Inspirasi Rumah Unik yang Transparan dari Jepang, Nggak Takut Diintip Apa ya?

Reporter : Mila
Kamis, 14 Mei 2020 08:57
Inspirasi Rumah Unik yang Transparan dari Jepang, Nggak Takut Diintip Apa ya?
Masih adakah privasi di rumah ini?

Gimana ya rasanya tinggal di rumah yang di mana setiap orang bisa melihat apa yang kamu lakukan di dalam rumah? Sou Fujimoto Architects, Firma arsitektur asal Jepang, mendesain sebuah rumah yang memiliki desain transparan. Rumah ini berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan bangunan seluas 85 m².

Rumah unik yang diberi nama House NA ini mengusung konsep hunian layaknya hidup di dalam sebuah pohon. Beda dengan rumah pada umumnya, dinding dari rumah ini hanya memanfaatkan kaca transparan sebagai pembatasnya. Kira-kira gimana ya penampakannya?

1 dari 6 halaman

Desain Rumah Transparan Jepang © Diadona

Kepadatan penduduk di Jepang, terutama Tokyo, membuat harga tanah melunjak. Oleh karena itu, Sou Fujimoto memanfaatkan ruang vertikal untuk membangun rumah transparan ini.

Meskipun transparan, kamu bakal sulit menebak berapa tingkat rumah ini dari luar karena desainnya yang unik. Hayoo, berapa tingkat tuh kira-kira?

2 dari 6 halaman

Desain Rumah Transparan Jepang © Diadona

Sou Fujimoto menjelaskan bahwa rumah unik besutannya ini punya 3 lantai yang terbagi ke dalam beberapa bagian dengan ketinggian berbeda dan 21 pelat lantai dengan ketinggian yang berbeda-beda dalam rumah transparan ini. Nggak heran ya kalau kita sulit untuk melihat berapa lantai dari luar rumah.

3 dari 6 halaman

Desain Rumah Transparan Jepang © Diadona

Mungkin kamu bakal mikir, bagaimana kalau penghuninya ingin mandi atau berganti pakaian?

Setiap sisi kaca punya tirai gorden untuk privasi. Jadi, nggak semua bagian rumah ini transparan. Kamar mandi utama terletak pada lantai paling atas. Sedangkan, toilet untuk buang air ada di sisi belakang yang berhadapan dengan tembok luar rumah. Jadi, aman ya guys!

4 dari 6 halaman

Desain Rumah Transparan Jepang © Diadona

Karena nggak menggunakan tembok beton sama sekali untuk sekat antar ruangan, Sou Fujimoto memanfaatkan furnishing tirai gorden yang dipakai untuk membatasi tiap ruangan.

5 dari 6 halaman

Desain Rumah Transparan Jepang © Diadona

Rumah unik dengan tiga lantai ini dihubungkan dengan tangga kecil untuk efisiensi ruangan. Selain itu, di rumah ini juga terdapat beranda yang bisa diakses melalui jendela. Penghuni rumah bisa memakainya untuk berpindah ke teras yang lebih tinggi. Lumayan sekalian olahraga kan? Hehe.

6 dari 6 halaman

Desain Rumah Transparan Jepang © Diadona

Karena menggunakan kaca transparan, sinar matahari dan sirkulasi udara bisa masuk dan keluar dengan lancar. Jadi, lebih hemat biaya listrik deh.

Apakah kamu tertarik tinggal di rumah unik transparan ini? Atau mungkin ingin menirunya pada rumahmu?

Beri Komentar