Baiknya Ini yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Lebaran Nanti!

Reporter : Prisma Difta
Jumat, 7 Mei 2021 09:17
Baiknya Ini yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Lebaran Nanti!
Simak yuk moms!

Lebaran adalah momen yang banyak dinantikan oleh umat muslim termasuk dengan kaum ibu hamil. Selain kebersamaan, makanan saat lebaran sangat dinanti oleh mereka yang merayakan, godaan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak pun sangat besar. Taukah, bahwa baiknya ibu hamil harus bisa memilah-milah makanan, terutama saat Lebaran. 

Simak yuk makanan yang seperti apa yang bisa ibu hamil dapat konsumsi saat Lebaran nanti!

 

1 dari 3 halaman

Pilih karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan komponen penting dalam diet ibu hamil. Namun, berhati-hatilah dalam pemilihan karbohidrat untuk kesehatan Anda.

Kandungan Karbohidrat terdapat pada Nasi, Pasta ataupun Kentang yang tentunya banyak ibu jumpai pada makanan lebaran nanti. Ingat bahwa ibu hanya boleh mengonsumsi sebanyak 60 persen saja dari totoal kalori harian ya!

 

2 dari 3 halaman

Hindari konsumsi lemak berlebih

Saat lebaran nanti, pasti kita menemukan banyak makanan berlemak seperti opar ayam dan makanan lain. Apakah ibu tahu bahwa makana yang kaya akan lemak juga patut dihindari?

Konsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori selama kehamilan dapat meningkatkan risiko berat badan berlebih pada diri Anda dan janin. Selain itu, makanan dengan kandungan lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah dalam jangka panjang.

 

3 dari 3 halaman

Pilih sayuran yang sudah dimasak

Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang wajib ibu konsumsi selama masa kehamilan untuk meningkatkan kesehatan si kecil.

Tapi, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi sayuran yang sudah dimasak, baik dengan dikukus, direbus, atau ditumis. Sayuran yang masih mentah dan dikonsumsi secara langsung dikhawatirkan mengandung berbagai kuman yang tidak aman untuk kesehatan ibu maupun janin.

Beri Komentar