Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop, Cukup 3 Menit

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 19 Agustus 2023 11:07
Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop, Cukup 3 Menit
Pesanan di TikTok Shop dapat dibatalkan dengan berbagai ketentuan, mulai dari jenis pengiriman, waktu dan pembayaran

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop bisa dilakukan tergantung pada beberapa hal. Misalnya, apakah pesanan kamu dikirim oleh TikTok atau seller, apakah pesanan sudah dibayar atau belum dan jangka waktu pembatalan dari pemesanan.

Dikutip dari TikTok Shop Academy, kamu bisa membatalkan pemesanan dari jenis pengiriman oleh Tiktok, tanpa melalui persetujuan penjual. Hanya saja, pembatalan bisa dilakukan sebelum status pesanan berubah menjadi 'Untuk Dikirim-Menunggu Pickup"

Sementara itu untuk jenis pengiriman oleh penjual, pesanan di TikTok Shop dapat dibatalkan tanpa melalu persetujuan penjual. Namun permintaan pembatalan ini dapat diajukan kurang dari satu jam sejak pemesanan.

1 dari 4 halaman

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop © Diadona

Apakah pesanan TikTok COD bisa dibatalkan?

Ya, pesanan TikTok Shop yang menggunakan pembayaran COD tetap bisa dibatalkan selama proses pemesanan belum sampai ke tahap pengiriman. Selain itu, proses pembatalan harus dilakukan dengan persetujuan penjual.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Buka aplikasi TikTok di HP kamu.
  2. Buka fitur TikTok Shop melalui menu Belanja di bagian bawah.
  3. Klik menu Pesanan yang ada di sebelah kiri atas.
  4. Klik pesanan yang akan dibatalkan.
  5. Klik pilihan 'Hubungi Penjual' yang terletak di bagian bawah.
  6. Klik 'Kirim Pesan' agar kamu bisa chat dengan penjual, trus hubungi mereka untuk meminta pembatalan pengiriman pesanan. Jangan lupa sertakan alasan kamu dan chat dengan bahasa yang baik ya!
  7. Tunggu sampai penjual menyetujui permintaan pembatalan pesanan.
  8. Setelah disetujui, maka di bagian menu 'Lacak Paket' akan terlihat bahwa pesanan kamu sudah dibatalkan sehingga pengantaran paket pun juga pasti batal.

Nah meskipun kamu tidak melakukan pembatalan, pesanan bisa batal dikirimkan karena adanya pembatalan otomatis di TikTok Shop. Pembatalan ini berfungsi secara otomatis bila penjual terlambat menyerahkan pesanan mereka ke pihak jasa kirim.

Saat pesanan batal, maka dana akan kembali ke pembeli.

Kapan pembatalan otomatis di TikTok Shop?

Kalau kamu sudah checkout barang tapi belum melakukan pembayaran, maka pesanan kamu bisa batal secara otomatis. Nah, pembatalan otomatis ini bisa terjadi ketika kamu melewati batas waktu pembayaran yang telah ditentukanoleh penjual plafotm yang berlaku.

Pesanan yang dalam proses menunggu pengiriman dapat dibatalkan secara otomatis bila selama 5 hari sejak pesanan dibuat, tidak ada pembaruan status pengiriman.

Bagaimana cara meminta pengembalian dana di TikTok Shop?

Pengajuan pengembalian dana di TikTok Shop hanya bisa dilakukan setelah kamu mereturn atau mengembalikan barang kepada penjual. Namun, ada ketentuan dan syarat yang mesti kamu perhatikan ya, Diazens. Layanan ini hanya bisa digunakan ketika paket sudah kamu terima.

  1. Caranya, kamu tinggal masuk ke profil akun TikTok lalu masuk ke menu “ Settings and Privacy.”
  2. Setelah itu, masuk ke menu “ Orders” dan cari barang yang ingin diretur. Kemudian, klik “ Request Refund” lalu kirimkan kembali barang tersebut.
  3. Nah setelah kamu meretur barangnya, kamu baru bisa memilih “ Refund Method.” Isilah data rekening seperti nama bank, nama lengkap, dan email. Terakhir, cek kembali data lalu klik “ Confirm for Withdraw.”

Lebih lengkap mengenai cara membatalkan pesanan di TikTok Shop bisa kamu lihat di uraian berikut ini:

2 dari 4 halaman

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Belum Dibayar

Berubah pikiran setelah memesan suatu barang, adalah hal yang biasa. Untungnya, kadang pesanan tersebut belum kamu bayar. Bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok Shop pesanan tersebut masih dalam proses menunggu pembayaranmu?

  1. Pertama-tama, buka aplikasi TikTok di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya, buka menu “ Shop” yang ada di bagian bawah layar. Menu ini disimbolkan dengan ikon tas belanja ya, Diazens.
  3. Pada menu “ Shop” kamu bisa melihat daftar barang yang kamu pesan di TikTok Shop. Kemudian, pilihlah barang yang ingin kamu batalkan.
  4. Klik “ Cancel” pada pesanan kamu atau kamu juga bisa membatalkannya di menu “ Awaiting Payment.”
  5. Terakhir, pilih alasan pembatalan pesanan. Kemudian, klik tombol submit dan pesanan kamu sudah berhasil dibatalkan.

3 dari 4 halaman

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Sudah Dibayar

Bila pesanan kamu sudah dibayar dan kamu ingin membatalkannya, maka kamu harsu menghubungi penjual terlebih dahulu. Sertakan alasan yang baik mengapa kamu tidak jadi memesan, ya!

  1. Buka aplikasi TikTok di smartphone kamu.
  2. Buka menu “ Shop” yang ada di bagian bawah layar. Menu ini disimbolkan dengan ikon tas belanja. Pada menu ini kamu bisa melihat barang yang kamu pesan. Pilih pesanan yang sudah dibayar lalu klik cancel.
  3. Selanjutnya, pilih alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan lalu klik tombol “ Submit.”
  4. Jangan lupa hubungi dan mintalah penjual untuk membatalkan proses pengiriman.

Perlu diketahui nih kalau kamu membatalkan pesanan tanpa persetujuan seller jika pesanan dikirim melalui pengiriman jenis 'Dikirim oleh Seller' dan permintaan pembatalan dilakukan kurang dari 1 (satu) jam dari waktu pemesanan.

Tapi bila pesanan tersebut sudah kamu bayar lebih dari satu jam yang lalu melalui jenis pengiriman Dikirim oleh Seller, maka pesanan yang belum dikirim bisa dibatalkan atas persetujuan seller atau penjual.

Trus semua penjual harus merespon permintaan pembatalan dalam waktu 48 jam setelah permintaan.
Jika seller tidak mengambil tindakan terhadap permintaan pembatalan atau pengembalian dana, permintaan yang tertunda akan disetujui secara otomatis.

4 dari 4 halaman

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop COD

Bila pesanan tak kunjung kamu bayar melalui platform pembayaran digital, maka pesanan akan otomatis batal setelah melewati jangka waktu tertentu. Namun bila kamu memilih sistem pembayaran 'Cash on Delivery', maka pesanan akan tetap diproses dan harus kamu bayar begitu pesanan tiba.

Untuk pembatalan pesanan di TikTok Shop via COD, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi TikTok yang ada pada smartphone kamu.
  2. Masuk ke laman profil lalu klik ikon garis tiga yang ada di sisi kanan atas.
  3. Klik “ Orders’ yang ada di menu “ Setting and Privacy.”
  4. Selanjutnya, pilih produk yang ingin dibatalkan lalu klik tombol “ Cancel” yang ada di menu “ Awaiting Payment.”
  5. Terakhir, isi alasan pembatalan lalu klik “ Submit.”

Cara membatalan pesanan di TikTok Shop dibuat dalam sistem yang menguntungkan penjual dan pembeli. Sebelum memesan barang, pastikan kamu sudah mempertimbangkan pembelian dengan baik sehingga tak perlu repot membatalkannya.

Editor :  Shellta Zanneti Mallarangi

Beri Komentar