7 Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern Beton yang Anti Banjir dan Kokoh

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 28 Februari 2024 22:16
7 Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern Beton yang Anti Banjir dan Kokoh
Mau bangun rumah panggung modern beton tapi bingung desain apa aja yang bagus! Ikutin aja desain di sini, dijamin wujudkan selera dan impianmu!

Rumah panggung modern beton menjadi topik perbincangan yang banyak dibicarakan oleh para pembangun hunian akhir-akhir ini. Hal ini karena rumah panggung dianggap sebagai salah satu solusi untuk menghindari banjir dan pemukiman yang semakin padat. Biasanya, rumah panggung memiliki tinggi 50 cm sampai 2 meter di atas permukaan tanah yang dapat membantu rumah panggung terhindar apabila terjadi banjir.

Rumah panggung dapat terbuat dari banyak material, seperti kayu ataupun semen biasa , tetapi rumah panggung harus memiliki pondasi umpak yang terbuat dari beton supaya menopang beban rumah dengan kuat.

Kamu tidak perlu khawatir karena rumah panggung dibangun dengan memastikannya tidak gampang roboh. Nah, daripada khawatir, ayo cek desain-desain apa saja yang bisa kamu pakai kalau mau bangun rumah panggung modern beton ala kamu di bawah sini!

 

1 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Minimalis 1 Lantai

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/satujam.com

Rumah panggung modern beton yang pertama adalah rumah panggung dengan satu lantai di atas pondasi. Meskipun begitu, desain rumah panggung ini memiliki satu ruangan di sebelah samping menapak di atas tanah serta ruangan di lantai dasar.

Desain rumah panggung ini dibuat minimalis dengan hiasan teralis material besi serta platform besi untuk lantai 1-nya. Rumah panggung modern beton dengan desain ini cocok untuk kamu yang tidak begitu suka desain yang maksimalis serta penggemar furnitur dengan material besi.

2 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Sederhana Alami

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/unnamed

Rumah panggung modern beton yang kedua adalah rumah panggung dengan desain keseluruhan yang mengimbangi bahan beton sebagai tema utamanya. Penggunaan pancang beton diikuti cat dinding berwarna abu-abu bercorak acak yang meniru semen menciptakan suasana sederhana dengan sedikit sentuhan tema industrial. 

Desain ini cocok dengan lahan sekitar yang luas dan hijau sehingga mengimbangi desain utama rumah panggung modern beton yang sangat sederhana dan menjadikannya tetap menarik serta asri.

 

3 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Modern 2 Lantai

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/unnamed

Rumah panggung modern beton selanjutnya, rumah panggung bergaya modern dengan dua lantai. Lantai dasar digunakan sebagai lahan parkir dan ruang hunian dimulai dari lantai satu hingga lantai dua. Sisa lahan di lantai dasar juga digunakan untuk membangun kolam ikan yang minimalis dan simpel.

Penggunaan material besi bercat hitam sebagai aksen pelengkap, desain ini memberikan kesan modern yang mengimbangi penggunaan warna abu-abu industri sebagai warna utama bangunan. Tanaman-tanaman rimbun juga mengelilingi rumah panggung modern beton ini untuk menciptakan suasana yang segar dan asri.

 

4 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Tradisional Minimalis

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/manop

Rumah panggung modern beton yang keempat adalah rumah panggung minimalis yang memiliki sedikit sentuhan gaya tradisional di desainnya. Bisa dilihat dari rupa atapnya yang datar dan luas serta bentuk tangganya yang bertingkat, rumah ini memiliki nuansa rumah panggung tradisional, seperti rumah gadang atau rumah panggung betawi.

Sentuhan dinding dan kusen yang terbuat dari material kayu juga salah satu poin tambahan yang menekankan kesan naturalitas dan rasa familiar terhadap desain ini. Cocok sekali untuk kamu yang masih bimbang antara memilih desain rumah panggung modern beton atau rumah panggung tradisional.

 

5 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Simpel Terbuka

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/dezeen.com

Rumah panggung modern beton yang cakep ini adalah rumah panggung dengan desain yang sangat sederhana dan memiliki konsep yang lebih terbuka daripada desain yang lainnya. Dinding di lantai satu dipenuhi oleh jendela kaca yang luas sehingga memberikan kesan terbuka pada rumah ini.

Salah satu poin utama yang unik dari desain ini adalah bangunannya yang dibangun di atas lahan miring perbukitan. Karena itu, model rumah panggung modern beton menjadikannya sangat sempurna di posisinya. Sebuah solusi untuk kamu yang tidak mendapatkan lahan permukiman di tanah datar!

 

6 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Simpel Menawan

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/go.fiverr.com

Rumah panggung modern beton ini didesan dengan model yang sangat simpel namun memberikan kesan menawan. Hal ini karena penempatan hiasan eksterior yang penuh dengan sense. Contohnya adalah seperti penggunaan lampu dengan cahaya kuning yang memberikan suasana seperti sedang camping. Lampu tersebut juga ada yang diletakkan di dalam tiang-tiang besi di lantai satu dan menciptakan ilusi seperti kunang-kunang.

Bangunan rumah panggung modern beton model ini meletakkan toiletnya di lantai satu sehingga tidak perlu dibangun saluran toilet sampai ke lantai atas. Untuk common space, penempatannya ada di lantai atas bersamaan dengan kamar tidur yang dikelilingi dengan dinding kaca transparan.

 

7 dari 8 halaman

Rumah Panggung Modern Beton Nuansa Kayu

Rumah Panggung Modern Beton © Diadona© Pinterest/livingasean.com

Rumah panggung modern beton yang ini penuh dengan nuansa kayu yang sangat kental. Walaupun bahan utama dari bangunan rumah panggung ini adalah beton, tetapi dalam pemilihan berbagai hiasan eksterior, interior, sampai dengan furnitur, semuanya dipenuhi oleh berbagai material kayu.

Lantai dasar rumah panggung ini digunakan sebagai common space dan tempat bersantai. Pajangan dengan bahan dasar kayu pun ikut dipajang di lantai dasar. HIasan eksterior kayu dipenuhi dengan berbagai ukiran yang membuatnya semakin memikat.

8 dari 8 halaman

Menarik sekali ya desain-desain rumah panggung modern beton yang ternyata banyak sekali ini. Sepertinya rumah panggung akan menjadi tren terbaru untuk hunian ke depannya, ya nggak sih, Diazens? Gimana nih menurutmu?

Editor: Salma Aribatul

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Kos-kosan yang Sehat dan Bersih, Bikin Betah Penghuni 8 Model Jendela Rumah Bagian Depan Depan Percantik Eksterior, Rumah Dijamin Kelihatan Ramah Untuk Tamu! 9 Relief Dinding Depan Rumah yang Cantik dan Modern Klasik, Ada Tema Yunani sampai Tumbuhan 7 Model Rumah Pintu Samping yang Mewah dan Terlihat Eksklusif

 

Beri Komentar