Pengertian Neraca Perdagangan, Pembayaran, Saldo dan Lajur dalam Dunia Akuntansi

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 13 Juli 2020 10:45
Pengertian Neraca Perdagangan, Pembayaran, Saldo dan Lajur dalam Dunia Akuntansi
Pengertian neraca ialah arsip penting di dalam perusahaan.

Pengertian neraca adalah dokumen yang berisi kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu, dan biasanya ditulis untuk satu tahun serta akan dijadikan rujukan untuk tahun yang selanjutnya.

Sedangkan sumber lain menjelaskan bahwa pengertian neraca ialah laporan keuangan suatu entitas bisnis yang di dalamnya terdapat informasi mengenai aktiva, serta ekuitas pemegang saham pada akhir periode akuntansi di perusahaan tersebut.

1 dari 5 halaman

Manfaat dari laporan neraca adalah untuk menganalisis finansial kalau dalam pelaksanaan terdapat perubahan, untuk melunasi hutang jangka pendek, serta melakukan analisis likuiditas.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian neraca serta jenis-jenisnya di dalam dunia akuntansi, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Neraca Perdagangan

Pengertian Neraca © Diadona

Pengertian neraca perdagangan adalah perbedaan antara nilai barang dan jasa yang diekspor serta diimpor dari suatu negara dalam periode waktu tertentu.

Dengan begitu neraca perdagangan menjadi komponen terbesar dalam neraca pembayaran, sebab menjadi indikator untuk mengukur seluruh transaksi internasional.

Dalam praktiknya, neraca perdagangan memiliki dua sifat, positif dan negatif. Maksudnya suatu negara dikatakan mempunyai neraca perdagangan yang positif kalau negara tersebut lebih banyak melakukan ekspor daripada impor.

3 dari 5 halaman

Neraca Pembayaran

Pengertian Neraca © Diadona

Pengertian neraca pembayaran adalah perbandingan penerimaan uang antara dua negara yang terperinci tentang transaksi perdagangan yang diselenggarakan oleh negara dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan pengertian neraca pembayaran Indonesia menurut Bank Indonesia, adalah statistik yang mencatat transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dengan negara lain pada suatu periode tertentu.

Transaksi dalam neraca pembayaran bisa dibedakan dalam dua macam, yakni:

1. Transaksi Debit

Transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang dari dalam negeri ke luar negeri. Namun, transaksi ini disebut transaksi negatif, karena menyebabkan berkurangnya posisi cadangan devisa.

2. Transaksi Kredit

Transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang dari luar negeri ke dalam negeri. Hal ini disebut sebagai transaksi positif, karena menyebabkan bertambahnya posisi cadangan devisa negara.

Sehingga, tujuan dari neraca pembayaran ialah untuk mengetahui aliran sumber daya antar negara, mengetahui struktur ekonomi dan perdagangan suatu negara, serta mengetahui perubahan posisi cadangan devisa suatu negara.

4 dari 5 halaman

Neraca Saldo

Pengertian Neraca © Diadona

Pengertian neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dan setiap akun yang disusun dalam neraca saldo harus dibuat secara sistematis (sesuai dengan kode akun)/ tidak boleh acak.

Sedangkan sumber lain menjelaskan pengertian neraca saldo adalah daftar yang dipersiapkan pada akhir setiap periode, yang memuat ringkasan dari akun transaksi beserta saldonya untuk sebagai sebagai bahan evaluasi.

Sehingga fungsi dari neraca saldo adalah untuk koreksi, pencatatan, koreksi, persiapan, serta monitoring keuangan dalam perusahaan baik perusahaan barang atau jasa.

5 dari 5 halaman

Neraca Lajur

Pengertian Neraca © Diadona

Pengertian neraca lajur ialah sebuah kertas kerja maupun worksheet yang berisi semua data tentang akuntansi untuk memudahkan saat membuat laporan keuangan.

Meskipun kertas kerja tersebut bukan laporan keuangan, namun fungsi dari neraca ini sangat berguna untuk memudahkan pembuatan laporan, sebab akan memberikan gambar tentang keuangan yang ada.

Selain itu, fungsi dari neraca saldo ialah untuk meringkas data dalam pencatatan keuangan, memeriksa kembali data yang dicatat, serta menunjukkan perusahaan telah menjalankan prosedur.

Itulah pengertian neraca, jenis dan fungsinya dalam dunia akuntasi serta perusahaan yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar