© Shutterstock.com
Di era digital yang terus berkembang, konten telah menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis. Konten yang menarik dan relevan bukan hanya dapat menarik perhatian audiens, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan mereka.
Bahkan, hal ini membantu meningkatkan kesadaran merek dan, tentu saja, memacu tindakan pembelian. Berdasarkan hasil survey Suara UKM Negeri Vol. 4 tentang seluk beluk social commerce, 37% UKM merasa dapat bertemu dengan target audiens bisnis mereka melalui konten yang relevan.
Dengan ragamnya evolusi konten di dunia bisnis yang semakin diminati, para pelaku usaha diharuskan selalu mengikuti tren konten terkini. Ninja Xpress bersama dengan Oky Andreas, seorang marketing coach, membagikan 5 tipe konten yang sedang trend di tahun 2024 yang bisa UKM lakukan khususnya dalam berbisnis menyambut lebaran contoh.
Konten Paling Populer di Tahun 2024 ala Ninja Xpress dan Oky Andries © Shutterstock.com© Shutterstock.com
Awalnya, konten dance challenge dipopulerkan oleh para pencipta konten dan dengan cepat menjadi viral karena gerakannya yang menarik. Banyak pelaku usaha juga turut serta dalam dance challenge ini untuk mengikuti tren di media sosial, seperti yang dilakukan oleh beberapa merek yang berhasil meningkatkan kesadaran merek mereka di TikTok.
UKM juga dapat memanfaatkan trend dance challenge untuk bisnis UKM dengan mencari tahu konten yang sedang tren di TikTok dan menggunakan lagu-lagu yang populer di platform tersebut.
Konten Paling Populer di Tahun 2024 ala Ninja Xpress dan Oky Andries © Shutterstock.com© Shutterstock.com
Salah satu jenis konten yang tren di tahun 2024 adalah konten tutorial dalam bentuk video. Menurut techsmith, 83% pengguna media sosial lebih suka konten tutorial. Para kreator menunjukkan langkah-langkah membuat, menggunakan, atau melakukan sesuatu secara jelas dan informatif dalam waktu singkat.
Sebagai contoh, UKM bisa melihat tutorial menggambar dan lettering dengan gaya estetis di TikTok. UKM bisa membuat konten serupa dengan menentukan audiens dan spesialisasi bisnis, lalu membuat storyboard untuk langkah-langkah tutorial.
Konten Paling Populer di Tahun 2024 ala Ninja Xpress dan Oky Andries © Shutterstock.com© Shutterstock.com
Konten hiburan atau komedi sangat populer di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, dll. Jenis konten ini disukai karena sifatnya yang menghibur dan ringan. Konten hiburan memiliki beragam bentuk, seperti lip sync, meme, sketsa komedi, dan prank.
Para kreator sering menggunakan filter unik dan lucu di media sosial untuk menarik minat audiens. Dengan menciptakan konten yang menghibur dan relevan dengan minat target audiens, para pelaku usaha dapat meningkatkan views dan tingkat keterlibatan mereka secara signifikan.
Konten Paling Populer di Tahun 2024 ala Ninja Xpress dan Oky Andries © Shutterstock.com© Shutterstock.com
Konten fakta atau informasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari media sosial, seiring dengan tujuan utama platform tersebut untuk menyampaikan informasi. Konten edukatif seringkali memicu rasa penasaran di antara pengguna. Biasanya, konten edukatif disajikan dalam durasi singkat agar tetap menarik perhatian dan minat audiens.
Konten Paling Populer di Tahun 2024 ala Ninja Xpress dan Oky Andries © Shutterstock.com© Shutterstock.com
Konten yang sedang tren di 2024 adalah reaksi atau komentar terhadap topik viral. Hal ini disukai karena orang penasaran dengan respons kreator terhadap tren. Reaksi biasanya unik dan menarik banyak orang, dan terkadang melibatkan tantangan dari audiens atau kreator lainnya.
Di era digital yang terus berkembang, konten telah menjadi jantung dari interaksi kita di media sosial. Mulai dari tutorial hingga reaksi yang sedang hits, kita semua memiliki kesempatan untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi pengguna, membangun merek kita, dan tetap relevan di dunia online khususnya di masa menyambut lebaran ini.
Dengan terus berinovasi dan memberikan konten yang sesuai dengan kebutuhan serta minat audiens kita, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan mereka, memperluas jangkauan merek kita, dan meraih sukses dalam bisnis di era digital ini.
Berbekal LPDP, Namira Adjani Resmi Raih Gelar Magister Hukum dari UCL
Kaneishia Yusuf Lulus Cumlaude di HI UI, Bukti Karier dan Akademik Bisa Jalan Bareng
Janice Tjen Jadi Runner Up Sao Paulo Open 2025, Harapan Baru Tenis Indonesia
Plan Workout 28 Hari Mengikuti Siklus Hormon Wanita
Ultah MOP Sepi Sosok CFO, Tasya Farasya Gugat Cerai Ahmad Assegaf?
Janice Tjen Jadi Runner Up Sao Paulo Open 2025, Harapan Baru Tenis Indonesia
Ultah MOP Sepi Sosok CFO, Tasya Farasya Gugat Cerai Ahmad Assegaf?
Rumah Dijarah Ludes, Eko Patrio Terpaksa Ngontrak di Pinggiran Jakarta
Sulthon Kamil Terseret Skandal Pelecehan Seksual, Band Harum Manis Didepak Label
Kimberly Ryder Buka Suara Soal Kekasih Barunya: Sudah Kenalkan ke Anak-anak