Bangkit dari Krisis, Jutawan Ini Bagikan Tips Balikkan Kondisi Keuangan Pasca Pandemi

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 30 April 2020 13:40
Bangkit dari Krisis, Jutawan Ini Bagikan Tips Balikkan Kondisi Keuangan Pasca Pandemi
Masa karantina bisa dimanfaatkan untuk persiapan mengembalikan kondisi finansial.

Masa karantina selama penyebaran virus corona memang terlihat menghambat banyak kegiatan. Meski begitu, lebih banyak waktu di rumah bisa dimanfaatkan untuk mengasah beberapa keterampilan sehingga menambah nilai individu ketika pandemi berakhir.

Dilansir dari laman CNBC via Liputan6.com, Barbara Corcoran, seorang investor di 'Shark Tank' ABC memprediksi bahwa akan ada peningkatan ketergantungan pada bisnis berbasis online. Pekerja-pekerja yang mempunyai keterampilan baru dan selaras dengan kebutuhan bisnis tersebut tentu akan terpakai dan berkembang di masa depan.

Lebih jauh, Barbara menuturkan beberapa tips mengembalikan kondisi keuangan pasca pandemi dalam ulasan berikut.

1 dari 3 halaman

Pahami kemampuan

Langkah investasi paling dasar adalah menginvestasikan skillmu dan mengetahui kekurangan diri.

Kalau kamu berencana tetap berada di bidang pekerjaan yang sama, perlu dipikirkan hal apa yang bisa dikembangkan untuk menambah daya saing. Namun jika ingin beralih ke bidang baru, kamu perlu mengukur kemampuan diri, sejauh mana sih kamu mampu menggeluti bidang tersebut?

" Aku pikir hal yang paling penting untuk dilakukan adalah melihat dirimu dengan jujur, apa keahlianmu. Buat daftar. Apa yang saya bisa lakukan? Apa yang saya lakukan dengan sangat baik? Apa yang saya harap bisa saya lakukan dengan lebih baik,” ujar Barbara.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan tutorial online

Belakangan ini banyak pilihan tutorial online yang bisa dimanfaatkan untuk menambah kemampuan. Mulai yang gratis dan tersebar di Youtube sampai yang berbayar dan dikeluarkan resmi oleh pemerintah dalam Program Kartu Prakerja.

Mana pun yang kamu pilih manfaatnya tergantung seberapa jauh kamu bisa menyerap dan mengaplikasikan tutorial tersebut. Hal ini untuk menambah kemampuanmu ketika kembali ke dunia kerja lagi nanti.

" Kalau kamu pintar, kamu akan membuat dirimu lebih kuat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik ketika kembali ke dunia kerja," tegas Barbara.

3 dari 3 halaman

Isi celah peluang bisnis baru

Dalam masa pandemi, di mana gerak dan kontak langsung dibatasi, internet telah terbukti menjadi salah satu ruang yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang.

Jika ruangnya sudah tersedia, maka mulai cari sektor yang lonjakan permintaannya tinggi, misal kuliner dan perawatan kesehatan.

" Akan ada begitu banyak kebutuhan untuk perawatan kesehatan. Setiap layanan dukungan di dunia, apakah kamu di garda depan atau di garda belakang, perawatan kesehatan akan tumbuh pesat. Layanan asuransi, akan ada begitu banyak klaim asuransi," prediksi Barbara.

Beri Komentar