9 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai

Reporter : Yoyok
Kamis, 2 Mei 2024 14:31
9 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai
Noda semen di keramik lantai rumah bisa merusak nilai estetika nih.

Ada beberapa cara ampuh dalam menghilangkan noda bekas semen di keramik lantai. Lantai merupakan bagian dalam rumah yang menjadi alas segala aktivitas. Kamu bisa meletakkan berbagai furnitur, bersantai, hingga lari-larian di atas lantai.

Tidak jarang juga lantai menjadi sumber nilai estetika karena memiliki berbagai macam pola yang bisa dipilih. Mulai dari yang putih polos, hingga memiliki pola yang jika disusun akan membentuk sebuah desain.

Tetapi, salah satu hal yang dapat merusak nilai estetik dari lantai adalah bekas noda semen. Jika pemasangan keramik lantai tidak rapi, maka noda bekas semen bisa banget terlihat di permukaan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara membersihkan noda bekas semen di lantai. Yuk disimak guys.

1 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Soda Kue

Cara pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan soda kue. Tidak hanya untuk dapur, soda kue juga efektif sebagai bahan pembersih.

Campurkan soda kue dengan sedikit air hingga sedikit mengental. Oleskan campuran tersebut pada bekas semen selama 10-15 menit. Lalu, bersihkan menggunakan sikat serta spons keras lalu bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Semen © Diadona© shutterstock.com

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Batu Apung

Selanjutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan batu apung untuk membersihkan bekas semen di lantai. Batu apung adalah bahan abrasif yang dapat membantu mengikis bekas semen dari keramik lantai.

Pertama-tama, basahi terlebih dahulu batu apung, lalu gosokkan perlahan pada bekas semen yang mengeras. Gosokkan secara hati-hati agar tidak merusak keramik. Setelah dikikis, bilas dengan air bersih.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Asam Klorida

Bahan kimia seperti asam klorida (larutan HCL) juga bisa membersihkan bekas semen di lantai. Namun, kamu juga harus berhati-hati menggunakan zat kimia ini karena memiliki risiko. Pertama-tama, pakai semua alat pelindung dan pastikan ada ventilasi di tempatmu membersihkan.

Campurkan asam klorida dengan air sesuai petunjuk. Diamkan beberapa menit, lalu sikat atau gosok dengan spon untuk membersihkan bekas semen.

Cara Menghilangkan Bekas Semen © Diadona© shutterstock.com

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Garam

Garam juga bisa digunakan untuk membersihkan noda bekas semen di lantai. Campurkan garam dengan sedikit air hingga teksturnya menjadi kental. Oleskan campuran tersebut pada bekas semen dan diamkan selama 10-15 menit. Gosok dengan sikat atau spons lalu bilas dengan air bersih.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Parutan Kelapa

Cara alami selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan parutan kelapa. Parut kelapa segar dan pakai serbuknya untuk menggosok bekas semen di lantai. Setelah digosok, bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Semen © Diadona© shutterstock.com

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah noda semen di lantai. Belimbing wuluh memiliki asam sitrat alami yang efektif untuk bikin bekas semen lunak. Potong belimbing wuluh menjadi dua lalu gosokkan permukaan dagingnya pada bekas semen. Diamkan beberapa menit, lalu sikat atau lap sampai bersih.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Lemon

Sama dengan belimbing wuluh, lemon juga memiliki asam sitrat yang efektif untuk melunakkan bekas semen. Oleskan perasan lemon pada bekas semen, diamkan beberapa saat, lalu sikat hingga noda terkelupas. Bilas dengan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Semen © Diadona© shutterstock.com

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan dengan Hidrogen Peroksida

Zat kimia yang bisa kamu manfaatkan adalah hidrogen peroksida. Campurkan hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan 1:1, kemudian oleskan pada bekas semen dan diamkan selama beberapa menit. Gosok dengan sikat, lalu bilas dengan air sampai bersih.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai dengan Cuka

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan cuka. Cuka merupakan salah satu bahan alami yang cocok untuk menghilangkan noda. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran tersebut pada bekas semen dan diamkan selama 10-15 menit.

Lalu, bersihkan noda bekas semen dengan digosok menggunakan sikat atau spons sampai terkelupas. Setelah selesai, bilas dengan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Semen © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara menghilangkan noda bekas semen yang bisa kamu coba di rumah. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar