Sering Dilakukan, Ketahui 7 Kesalahan Umum dalam Menata Ruang Tamu

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 19 September 2020 09:00
Sering Dilakukan, Ketahui 7 Kesalahan Umum dalam Menata Ruang Tamu
Mungkin Moms sering melakukannya juga?

Ruang tamu adalah salah satu elemen krusial yang ada dalam setiap hunian. Dalam melakukan dekorasi rumah, ruang tamu biasanya akan menjadi salah satu spot atau area yang akan menjadi idaman para ibu rumah tangga untuk ditampilkan sebaik mungkin.

Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi lantaran setiap kali orang masuk hal pertama yang dituju adalah ruang tamu. Selain itu, ruang tamu juga bisa mencerminkan karakter serta kebiasaan dari penghuni rumah lho.

Namun, tanpa disadari, kita malah keseringan melakukan beberapa kesalah dalam menata ruangan ini. Berikut ini beberapa hal yang salah dan sering kita lakukan dalam mendekorasi serta menata ruangan tamu.

 

1 dari 7 halaman

1. Pajangan yang Berlebihan

Pajangan Keluarga © Diadona

Boleh banget memasang aneka pajangan pada ruang tamu, namun perlu diperhatikan bahwa dalam memasangnya juga peru perhitungan yang pas. Moms sebaiknya tidak memasang terlalu banyak hiasan dinding ya.

Dinding yang terlalu banyak tertutup hiasan bisa menimbulkan kesan berantakan dan membuat ruangan tampak sempit. Apalagi kalau Moms memasangnya secara random dan nggak rapi.

Selain itu, memasang terlalu banyak hiasan dinding juga membuat ruangan cepat berdebu. Bisa-bisa malah bikin repot ya kalau membersihkannya!

 

2 dari 7 halaman

2. Penerangan

Pencahayaan Pada Ruangan © Diadona

Tak bisa dipungkiri, ternyata pencahayaan sangat penting khususnya buat ruangan. Dalam menata ruang tamu pasti akan memunculkan ruang yang terasa nyaman dengan hadirnya pencahayaan yang benar.

Oleh karena itu, hindarilah penggunaan lampu redup atau temaram pada ruang tamu. Pastikan juga jendela rumah berfungsi baik agar sinar matahari bisa masuk pada siang hari.

 

3 dari 7 halaman

3. Pemilihan Karpet

Karpet Lantai © Diadona

Menggunakan karpet di ruang tamu merupakan langkah tepat untuk membangun nuansa homey. Pilihlah ukuran karpet yang proposional untuk ruang tamu. Jika Moms memiliki ruang tamu yang kecil, jangan memilih ukuran karpet mungil juga ya!

Tak hanay itu saja, sesuaikanlah juga warna atau corak karpet dengan tema ruang tamu. Dengan demikian, ruang tamu rumah akan terasa nyaman sekaligus enak dipandang.

 

4 dari 7 halaman

4. Asal pilih furnitur

4 Tips Mudah Memilih Furnitur buat Ruang Tamu, Ruang Makin Kece dan Asik! © Diadona

Jangan sampai kamu jadi asal menata ruang tamu dengan barang-barang lucu yang nggak penting. Pilihlah furnitur dengan ukuran dan fungsi yang tepat. Misalnya, jika ruang tamu sempit, jangan memaksakan untuk meletakkan sofa berukuran besar. Berlaku juga dengan barang lainnya.

 

5 dari 7 halaman

Hiasan Dinding atau Bingkai Foto Dipasang Terlalu Rendah

Ilustrasi Hiasan Dinding © Diadona

Selain hiasan dinding yang berlebihan, kesalahan menata ruang tamu lainnya adalah memajangnya dengan posisi kurang tepat. Posisi ideal memajang hiasan dinding, yaitu setinggi pandangan mata rata-rata orang dewasa atau sekitar 1,7 meter dari lantai.

 

6 dari 7 halaman

6. Bantal Sofa

Sofa Ruang Tamu © Diadona

Ruang tamu yang cozy tentu saja membuat momen berbincang dengan tamu dan keluarga semakin asyik. Pemilihan bantal hias yang tepat pun bisa meningkatkan kenyamanan ini.

Hindarilah menaruh bantal hias berukuran tak proporsional di sofa atau menatanya secara asal. Bantal hias yang tepat juga bisa memperkaya warna sehingga visual ruang tamu tampak menarik.

 

7 dari 7 halaman

7. Asal Menaruh Barang

ilustrasi rumah berantakan © Diadona

Kesalahan menata ruang tamu yang terakhir adalah asal menaruh barang sehingga akhirnya berantakan. Ruang tamu yang enggak rapi bisa membuat suasana hati buruk.

Selain itu, hindarilah kebiasaan menaruh berbagai barang di ruang tamu, seperti tas, jaket, bahkan kaus kaki. Kalau tiba-tiba ada tamu saat kondisi ruangannya berantakan jadi malu banget!

Nah, itulah beberapa kesalah umum yang biasanya tanpa sadar sering kita lakukan saat emnata ruang tamu. Oleh karena itu, yuk Moms sama-sama menciptakan susaana nyaman khususnya di area ruang tamu. Semoga membantu ya!

   

Beri Komentar