Ngerasa Ruang Tamu Sempit Banget? Mungkin Ini nih Penyebabnya yang Jarang Kamu Sadari!

Reporter : Mila
Rabu, 22 April 2020 14:57
Ngerasa Ruang Tamu Sempit Banget? Mungkin Ini nih Penyebabnya yang Jarang Kamu Sadari!
Aslinya sih ruang tamu kamu tuh bisa jadi lebih luas~

Ruang tamu seperti namanya memang biasa dipakai untuk menerima tamu atau kerabat maupun saudara yang datang ke rumah. Biasanya mereka datang dalam jumlah yang besar nih, kalau sempit kan jadi nggak enak hati sama tamunya.

Keterbatasan ruang kadang bikin kita ngerasa bahwa ruangan itu sempit banget. Padahal nggak separah itu kok. Cuma kamu nggak sadar aja ternyata ada beberapa hal yang justru malah bikin ruang tamu kelihatan sempit. Apa aja tuh?

 

 

 
 

1 dari 4 halaman

Warna Gelap

Sadar nggak sih warna gelap justru bikin ruangan kelihatan lebih sempit. Ini dikarenakan keterbatasan ilusi pandangan mata kita saat melihat warna ruangan yang gelap. Alih-alih pake warna yang gelap, coba deh warna terang yang bikin adem mata.

Ilustrasi Ruang Tamu © Diadona

Kamu bisa memakai warna terang pada perabot atau aksen-aksen dekorasi ruangan. Contoh warna terang yang bisa kamu pakai antara lain biru muda, hijau, kuning, dan merah muda.

2 dari 4 halaman

Nggak Ada Cermin

Ilustrasi Ruang Tamu © Diadona

Kalau ngerasa ruang tamu kamu sempit, mungkin kamu butuh sedikit trik ilusi dari cermin. Memasang cermin pada sisi ruangan bisa membuat ruangan terasa lebih luas karena pantulan yang dihasilkan. Selain itu, cermin juga bisa jadi salah satu dekorasi unik pada ruang tamu.

3 dari 4 halaman

Terlalu Banyak Pola atau Motif

Ilustrasi Ruang Tamu © Diadona

Penggunaan pola-pola dan motif pada funitur atau dekorasi memang menarik, tapi justru ini yang bikin ruangan terlihat penuh, padat, dan sempit.

Jangan sedih, kamu masih tetep bisa menggunakan pola dan motif pada taplak, bantal sofa, atau pernak-pernik kecil lainnya. Tapi usahakan untuk polosan aja ya.

4 dari 4 halaman

Susah Cahaya Matahari

Ilustrasi Ruang Tamu © Diadona

Sama halnya dengan warna cerah yang disebutkan di atas, ruang tamu juga butuh cahaya matahari biar ruangan terlihat 'hidup'. Coba deh buka jendela sedikit lebar, biar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruang tamu. Selain membuat ruang tamu tampak luas, cahaya matahari juga mengurangi penggunaan listrik di siang hari.

Itu tadi hal-hal yang sering luput yang bikin ruang tamu keliatan sempit. So, kalo kamu menerapkan tips di atas, dijamin deh ruang tamu kamu berasa lebih luas! :)

Beri Komentar