10 Usaha Kuliner Paling Laku, Menjanjikan dan 5 Cara Memulainya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 22 Januari 2021 14:52
10 Usaha Kuliner Paling Laku, Menjanjikan dan 5 Cara Memulainya
Usaha kuliner memang yang paling banyak digeluti dan menjanjikan. Tapi pahami dulu jenisnya dan apa aja yang perlu disiapkan dalam memulainya

Usaha kuliner adalah salah satu jenis usaha yang nggak pernah mati. Selama ada orang yang butuh makan tentu bisnis ini akan terus jalan dan dinimati. Makanya banyak orang yang tertarik nyemplung ke bidang usaha ini.

Dan saat ini perkembangannya pesat banget lho. Banyak usaha kuliner yang menawarkan menu beragam dengan tampilan ciamik. Selain itu ada juga banyak cara yang dilakukan biar restoran tampil unik, seperti desain yang manis dan instagramable. Kalau nemu tempat makan kayak gini, kamu pasti tertarik ingin mencobanya kan?

Kalau kamu masih bingung ingin membuka usaha kuliner jenis apa, coba simak daftar kuliner yang paling menjanjikan yang udah Diadona kumpulkan berikut ini. Cuss deh!

1 dari 4 halaman

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Usaha KulinerUsaha Kuliner © 2021 oasdom.com/

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 jenis usaha kuliner yang paling laku:

Frozen Food

Coba tengok deh freezer di kulkas kamu, pasti ada satu atau lkebih jenis frozen food mulai dari nugget, sosis, tempura, dimsum, bakso dan kentang. Ini tentu jadi usaha kuliner yang sangat menjanjikan.

Peralatan yang dibutuhkan hanya freezer doang dan kamu cukup mencari produsen untuk produk frozen food kamu. Daya tahan makanannya juga tinggi banget plus kamu bisa menjual aneka produk dengan harga bervariasi tergantung pada pasar.

Snack Kering

Snack kering dalam bentuk curah adalah inspirasi usaha kuliner yang menjanjikan banget. Harganya jauh lebih murah ketimbang snack dalam kemasan yang dibeli di supermarket dengan rasa yang bersaing.

Kamu cukup membeli toples, timbangan digital dan plastik serta sebuah toko. Pilih tempat yang ramai seperti kos atau perkantoran.

Snack apa yang paling disukai? Kebanyakan orang-orang suka snack kering dengan rasa yang nendang seperti pedas, balado atau coklat.

Aneka Gorengan

Bala-bala, bakwan, tahu isi dan pisang goreng. Siapa yang tak tertarik dengan kuliner yang satu ini? Hampir di setiap daerah, aneka gorengan ini selalu dicari karena selain harga yang terjangkau, rasanya pun memiliki ruang khusus di hati pecinta kuliner.

2 dari 4 halaman

Usaha KulinerUsaha Kuliner © 2021 paprikaliving.com/

Makanan Diet

Semakin banyak orang yang memperhatikan kesehatan dan menginginkan bentuk tubuh yang diinginkan serta mendambakan kepraktisan, selama itu pula ide usaha kuliner berupa katering diet akan terus tumbuh.

Minuman Kekinian

Adalah minuman yang sedang digemari anak muda saat ini, misalnya kopi, red velvet, thai tea, green tea dan masih banyak lagi. Biasanya ada beberapa franchise dari merk tersebut, jadi kamu hanya perlu menyediakan sejumlah modal dan lokasi untuk bisa mendapatkan peralatan dan juga bahan bakunya.

Camilan Buah atau Jus Buah

Kalau kamu perhatikan ada banyak banget gerai jus atau salad buah di jalan. Mengapa demikian? Karena peminatnya cukup banyak dan tanpa resep khusus. Memangnya siapa sih yang nggak bisa bikin jus buah enak? Tapi pembelinya pun tetap banyak karena nggak semua orang bisa membuat jus nbuah sendiri.

Untuk membuat usaha kuliner ini, kamu cukup menyediakan blender, gerobak, lokasi dan bahan buah yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Usaha KulinerUsaha Kuliner © 2021 howto-caching.com/

Usaha kuliner apa lagi yang menjanjikan? Baca terus daftar berikut:

Katering Bekal

Nggak setiap orang punya waktu untuk memasak bekal di pagi hari namun ingin makan sehat dan bergizi di jam makan siang. Nah, katering bekallah solusinya. Usaha kuliner ini menjamur di kota-kota besar dengan pasar yang beragam. Mau yang murah atau mahal nih semuanya ada.

Roti Bakar

Walaupun bisa dibikin sendiri di rumah, tapi nggak ada yang ngalahin sensasi enaknya makan roti bakar yang dibeli. Ya kan? Roti bakar adalah camilan yang enak, murah dan cocok untuk segala situasi. Penikmatnya juga banyak banget lho..

Usaha KulinerUsaha Kuliner © 2021 entrepreneur.com

Makanan Ringan

Makanan ringan kayak sosis, cimol, cilok, siomay dan lainnya merupakan salah satu usaha kuliner yang sangat menjanjikan. Harga yang murah dengan cita rasa yang enak memikat banyak pecinta kuliner.

Es Krim

Siapa sih yang nggak suka es krim? Usaha kuliner ini sangat menjanjikan dari segi keuntungan karena biaya produksinya yang lumayan rendah. Selama ada mesin es krim trus lakukan sedikit eksperimen campuran A, B dan C trus muncullah suatu produk.

Namun untuk kamu yang menjalankan usaha kuliner es krim sepertinya harus punya modal awal yang cukup tinggi dan hati-hati penurunan penjualan di kala hujan.

4 dari 4 halaman

Cara Memulai Usaha Kuliner

Usaha KulinerUsaha Kuliner © 2021 ckitchen.com/

Tertarik untuk buka usaha kuliner? Simak cara memulainya berikut ini ya!

Tentukan Target Pasar

Siapakah konsumen yang akan kamu tuju? Dengan tahu siapa target usaha kulinermu, selanjutnya kamu bakalan bisa nyiapin lokasi mana yang cocok, menu apa yang akan diminati dan lainnya.

Awasi Pesaing

Ini adalah langkah penting banget dalam cara memulai usaha kuliner lho. Luangkan waktu buat mengunjungi tempat usaha pesaing yang paling ramai trus perhatikan menu, pelayanan dan juga harga. Apakah kamu bisa mengunggulinya?

Pilih Lokasi yang Tepat

Nggak ada gunanya menyiapkan makanan atau minuman yang enak kalau restoran kamu letaknya jauh dari pemukiman atau tempat potensial, bukan? Nah di sini nih pentingnya survey lokasi tempat sebelum memulai bisnis kuliner.

Pilih tempat yang berpotensi mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya kayak misalnya di dekat kampus atau perkantoran.

Perhatikan SDM

Usaha kuliner yang baik nggak cuman berasal dari makanan yang enak tapi juga pelayanan yang baik. Walaupun kamu suka makanannya namun bila pelayannya tak ramah dan lambat, bikin males juga kan?

Managemen Keuangan yang Baik

Banyak sekali pemilik restoran yang akhirnya menimbun bahan mentah sebanyak-banyaknya tanpa menyadari bahwa bahan mentah tersebut cepat busuk. Trus uang modal di awal banyak dikeluarkan untuk hal-hal yang tak berkaitan dengan produksi, misalnya dekorasi dan lainnya.

Usaha kuliner memang sangat menjanjikan, tapi bukan berarti gegabah langsung menjalankannya tanpa perhitungan yang tepat.

Beri Komentar