Bank Indonesia : Definisi, Tujuan, Peran dan Rekrutmen

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 11 Juni 2021 17:54
Bank Indonesia : Definisi, Tujuan, Peran dan Rekrutmen
Bank Indonesia adalah bank sentral dan bekerja dnegan satu tujuan yakni memelihat kestabilan nilai rupiah.

Bank Indonesia adalah bank sentral Republik Indonesia. Bank sentral sendiri adalah lembaga finansial yang diberikan kendali istimewa atas produksi dan distribusi uang dan kredit untuk suatu negara.

Sesuai dengan Pasal 23D UUD Republik Indonesia dan UU Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, Bank Indonesia adalah lembaga independen. Apa artinya? Bahwa dalam menjalankan tugasnya, Bank indonesia bebas dari campur tangan pihak luar.

1 dari 4 halaman

Tujuan Bank Indonesia

Bank IndonesiaBank Indonesia © 2021 liputan6.com

Dalam kedudukannya sebagai bank sentral, Bank Indonesia hanya memiliki satu tujuan yakni memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan tersebut terukur dalam dua aspek yakni :
- kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa yang tercermin dalam perkembangan laju inflasi
- kestabilan terhadap mata uang negara lain yang tercermin dalam perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing

Nah, untuk mencapai tujuan itu, bank Indonesia bekerja dengan dukungan tiga pilar yakni :

  • Menetapkan dan menjalankan kebijakan moneter
  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  • Mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia

2 dari 4 halaman

Tugas Bank Indonesia

Bank IndonesiaBank Indonesia © 2021 Merdeka.com / Dwi Narwoko

Tugas utama Bank Indonesia adalah menjaga stabilitas moneter dan juga stabilitas sistem keuangan, yakni perbankan dan pembayaran. Keduanya berjalan beriringan dan berdampak satu sama lain. Dalam menjalankan peran tersebut, ini yang lima peran utama Bank Indonesia, dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan :

- Menjaga stabilitas moneter melalui instrumen suku bunga dalam operasi pasar terbuka
- Menciptakan kinerja lembaga keuangan yang sehat, khususnya perbankan. Peran ini dilakukan dalam bentuk mekanisme pengawasan dan regulasi.
- Mengatur dan menjaga sistem pembayaran yang didukung dengan informasi dan keahlian untuk mengidentifikasi risiko potensial dalam sistem pembayaran.
- Riset dan pemantauan
- Pengaman sistem keuangan melalui perannya sebagai lender of the last resort (LoLR) yang berperan dalam mengelola krisis demi menghindari ketidakstabilan sistem keuangan.

Status dan kedudukan Bank Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Sebagai lembaga negara yang independen. Artinya, Bank indonesia bebas dari campur tangan pemerintah dan pihak lainnya. BI punya otoritas penuh untuk merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya
  • Sebagai badan hukum publik maupun perdata sesuai dengan ketetapan undang-udangan. Bank Indonesia berha menetapkan peraturan-peraturan hukum sesuai dengan tugas dan wewenang. Bank Indonesia juga bisa berlaku untuk dan atas nama sendiri di dalam maupun di luar pengadilan hukum.

3 dari 4 halaman

Rekrutmen Bank BI

Gedung Bank IndonesiaGedung Bank Indonesia © shutterstock.com/g/Harismoyo

Tertarik bergabung dengan Bank Indonesia? Nah untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai rekrutment Bank indonesia, kamu tinggal kunjungi saja laman resmi Bank Indonesia. Di laman tersebut akan ditampilkan lowongan yang tersedia berikut posisi yang ditawarkan dan kualifkasi yang dibutuhkan.

Awas, karena menjadi karyawan Bank Indonesia adalah posisi yang menggiurkan, jangan sampai tertipu dengan lowongan palsu ya! Selalu pastikan kebenaran lowongan tersebut dari sumber yang kredibel.

4 dari 4 halaman

Bank Syariah Indonesia

Bank IndonesiaBank Indonesia © 2021 liputan6.com/Angga Yuniar

Bank Syariah Indonesia atau BSI adalah lembaga perbankan syariah yang merupakan hasil merger dari anak perusahaan BUMN di bidang perbankan, yakni Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah. Bank Syariah Indonesia berdiri pada 01 Februari 2021 pukul 13.00 WIB lalu.

Bank Syariah Indonesia telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya dan merupakan satu dari 10 bank raksasa di Indonesia dengan aset 245,7 triliun. angka tersebut menjadikan Bank Syariah Indonesia berada di peringkat ke-7 dalam perangkingan bank besar di Indonesia.

Saat merger, Bank Syariah Indonesia telah memiliki 14.9 juta nasabah dari ketiga bank sebelumnya. Untuk kamu yang merupakan nasabah dari ketiga bank BUMN tersebut, jangan khawatir karena pelayanan nggak akan berubah. Bank-bank andalan kamu tersebut hanya berganti nama dan logo baru kok!

Beri Komentar