Ini lho Batasan Pacar Boleh Ikut Campur dalam Urusan Keuanganmu

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 26 Agustus 2020 10:40
Ini lho Batasan Pacar Boleh Ikut Campur dalam Urusan Keuanganmu
Jangan sampai kelewat batas deh kalau urusan duit walaupun sama pacar sendiri.

Masa-masa pacaran menjadi waktu yang tepat untuk mengenal lebih dalam tentang pasanganmu. Siapa tahu berjodoh dan jadi pasangan hidup, kamu jadi bisa lebih memahami bagaimana diri pasanganmu seutuhnya.

Meski begitu, menyelami diri pasangan pun tetap ada batasnya. Dalam berbagai hal, tetap ada poin-poin tertentu yang sebaiknya nggak dilakukan, misal dalam urusan keuangan.

Keuangan di masa pacaran memang cukup tricky. Di satu sisi perlu dibicarakan, namun di sisi lain tetap ada rambu-rambunya. Apa aja sih yang perlu diperhatikan?

Yuk simak pembahasan Diadona berikut!

1 dari 3 halaman

Boleh dilakukan

Ilustrasi pasangan menabung © Diadona

- Saling mengingatkan untuk nabung

Hubungan asmara di tahap pacaran adalah masa yang tepat untuk saling dorong agar bisa sama-sama jadi pribadi yang lebih baik. Mengingatkan pacar untuk disiplin nabung adalah salah satu bentuknya. Ngingetin pacar buat menyisihkan sebagian uangnya juga bisa menunjukkan seberapa serius dia menyikapi masa depannya, termasuk masa depan hubungan sama kamu.

- Patungan atau saling traktir

Walaupun sudah saling dekat, tapi di hubungan pacaran sebenarnya belum ada beban tanggung jawab untuk kalian memenuhi kebutuhan masing-masing. Jadi, sewajarnya kalau lagi kencan kalian bayar makan atau nonton dengan cara patungan. Pilihan lainnya adalah dengan gantian bayar, misal kamu bayar makan dan pacarmu bayar tiket nontonnya. Pokoknya urusan keuangan yang ada hubungannya sama pacaran jangan sampai dibebankan ke satu pihak aja deh!

- Diskusi tentang keuangan pribadi

Masalah keuangan sering dianggap sebagai sesuatu yang sensitif sehingga nggak banyak orang yang mau membicarakannya secara gamblang. Meski begitu, membicarakan uang dengan pacar adalah hal yang wajar kok. Diskusi masalah keuangan bareng pacar adalah bagian dari keterbukaan dalam hubungan. Bisa jadi pondasi baik kalau kamu dan pacarmu serius dengan masa depan hubungan kalian.

2 dari 3 halaman

Sebaiknya dihindari

Ilustrasi pasangan berdebat © Diadona

- Buat rekening bareng

Ide membuat rekening bersama memang terasa ideal, tapi nggak dilakukan waktu masih pacaran juga kaliii. Apalagi kalau kamu dan pacarmu masih ada di usia hubungan yang sangat muda. Nggak ada salahnya memang menyiapkan uang untuk masa depan hubungan, tapi namanya pacaran, masa depan rasanya masih buram. Kalau ada apa-apa repot lho nanti ngurusnya.

- Royal beli-beliin sesuatu

Membelikan pasangan barang-barang yang dia mau setiap waktu terlihat romantis, namun sebaiknya nggak dilakukan oleh kamu yang masih di tahap pacaran. Apalagi kalau kamu sampai memaksakan untuk beli sesuatu yang di luar kemampuanmu. Kalau kamu memang sangat ingin memberi sesuatu ke pacarmu, lakukan di momen khusus seperti ulang tahun.

- Pinjem-pinjemin kartu kredit/debit

Sebelas dua belas dengan kebiasaan royal membelikan barang, ngasih pinjem kartu kredit atau debit untuk belanja pacarmu pun sebaiknya nggak kamu lakukan. Bukannya pelit, tapi hal ini bisa jadi sumber masalah, misal pacarmu jadi kebiasaan konsumtif karena merasa punya kamu sebagai dompet cadangannya.

3 dari 3 halaman

Semoga dengan ulasan ini kamu dan pasangan bisa menjalankan kehidupan pacaran dengan kondisi keuangan yang lebih sehat ya!

Beri Komentar