5 Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil, Catat ya Moms!

Reporter : Mila
Rabu, 28 April 2021 10:57
5 Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil, Catat ya Moms!
Gak boleh sembarangan, bumil harus duduk dengan nyaman.

Sudah bukan hal baru lagi jika sebagian besar ibu hamil sering mengeluhkan gangguan kesehatan, seperti sakit punggung, pinggang, pinggul, leher, dan bahu.

Hal ini wajar karena Moms harus menopang beban tubuh lebih. Selain itu, faktor munculnya gangguan kesehatan pada ibu hamil ternyata juga bisa disebabkan oleh posisi duduk yang salah saat masa kehamilan.

Bagi Moms sendiri, duduk yang salah saat hamil bisa menyebabkan komplikasi seperti gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, dan rasa sakit di persendian yang bisa terasa setelah melahirkan. Sementara pada janin bisa memengaruhi posisinya di dalam rahim dan menyebabkan cedera.

Lantas, bagaimana posisi duduk yang benar saat hamil?

1 dari 5 halaman

Duduk di Kursi

Posisi duduk yang baik saat hamil adalah menjaga punggung tetap lurus, panggul harus miring ke depan, lutut harus diletakkan pada sudut yang tepat. Selain itu, tulang pinggul bumil harus tergantung pada bagian belakang kursi.

2 dari 5 halaman

Duduk di Sofa

Moms harus menghindari duduk dengan kaki atau pergelangan kaki menyilang di sofa. Sebab hal ini bisa membuat sirkulasi darah ke pergelangan kaki tersumbat dan menyebabkan kaki sakit dan bengkak.

Gunakan bantal atau handuk untuk diletakkan di punggung untuk menyeimbangkan posisi leher dan punggung. Selain itu, kaki juga tidak boleh menggantung ke atas selama masa kehamilan.

3 dari 5 halaman

Duduk di Gym Ball

Duduk di atas gym ball adalah latihan yang bagus untuk membuat tubuh Moms siap saat menghadapi persalinan nanti. Berlatih duduk di atasnya setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tulang panggul dan otot-otot saat bersalin.

4 dari 5 halaman

Duduk di Lantai

Posisi cobbler atau duduk di lantai adalah posisi duduk yang baik saat hamil. Moms harus duduk dengan posisi punggung lurus, lutut ditekuk, dan telapak kaki disatukan. Namun, saat Moms duduk dalam posisi cobbler, jangan lupa meletakkan matras atau selimut di bawah tulang punggung, ya!

5 dari 5 halaman

Mengganti Posisi Tubuh

Meski sedang duduk, bumil harus membiasakan diri untuk mengganti posisi atau bergerak 30 menit atau satu jam sekali supaya otot mengendur dan aliran darah lancar.

Gimana, udah paham kan Moms? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar