Beberapa Cara Ampuh untuk Mencegah Dinding Rumah Berjamur

Reporter : Riza Umami
Kamis, 14 Mei 2020 17:17
Beberapa Cara Ampuh untuk Mencegah Dinding Rumah Berjamur
Ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar dinding di rumah tak berjamur.

Saat musim hujan biasanya dinding rumah jadi lembap. Dinding yang lembap ini pun nantinya bisa menjamur dan bakal bikin rumah tampak kotor, bahkan dapat mengganggu kesehatan.

Tentu kamu nggak mau rumahmu jadi kayak gitu nanti karena jika dibiarkan saja, nanti kelamaan dindingnya pun akan mengelupas dan lama-kelamaan di penuhi jamur. Lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah dinding rumah berjamur seperti ini? Dilansir dari laman m.dream.co.id (13/05), berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1 dari 3 halaman

1. Selalu Periksa Bagian Luar Rumah

Ilustrasi Vila Unik © Diadona

Bagian luar ini akan sangat berpengaruh pada bagian dalamnya juga. Jika bagian luar terlalu lembap akibat terkena air hujan, maka bukan tak mungkin bagian dalamnya pun ikut lembap dan berjamur nantinya. Oelh sebab itu, kamu perlu memeriksa bagian luar rumah secara berkala untuk menghindari hal ini.

2. Pilih Cat yang Tahan Lembap

Ilustrasi Kamar Mandi Anak © Diadona

Ada beberapa jenis cat yang dirancang dan dibuat secara khusus sehingga lebih tahan pada kelembapan seperti yang bisa digunakan di kamar mandi atau dapur. Pada bagian rumah yang mudah lembap sebaiknya gunakan cat dinding jenis ini.

2 dari 3 halaman

3. Rumah Memiliki Ventilasi yang Baik

Ilustrasi Vila Unik © Diadona

Selain sebagai pertukaran udara yang masuk ke dalam rumah, ventilasi ini juga penting untuk menjaga udara di dalam rumah agar tak terlalu lembap. Oleh sebab itu, pastikan bahwa ventilasi di rumahmu ini sudah dipasang dengan cukup dan baik.

4. Jaga Suhu Ruangan Tetap Hangat

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Kamu pun perlu menjaga suhu ruangan tersebut tetap hangat agar tak lembap. Salah satu cara untuk membuat ruangan lebih hangat ini bisa dengan cara pemasangan kaca ganda yang bisa membantu menghindari jendela berkabut karena panel di bagian dalam kaca akan diisolasi dari udara dingin di luar.

3 dari 3 halaman

5. Biarkan Ruangan Bernapas

Memiliki cukup banyak jendela akan sangat membantu agar ruangan bisa bernapas. Udara di dalam rumah ini harus berganti dengan yang di luar agar sirkulasinya berjalan dengan lancar untuk menghindari terciptanya ruangan yang lembap.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dinding rumah berjamur. Jika kamu memiliki saran lainnya silahkan tuliskan di bawah ini ya.

Beri Komentar