi bayi berusia di atas 6 bulan, ia bisa dikeramas lebih sering. Aktivitas harian bayi cenderung meningkat begitu ia mulai merangkak ke sana kemari.

Keramas dengan sampo akan membantu si kecil menghilangkan kotoran di rambut yang mungkin terasangkut saat berguling atau berpergian, termasuk dengan penumpukan sel kulit mati pada rambut.

 

Karena jila dibiarkan, penumpukan sel kulit mari tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bayi gatal-gatal.

 

Beri Komentar