8 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Ketahui Takaran Konsumsinya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 17 Maret 2021 12:14
8 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Ketahui Takaran Konsumsinya
Kira-kira apa saja sih manfaat madu untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pada trimester pertama, biasanya ibu hamil sangat rentan untuk mengalami keguguran. Maka dari itu, Moms harus ekstra menjaga kehamilannya dengan membatasi aktivitas yang berat-berat, dan menjaga asupan makanannya.

Nah, salah satu asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil saat trimester pertama adalah madu. Ya, selain rasanya yang manis, manfaat madu untuk ibu hamil ini juga baik untuk kesehatan janin. Tapi, Moms juga tetap memperhatikan porsi mengonsumsi madu supaya tidak menimbulkan bahaya yang tak diinginkan, ya.

Agar mengetahui lebih jelas mengenai manfaat madu untuk ibu hamil dan takaran konsumsinya, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Manfaat Madu untuk Ibu HamilManfaat Madu untuk Ibu Hamil © unsplash.com/@bermixstudio

Seperti yang Moms ketahui, madu sangat kaya akan nutrisi. Sebab, madu mengandung kalori, sodium, magnesium, vitamin C, B6, dan banyak nutrisi penting lainnya yang bisa membantu memelihara kesehatan tubuh. Berikut manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama:

1. Membantu Mengurangi Rasa Mual

Pada trimester pertama atau kisaran minggu 1-13, tentu Moms seringkali merasakan mual. Nah, untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan, kamu bisa mengonsumsi madu.

Pasalnya, manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama ini bisa membantu mengurangi rasa mual yang dirasakan karena madu memiliki rasa yang manis seperti gula.

2. Suplemen Penambah Tenaga dan Ketahanan Diri Selama Mengandung

Tak hanya membantu mengurangi rasa mual, manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama juga dijadikan sebagai suplemen penambah tenaga serta ketahanan Moms selama mengangdung hingga pada saat menjelang masa kelahiran si Kecil. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan lebih kuat untuk menjalani proses persalinan, deh.

3. Membasmi Ketombe

Di masa kehamilan, mungkin tak sedikit ibu hamil bermasalah dengan kesehatan rambut dan kulit kepala. Tapi Moms nggak usah khawatir, sebab kamu bisa mengatasinya dengan madu.

Hal ini karena kandungan antibakteri pada madu tak hanya meredakan sakit tenggorokan, namun juga efektif membasmi ketombe serta kulit kepala gatal. Caranya cukup mudah, yakni aduk madu dan air hangat, kemudian balurkan ke kulit kepala sambil diusap dan dipijat lembut lalu bilas bersih.

Agar mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil ini dengan maksimal, lakukan cara di atas setiap hari, satu kali sehari ya.

2 dari 4 halaman

4. Membantu menambah Nafsu Makan Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Makan SayurIlustrasi Ibu Hamil Makan Sayur © shutterstock.com/RONNACHAIPARK

Bagi ibu hamil, apalagi di trimester pertama tentu akan merasakan nafsu makan yang tidak stabil karena kerap timbul rasa mual. Sehingga, kondisi ini pun akan berdampak terhadap asupan makanan sang janin.

Oleh karena itu, manfaat madu untuk ibu hamil dipercaya dapat membantu menambah nafsu makan Moms selama kehamilan serta untuk kesehatan janin.

5. Membantu Pertumbuhan Fisik dan Mental Janin

Awal kehamilan merupakan masa-masa janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Ya, pertumbuhan janin ini harus diiringi dengan asupan makanan bergizi dari sang ibu.

Sehingga, manfaat madu untuk ibu hami pada trimester pertama yaitu bisa membantu pertumbuhan fisik serta mental janin menjadi baik dan lebih kuat. Dikarenakan Moms harus senantiasa menjaga asupan yang dikonsumsi, maka hal tersebut nantinya akan berdampak terhadap pertumbuhan fisik dan mental sang janin.

6. Mengatasi Keluhan Susah Buang Air Besar (BAB)

Saat masa kehamilan, tak sedikit Ibu hamil mengeluh di momen tersebut. Mulai dari mual, nafsu makan berkurang, hingga mengaku susah ketika buang air besar (BAB). Maka dari itu, mengatasi keluhan susah BAB merupakan salah satu manfaat madu untuk ibu hamil pada trimester pertama.

3 dari 4 halaman

7. Membantu Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit Ibu Hamil dan Janin

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © 2019 https://www.diadona.id /pixabay.com

Nah, manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama yang ke-tujuh yakni membantu menjaga kesehatan serta kebersihan kulit Moms dan janin. Yaps, pada masa awal-awal kehamilan, biasanya kamu akan mengalami masalah-masalah pada tubuh yang mengakibatkan Moms terasa begah dengan badannya sendiri.

Meskipun begitu, Moms juga harus senantiasa menjaga asupannya supaya hormon serta tubuh ibu menjadi lebih baik. Dikarenakan madu mengandung vitamin C, tentu saja hal ini akan menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil serta janin deh.

8. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat madu untuk ibu hamil pada trimester pertama berikutnya adalah mencegah berbagai jenis penyakit, seperti kelelahan, kencing manis, darah tinggi, hingga penyakit selesema, dan bermacam jenis penyakit lainnya.

Oleh karena itu, pada minggu 1-13 kehamilan, atau minggu pertama kehamilan, Moms sangat rentan mengalami kelelahan. Namun, dengan mengonsumsi madu, hal ini akan memperkuat tubuh dan mencegah ibu hamil dari berbagai jenis penyakit.

4 dari 4 halaman

Takaran Aman Konsumsi Madu untuk Ibu Hamil

Walaupun madu menyimpan segudang manfaat untuk ibu hamil, namun Moms tetap perlu memerhatikan dan mengatur porsi yang aman bagi kesehatan. Pun demikian dengan madu.

Apabila Moms ingin mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil tanpa berlebihan mengonsumsinya, maka batasi maksimal 3-5 sendok makan madu per hari. Sebab, dari satu sendok makan madu, mengandung 44 kalori. Sedangkan selama kehamilan, asupan gula tidak boleh lebih 10 persen dari kebutuhan kalori per hari, yakni 300 kalori.

Efek Samping Mengonsumsi Madu Secara Berlebihan

Ohiya, selain memperhatikan takaran aman di atas, Moms juga perlu tahu efektif samping apabila mengonsumsi madu secara berlebihan, lho. Beberapa di antaranya bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Bahkan, efek samping yang di dapatkan dari mengonsumsi madu secara berlebihan ialah dapat menyebabkan kram perut, sembelit, diare, dan kembung. Sebab, konsumsi madu yang berlebihan membuat tubuh kamu jadi asam serta memengaruhi saluran pencernaan yang nantinya memperlambat pencernaan.

Nah, itulah manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama beserta takaran aman dan efek samping yang ditimbulkan jika tidak mengonsumsi madu sesuai anjuran dokter. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar