Tiba-Tiba Ngerasa Jatuh Pas Lagi Tidur, Kirain Beneran!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 6 Maret 2020 11:36
Tiba-Tiba Ngerasa Jatuh Pas Lagi Tidur, Kirain Beneran!
Kaget, rasanya kayak bener-bener mau jatuh gitu.

Biasanya nih, baru aja mulai tidur pules, eh tiba-tiba ngerasa jatuh. Jatuhnya ini macem-macem, kadang bisa cuma kesandung, kadang jatuh dari tangga, jatuh dari kendaraan atau jatuh dari gedung. Saya pernah lho ngerasa jatuh dari langit, nggak tau gimana ceritanya. Tiba-tiba ngerasa jatuh dari langit aja, siapa yang nggak kaget coba?

Biasanya sih memang ini terjadi untuk hal-hal yang membuat kita merasa seperti kehilangan keseimbangan. Atau bisa juga bikin kita merasa ada hentakan yang muncul secara mendadak.

Ternyata dalam medis fenomena ini disebut Hypnic Jerk. Emang suka bikin kesel dan mengganggu tidur kita, tapi ini fenomena yang masih tergolong wajar kok. Sebagian besar dari kita pun memang mengalaminya.

1 dari 3 halaman

via GIPHY

Dilansir dari sleep.org, saat tubuh mulai ke dalam siklus tidur, secara otomatis ini akan membuat sistem saraf tubuh jadi bekerja lebih lambat. Sama dengan sistem pernafasan dan detak jantung, mereka pun juga ikut melambat. Akibatnya? Tempratur tubuh akan mengalami penurunan.

Akan tetapi, ketika tubuh mulai rileks. Hal ini dapat memicu pergeseran pada otot. Nah pada fase ini, otak nggak rileks seperti bagian tubuh yang lainnya. Ia justru sedang sibuk bekerja.

 

2 dari 3 halaman

via GIPHY

Hal ini dapat menyebabkan otak melakukan penafsiran yang salah terhadap pergesaran otot.

Mereka dapat menandakan kondisi tersebut sebagai tanda terjatuh. Karena itu otak memberikan sinyal ke otot untuk menjadi tegang. Dan ini lah yang bikin kita merasa kedutan singkat yang sensasinya mirip seperti terjatuh.

Perihal penyebab kamu membayangkan jatuh darimananya, itu tergantung visualisasi yang diberikan otak. Otak sangat mungkin untuk menunjukkan hal-hal yang sifatnya diluar nalar. Yah, seperti saja jatuh dari langit tadi. Ngapain coba saya di langit?

3 dari 3 halaman

Tapi biasanya fenomena ini terjadi karena beberapa hal, seperti kelelahan, stress atau konsumsi kafein yang berlebih. Sehingga memicu terjadinya pergerakan pada otot tadi.

Jadi nggak bahaya kok kalau kamu mengalami ini, paling cuma bikin kamu kesel aja. Karena jadi kebangundari tidur. Haha!

Baca Juga Yuk: Tidurlah Dengan Posisi Ini Agar Kamu Mendapat Tidur yang Nyenyak

Beri Komentar